Keuntungan Mendirikan CV melalui Jasa Pendirian CV

Sebagai pemilik usaha, Anda tentunya familier dengan istilah PT dan CV karena keduanya merupakan entitas berbadan hukum yang paling umum di Indonesia dalam menjalankan kegiatan usaha secara legal. Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan hukum untuk menjalankan usaha yang terdiri dari saham yang harus didirikan setidaknya oleh dua pemegang saham. Sedangkan Commanditaire Vennootschap (CV) atau dalam bahasa disebut Persekutuan Komanditer, merupakan persekutuan atau kerja sama yang didirikan oleh satu atau dua orang warga negara Indonesia untuk menjalankan bisnisnya tanpa dasar hukum yang mengikat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pendirian CV untuk Bisnis Anda

Nah, bagi calon pengusaha yang ingin mendirikan entitas untuk menjalankan usahanya, CV dapat menjadi pilihan alternatif yang baik mengingat biaya pendirian yang lebih efisien. Apalagi, sekarang banyak sekali tenaga profesional yang membantu proses pendirian CV.

Jenis-Jenis CV dan Kelebihan Mendirikan CV

 Selain biayanya yang relatif lebih kecil dibandingkan pendirian PT, CV juga memiliki beberapa keuntungan lainnya. Misalnya, pendirian CV dapat dilakukan hanya dengan minimal dua orang, selain itu pendirian CV tidak memiliki minimal batas modal, berbeda dengan pendirian PT. Ditambah, pengurusan akta pendirian pun bisa dilakukan di wilayah masing-masing tempat perusahaan. Terakhir, modal CV dibagi dengan kepemilikan pribadi.

CV dibagi menjadi dua jenis keanggotaan, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif merupakan anggota yang berperan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan dan memiliki tanggung jawab tidak terbatas. Sedangkan sekutu pasif hanya melakukan investasi modal bisnis tanpa berpartisipasi dalam menjalankan perusahaan dan memiliki batasan tanggung jawab hanya sebatas modal yang diinvestasikan.

Selain dibagi berdasarkan jenis keanggotaannya, CV juga dibagi menjadi 3, yaitu CV Murni, CV Bersaham dan CV Campuran. CV Murni merupakan bentuk persekutuan komanditer yang terdiri dari 1 (satu) sekutu komplementer dan sisanya adalah sekutu komanditer.

CV Bersaham merupakan persekutuan komanditer yang menerbitkan saham yang tidak dapat diperjualbelikan, dimana sekutu komanditer dan komplementer dapat mengambil satu saham atau lebih. Sedangkan, CV Campuran merupakan salah satu bentuk dari persekutuan komanditer yang berasal dari firma yang membutuhkan modal tambahan. Sekutu firma tersebut menjadi bagian dari sekutu komplementer dan lainnya adalah sekutu komanditer.

Untuk mendirikan sebuah CV, terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi sebagai berikut:

  • Nama CV
  • Fotokopi KTP para pendiri (Minimal 2 Orang)
  • Fotokopi NPWP para pendiri (Khusus Direktur Utama/Penanggung Jawab harus dengan Format NPWP terbaru)
  • Alamat Email dan Nomor Telepon para Pendiri
  • Keterangan lengkap yang menjelaskan tentang Struktur Kepengurusan di dalam CV
  • Keterangan tentang kedudukan dan alamat CV;
  • Fotokopi perjanjian sewa kantor (setelah akta terbit)
  • Surat Domisili Gedung dan/atau surat keterangan RT/RW atas domisili usaha (setelah akta terbit

Setelah Anda mengurus semua dokumen-dokumen di atas, artinya Anda sudah siap untuk mendirikan sebuah CV. Pendirian sebuah CV dapat dilakukan secara pribadi atau melalui jasa pendirian CV. Jika Anda merasa kesulitan atau tidak punya waktu untuk mengurus proses pendirian CV, ada baiknya jika Anda menggunakan bantuan jasa pendirian CV.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pendirian CV

Proses pendirian CV memang tidak serumit pembuatan PT, namun persiapan untuk melengkapi dokumen pendirian CV secara mandiri membutuhkan waktu berbulan-bulan. Pasalnya, Anda harus mendatangi berbagai macam instansi terkait pengurusan dokumen yang diperlukan. Apabila Anda mempercayakan proses pendirian CV ke biro jasa pendirian CV, waktu yang diperlukan bisa dipangkas hingga beberapa minggu atau bahkan beberapa hari.

Keuntungan Mendirikan CV melalui Jasa Pengurusan CV

Selain waktu pengurusan dokumen yang lebih cepat, kehadiran jasa pendirian CV juga membuat proses pendirian CV Anda jauh lebih mudah. Bagaimana tidak, segala keperluan terkait dokumen dan persyaratan untuk pendirian CV akan diurus oleh biro jasa sampai tuntas.

Proses pendirian CV yang didampingi oleh tenaga profesional juga mampu meminimalkan risiko kegagalan dalam mendapatkan dokumen terkait izin usaha karena mungkin saja hal ini terjadi jika Anda mengurus pendirian CV secara mandiri. Anda juga tidak perlu khawatir dengan keabsahan dokumen karena biro jasa pendirian CV juga menjamin legalitas dokumen terkait pendirian CV di mata hukum. Jasa pendirian CV Anda tentunya akan lebih mudah dengan didampingi oleh biro jasa pendirian CV.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.