Kesalahan Yang Menyebabkan Blog Anda Gagal Berkembang

Salah satu tugas utama seorang blogger adalah memastikan bahwa blognya selalu berkembang setiap harinya. Baik itu perkembangan visitor, hingga perkembangan pendapatannya. Untuk itu, mereka selalu menganalisa data untuk menemukan kesalahan, hingga menemukan solusi dari setiap permasalahaan.

Menurut saya pribadi, kesalahaan utama yang paling mendasar seorang blogger hingga membuat blognya tidak berkembang adalah pola fikir. Pola fikir yang salah akan menyebabkan eksekusi yang salah . Jika eksekusi yang anda lakukan salah, maka anda juga akan mendapatkan hasil yang salah. Stop berfikir dari sudut pandang anda pribadi. Mari kita berfikir dari sudut pandang visitor atau pengunjung anda.

kesalahan-blogger

Perhatikan baik-baik, dan jujurlah terhadap kesalahaan yang anda lakukan. Apakah itu dari segi konten, hingga dari segi kenyamanan user yang meliputi desain web  dan sebagainya.

Cobalah menjadi pengunjung di blog anda sendiri . Fikirkan apa yang membuat blog anda tidak menarik. Jika ada kesalahaan dari segi konten, maka carilah solusinya dan mulailah untuk belajar membuat konten yang berkualitas. Ingat, blog anda diciptakan untuk memecahkan masalah visitor . Apa itu permasalahaan visitor? Permasalahaan mereka ada pada kebutuhan akan sebuah informasi. Maka , hal ini menjadi tugas dan tantangan anda untuk memberikan sebuah informasi baik.

Jika anda menemukan kesalahaan pada desain atau tampilan yang membuat visitor tidak nyaman, maka perbaikilah. Masih ada banyak waktu untuk belajar. Bukankah menjadi seorang blogger kita tiada henti nya untuk belajar? Kenyamanan visitor menjadi nomor satu. Sebuah hotel tidak akan memiliki pengunjung yang banyak jika mereka tidak memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya . Di dalam blog, hal ini meliputi desain, kecepatan loading, dan sebagainya.

3 Kesalahan Pola Fikir Yang Menyebabkan Blog Tidak Berkembang

  1. Memikirkan Diri Sendiri – Orang yang memiliki pola fikir seperti ini akan sulit berkembang. Bukan hanya didalam dunia blogging saja, tetapi juga di dalam kehidupan sehari-hari. Stop menjadi keras kepala dan cobalah mendengar dan melihat sekeliling anda. Untuk itu, anda harus membuat form pengiriman kritik dan saran dari para visitor. Sehingga anda dapat menemukan kendala dan masukan yang berguna dari visitor untuk dijadikan sebagai model mengembangkan blog kedepannya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan blogger lainnya. Situs juragancipir.com saya rasa sudah sangat sempurna untuk dijadikan media konsultasi anda terkait permasalahaan yang anda dapati. Di sini anda dibantu oleh blogger-blogger yang sudah berpengalaman. Termasuk admin dari situs ini yaitu Mbak Indri.
  2. Menganggap Semuanya Sudah Sempurna – Ingat, Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata. Bahkan situs besar seperti Google, Facebook, Twitter, selalu menyempurnakan aplikasi mereka setiap tahunnya. Bagi seorang blogger, ada banyak hal yang harus kita sempurnakan. Yang paling utama menurut saya adalah segi konten. Konten adalah tolak ukur yang menentukan apakah blog anda bermanfaat atau tidak. Bukankah blog yang bermanfaat dicintai oleh pengunjungnya? Jadi, mari kita belajar mulai dari sekarang untuk terus menyempurnakan konten.
  3. Malas – Ini adalah penyakit klasik yang sudah ada dari jaman Adam dan Hawa hingga ke jaman Jokowi dan Jusuf Kalla. Bahkan hal ini menjadi tantangan terbesar bagi saya pribadi untuk melawannya. Bahkan, jika anda adalah orang pintar tetapi malas untuk mengaplikasikan kepintaran anda, maka semuanya akan sia-sia. Menjadi seorang blogger kita harus memiliki sifat rajin. Rajin menulis artikel, rajin menganalisa data, rajin membalas komentar dari pengunjung, rajin memperhatikan kompetitor dan rajin berdoa yang paling utama.

Selain ketiga aspek diatas yang menjadi penyebab gagalnya sebuah blog berkembang , apakah ada hal lain yang menjadi penyebabnya? Tolong share dengan mengisi kolom komentar dibawah 🙂 Jangan lupa simak juga Khusus Pemula: Serius ! Menjadi Seorang Blogger Itu Capek.

Bagikan:
20 Comments
    • Syafii Nasution
    • Syafii Nasution

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.