Ketahui Jadwal Update Harian Seorang Blogger Komersial

Pada suatu sore hari saya mengunjungi rumah keponakan saya yang juga seorang blogger, ia adalah seorang publisher adsense dan sekaligus youtuber. Lalu saya menanyakan, “mengapa kamu setiap hari hanya update satu artikel saja perhari, padahal saya menyarankan kamu update 5 artikel perhari, dan kamu juga sudah bisa melakukannya?”

Tapi apa jawabnya dia, “saya menunggu dapat komentar yang banyak dulu mbak, ntar kalau sudah dapat komentar banyak saya akan nulis posting berikutnya lagi”.

Kemudian saya bertanya lagi, “tujuan kamu ngeblog itu ingin memperbanyak komentar atau ingin memperbanyak konten?”

Jawabnya, “ya dua-duanya sih”.

Saya berkata, “jika kamu selalu menunggu banyak komentar dan tidak segera menulis posting baru, saya jamin setahun gak bakalan payout sejak pertama menjadi publisher adsense?”.

“Oke mbak, saya akan fokus update artikel, dan blogwalking nomor dua, nanti aja di luar jam kerja jika ada waktu”, katanya.

“Bagus, itu baru kamu bisa sukses, jangan abaikan tugas pokokmu”, jawab saya.

bisnis online, internet marketing, website bisnis, cari uang online

Seperti saya tuliskan pada posting terdahulu, tugas pokok seorang blogger (terutama publisher adsense) adalah update artikel secara rutin dalam jumlah yang memadai, mengingat sekarang ini persaingan di search engine semakin ketat. Baca lebih lanjut tentang Tugas Pokok Seorang Blogger Adalah Update Artikel Rutin.

READ  Tips Menjaga Video Marketing Anda Ramah SEO

Bagi blogger yang hanya fans, menulis artikel bisa dilakukan kapanpun, tidak ada jadwal khusus. Tapi jika kita adalah seorang bloger komersial yang mengharap penghasilan dari blog, baik baik blogger full-time maupun part-time, jangan mengabaikan tugas utama anda jika anda ingin blog anda mendapatkan hasil yang lebih baik.

Agar lebih mudah memahaminya, berikut ini urutan tugas seorang blogger yang perlu kita perhatikan;

1. Tugas pertama adalah update artikel sesuai target (misal; sehari 5 artikel), maka anda perlu waktu setidaknya 2-4 jam duduk di depan komputer. Atau terkadang bisa sampai 5 jam di depan komputer setiap harinya untuk memproduksi 5 artikel.

2. Menjawab komentar penting (biasanya pertanyaan pembaca), lalu berkunjung balik jika punya cukup waktu, silakan berkunjung balik meskipun tidak bisa mengunjungi mereka satu persatu. Apalagi jika blog anda menerima ratusan komentar dalam setiap harinya, saya yakin anda tidak bisa menjawab semua komentar mereka. Beberapa blog besar menutup komentar blogger dan menggantinya dengan komentar facebook untuk mengurangi kepadatan tugas.

READ  Dijamin! Cara Membuat Blog Baru Langsung Terindeks Google Seketika

3. Istriahat bersama keluarga. Setidaknya jangan lebih dari 8 jam anda duduk di depan komputer, karena kasihan mata kita. Jangan sampai kita menyesal di belakang hari setelah mata kita tidak bisa membaca dengan baik gara-gara terlalu banyak menatap layar. Ingat, kita ngeblog tidak hanya hari ini, tetapi besok dan seterusnya, jika kita adalah seorang pekerja online. Jadi kita harus bisa menghemat umur mata kita agar bisa kita gunakan bekerja lebih lama lagi.

^^ Sekian dulu info yang bisa saa bagikan ke teman-teman kali ini, jangan lupa baca juga Hobby Menulis Ternyata Membawa Manfaat.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

13 komentar

  1. Mantab mba penjelasanya..<br />kalau mau sukses blog nya memang harus rajin memberikan artikel atau tuliasanya

    1. iya mas, mari kita tingkatkan updatenya biar cepat sukses, amin 🙂

  2. Baru tahu saya, ternyata keponakan mbak Indri juga seorang blogger. Hehe wuih jadi keluarga blogger donk xixixi.

    1. kebetulan dirumah saya keluarga besar blogger mas, hehehe 😀

  3. Tapi untuk bikin 5 artikel kadang susah ya mba? kendala paling berat adalah kalau kita lagi mentok ga ada ide.. oya mba mau tanya nih, sedikit menyimpang tapi. Kalau kita mau upgrade akun adsense, ada persyaratan khusus ga mba selain harus TLD? mksh mba sbelumnya…

    1. setahu saya persyaratan lain gak ada mas, hanya menggunakan domain TLD aja kita udah bisa upgrade ke non-hosted 🙂

  4. bulan kemaren saya gitu mba , nunggu komentar banyak baru buat posting baru lagi, tapi sekarang yang penting update artikel setiap hari , maslah komentar nomor dua ajah , dan sekarang udah tiap bulan payout , makasih sarannya mba

    1. alhamdulillah mas Efendi, saya sangat senang mendengarnya jika telah berhasil PO tiap bulan, semoga teman2 lain yg blm bisa PO segera menyusul, amin 🙂

  5. saya update sehari cuma dua mba. tapi setelah baca postingan ini jadi termotivasi untuk bisa membuat lebih dari 2 artikel sehari. akan saya coba mba Indri… 😀 makasih mba,,,

  6. terima kasih banyak mba, setelah saya baca artikelnya saya ingin memulai dari saran mba, soalnya saya sendiri update 1 artikel saja he he he, soalnya sambil kerja. sekali lagi terima kasih dan sangat menarik. god jobs

  7. Yang penting bisa membagi waktu secara konsisten ya, buk Indri…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *