Kesalahan Paling Sering Dilakukan Publisher Adsense Penyebab Banned

Halo juragan… Semua blogger tahu bahwa google adsense adalah aplikasi periklanan terbaik, namun untuk memperoleh akun adsense tidak mudah. Dan untuk mempertahankan akun adsense agar tidak dibanned juga tidak mudah. Hal ini telah terbukti dengan banyaknya kasus-kasus publisher adsense yang gagal menjaga keawetan akun adsense dan berakhir dibanned.

Bagi saya, pendapatan adsense adalah nomor 3. Percuma jika kita hari ini mendapatkan banyak penghasilan namun besok dibanned. Jika sudah dibanned kita tidak bisa bergabung lagi ke dalam program adsense, kecuali harus meminjam nama saudara, nama orang tua atau nama tetangga, serta harus mengganti semua perangkat komputer, IP adress dan sebagainya. Berapa modal yang harus anda sia-siakan.

Jika tidak, maka akun adsense kita akan dibanned lagi meskipun kita mahir bisa membuat 10 akun adsense dalam sehari. Google memiliki sistem deteksi yang ekslusif dan semakin canggih dari hari ke hari. Jangan mencoba meremehkan kebijakan program dengan mengelabuhi deteksi google jika ingin akun kita berumur panjang. Teknologi google tidak sesederhana yang kita lihat dan kita kira.

Menurut saya, tugas pokok publiher adsense ada 3:

1. Pertama menjaga keselamatan akun adsense agar tidak dibanned.
2. Kedua menjaga keselamatan situs agar tidak dibanned.
3. Ketiga adalah mengoptimalkan adsense agar mendapatkan penghasilan.

* Sejak saya bergabung dengan google adsense 4 tahun yang lalu tepatnya tanggal 16 mei 2011, semua teman-teman publisher seangkatan saya telah dibanned semua. Pada akhir tahun 2011 pernah terjadi banned masal di seluruh dunia, ribuan publisher adsense dibanned dalam semalam. Alhamdulillah akun adsense saya selamat meskipun sempat dibanned selama 3 hari dan akhirnya diaktifkan lagi oleh google.

Sebelum menjadi publisher, saya memegang teguh janji saya kepada diri sendiri untuk taat kepada kebijakan program adsense kelak, dan rupanya google memahami hal itu dari sejarah akun saya. Beberapa kali saya berdialog dengan team google adsense melalui email ketika akun saya disabotase oleh seseorang pada tanggal 27 agustus 2012. Kesimpulannya hanya satu, patuhilah kebijakan program adsense agar google percaya kepada anda dan bersikaplah responsive setiap kali google memberikan peringatan kepada kita. Itu saja!

* Sementara itu kasus-kasus banned itu terus berlanjut menimpa teman-teman saya hingga sekarang ini, dan semoga jangan menimpa teman-teman saya yang telah berkunjung ke blog ini meskipun hanya sekedar membaca tanpa meninggalkan komentar. Karena harapan saya hanyalah agar informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semua yang telah membaca tulisan ini.

Saya sendiri sering mengingatkan jika melihat blog yang melanggar kebijakan program adsense melalui kolom komentar, namun seringkali diabaikan karena mereka merasa sudah lama melakukan pelanggaran seperti itu dan aman-aman saja. Padahal hal itu hanya menunggu waktu untuk dibanned. Saya bukan bermaksud sok pintar, namun saya tidak ingin pengalaman pahit saya dulu pernah dibanned menimpa teman-teman saya lainnya. Sudah cukup banyak teman-teman saya yang dibanned dan saya tidak ingin hal ini terulang menimpa anda.

( i ) Ada satu hal yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman, yaitu jangan mengcopy paste artikel sesama teman blogger tanpa link sumber, karena bisa berbahaya. Informasi selengkapnya silakan baca di Apakah Artikel Copy Paste Bisa Dibanned Oleh Google Adsense?

* Berikut ini saya ingin menyampaikan beberapa pelanggaran yang paling sering terjadi sehingga akun atau situs dibanned.

1. Iklan tidak tampil di salah satu halaman
Jangan meremehkan hal satu ini. Jika hal ini terjadi di blog anda berarti itu tandanya anda tidak memahami konten sensitif. Ketika anda hendak mempublish artikel baru, maka lakukan preview untuk melihat apakah iklan adsense bisa tampil secara lengkap atau tidak. Jika iklan bisa tampil lengkap, maka silakan dipublish. Namun itu belum cukup. Besok anda harus memeriksa konten itu sekali lagi, karena bisa saja besoknya iklan tidak tampil atau berkurang jumlahnya.

Penyebab iklan tidak bisa tampil ada dua macam. Pertama periksalah judul postingan anda. Judul postingan yang terdeteksi sebagai kalimat sensitif tidak bisa menampilkan iklan adsense. Cobalah rubah judul postingan anda dan kemudian lakukan preview apakah iklan bisa tampil. Jika iklan bisa tampil publishlah.

Namun jika iklan belum bisa tampil, maka periksalah kalimat di artikel anda apakah terdapat kata-kata terlarang, misalnya pornografi, perjudian, konten dewasa, kata-kata yang menyinggung atau menghina seseorang/golongan, dan sejenisnya. Jika terdapat kalimat terlarang, batalkan postingan anda. Saya sendiri sering menghapus postingan yang gagal seperti itu. Jika anda memaksa, maka satu postingan anda bisa membinasakan seluruh jaringan akun adsense anda.

Saya sering melihat blog dimana terdapat banyak postingan yang tidak bisa menampilkan iklan. Sudah tahu hal itu melanggar tetapi si empunya blog terus membuat postingan seperti itu. Hasilnya, ternyata bulan depan situs tersebut dibanned. Percuma update artikel jika iklan tidak bisa tampil.Selain itu, blog dijamin didisabled dalam waktu dekat.

2. Memasang iklan lekat
Saya sering menjumpai blog seperti ini. Iklan lekat adalah iklan yang dipasang di sidebar dan jika pengguna menggulir kebawah maka iklan tersebut tetap berada disitu saja tidak bergerak kemana-mana. Kelihatannya memang keren, namun sebentar lagi mencelakakan akun adsense anda. Penempatan iklan seperti ini melanggar kebijakan program adsense dan google mempostingnya di halaman bantuan sebagai cara penempatan iklan terlarang yang sering dilanggar. Hadiahnya situs akan dibanned.

3. Memasang iklan lebih dari ketentuan
Jangan menganggap remeh hal ini meskipun kita bisa mengakali agar iklan adsense bisa tampil 10 unit pada setiap halaman. Jangan mencontoh member adsense premium atau situs-situs besar yang mendapat pengecualian dari kebijakan program adsense. Mereka boleh saja memasang jumlah iklan sesukanya dan memposting artikel apa saja semaunya seperti yang kita lihat pada situs-situs portal berita raksasa. Member adsense premium telah menandatangani informasi rahasia google yang kita tidak pernah tahu.

4. Jangan mengikuti informasi yang menyesatkan
Browsing ke blog-blog di internet untuk mencari tambahan informasi itu penting, namun jangan ikuti tips-tips yang terkadang menyesatkan. Jika anda membaca tips di sebuah blog yang sepertinya janggal, maka pikirkanlah dua kali dan jangan langsung diterapkan di blog anda. Kunjungi dulu halaman adsense bantuan dan cari tahu apakah tips yang anda baca tadi melanggar kebijakan program atau tidak.

Kebijakan program adsense sering berubah namun publisher jarang tahu perubahan-perubahan yang terjadi. Cara-cara yang dulunya tidak melanggar kebijakan program namun sekarang ternyata melanggar kebijakan program. Pastikan anda up to date terhadap kebijakan program karena itu merupakan kunci keselamatan akun anda.

Jika anda tidak menemukan jawaban di adsense bantuan, maka pikirkanlah secara logika dan tanyakan pada diri sendiri apakah tips yang anda baca tadi membahayakan akun adsense anda atau tidak. Maka anda akan menemukan jawaban terbaik dari sanubari anda sendiri. Jika anda ragu untuk menerapkan, berarti tips tersebut melanggar. Google sendiri menerangkan kepada kita pikirkanlah secara logika dan pilihlah cara yang terbaik.

5. Jangan melanggar pedoman webmaster google
Situs yang anda bangun dengan susah payah akan sia-sia belaka. Biasanya yang paling sering adalah penerapan seo onpage yang salah. Karena informasi tentang pedoman mutu webmaster ini sudah saya tulis, maka silakan baca penjelasan selengkapnya di Cara Menerapkan Link Internal Yang Benar Untuk Blog Adsense.

NOTE:
( i ) Jangan menggunakan cara-cara yang tidak disukai oleh pengiklan adwords karena hal itu sama dengan bunuh diri. Misalnya, menempatkan iklan dengan cara yang memicu timbulnya klik tidak sengaja, pertukaran klik, menganjurkan pembaca untuk klik iklan, dan sejenisnya. Pengiklan adwords akan marah karena merasa dirugikan dan mereka akan melaporkan perilaku anda kepada google. Saya sendiri pernah menjadi pengiklan adwords dan saya tidak senang jika anggaran kampanye yang saya hemat dengan susah payah hanya dijadikan bahan permainan oleh publisher nakal.

Jika cara-cara kita dalam bermain adsense disukai oleh pengiklan adwords dan juga disukai google, maka kita boleh berharap sukses karena bisa menjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan.

* Sebenarnya masih banyak hal-hal yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman, namun karena sudah larut malam dan saya sudah ngantuk maka saya akhiri dulu postingan ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga informasi penting satu ini yang berjudul Penyebab Situs Dibanned Oleh Google Adsense.

Bagikan:
117 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.