Kesalahan Admin Yang Menyebabkan Blog DiHapus Google

Halo juragan… Blogger adalah layanan blog gratis yang disediakan oleh google bagi kita untuk digunakan dengan sebaik-baiknya secara gratis. Oleh karena itu kita harus mematuhi kebijakan blogger. Jika kita gagal mematuhi kebijakan blogger maka bisa berakhir dengan tindakan penghapusan blog. Blog yang anda bangun dengan susah payah akan dihapus google jika terdeteksi sebagai spam. Jangan lupa ketahui juga Penyebab Blog/Website Atau Situs DiBanned Google Adsense.

Penghapusan blog ini meliputi penonaktifan URL sehingga blog tidak bisa diakses dan penguncian beberapa fitur di dasbor administrator blogger. Sedangkan file konten didalamnya tidak dihapus karena merupakan hak cipta atau hak kekayaan intelektual milik si admin blog. Jadi si admin blog masih memiliki kesempatan selama 20 hari untuk mengeksport file konten untuk dipindahkan ke data USB atau komputer anda.

Sejak tanggal penghapusan, admin blog memiliki kesempatan selama 20 hari untuk mengajukan banding ke pihak google untuk meminta pemulihan blog dari penghapusan. Selanjutnya pihak google akan melakukan peninjauan terhadap penyebab terhapusnya blog tersebut. Hasilnya, blog bisa diaktifkan lagi dan bisa juga dihapus secara permanen.

Secara teknis, penghapusan blog terjadi oleh dua hal;

( i ) Blog terhapus secara otomatis oleh sistem deteksi spam blogger.
( ii ) Blog dihapus secara manual oleh tim google karena adanya laporan dan terbukti melakukan tindakan spam.

Tindakan menghapus blog oleh google ini didasarkan dari berbagai pertimbangan dan bukan hanya berdasarkan satu kesalahan saja. Pada intinya, tindakan penghapusan diambil jika ada indikasi kuat tentang adanya tindakan spam di blog anda.

Berikut ini beberapa ciri-ciri blog yang berpotensi dihapus google.

1. Blog yang terinfeksi virus, malware, trojan, dan sebagainya. Blog ini sangat mungkin untuk dihapus google dari peredaran karena membahayakan pengguna.

2. Blog auto generated content (AGC) atau biasa disebit auto blog. Blog seperti ini akan dihapus google jika dilaporkan oleh seseorang atau oleh si pemilik hak cipta, karena melanggar kebijakan DMCA (digital millenium copyright act).

3. Blog yang berperilaku tidak wajar. Misalnya, blog yang mengarahkan link ke situs-situs yang tidak diinginkan, atau trik-trik menyesatkan lainnya yang melanggar kebijakan blogger. Blog-blog seperti ini cepat sekali untuk dihapus google karena tidak mengikuti mengikuti kebijakan blogger.

4. Blog yang mempublish artikel secara bertubi-tubi dalam waktu singkat. Tindakan ini akan membuat blog dihapus google seketika dan dasbor admin terkunci secara otomatis. Ketahui juga Berapa Jumlah Maksimal Update Artikel Perhari di Blogger?

* Untuk yang nomor 4 ini ada tanda-tanda khusus yang bisa kita ketahui bahwa blog kita telah terdeteksi sebagai spam dan akan dihapus google saat itu juga jika kita tidak segera menghentikannya.

Spam 1; Jika anda mengambil konten dari artikel gratis di internet lalu anda mengupate artikel secara berlebihan dalam sehari, maka blog anda akan mendapat peringatan spam saat itu juga.

Spam 2; Jika anda mengimport artikel dari blog lainnya dalam jumlah banyak dan mempublishnya secara otomatis, maka blog anda akan mendapat peringatan spam saat itu juga.

Pada intinya, update artikel terlalu banyak dalam waktu singkat akan terdeteksi sebagai spam. Misalnya anda update sebanyak 50 artikel dalam sehari di satu blog. Itu adalah tindakan spam.

Seperti apa peringatan itu?

Inilah yang jarang diketahui oleh para admin blog, kecuali hanya mereka pernah dihapus blognya oleh google.

Anda akan dimintai kode verifikasi bahwa anda bukan robot, atau biasa disebut sandi robot. Ketika anda hendak mempublish artikel yang terakhir, google akan meminta verifikasi di dasbor admin blogger;

Buktikan bahwa Anda bukan robot
Karena pos Anda hari ini sangat banyak, buktikan bahwa Anda bukan robot dengan memasukkan kata-kata di bawah ini.

Permintaan verifikasi ini harus anda jawab dengan memasukkan kode verifikasi yang anda lihat disitu. Jangan sampai anda tidak menjawabnya.

Dengan menutup halaman admin dan tidak menjawab pertanyaan verifikasi tersebut berarti blog anda memang diupdate oleh robot. Dengan mengabaikan verifikasi ini bisa saja membawa dampak buruk terhadap nasib blog anda.

! Jika anda suatu saat nanti menjumpai peringatan seperti itu maka segeralah isi kode verifikasi tersebut, dan jangan diteruskan mempublish artikel baru. Blog anda bisa saja terkunci saat itu juga jika anda memaksakan update.

Sampai disini dulu yang bisa saya bagikan tentang penyebab blog dihapus google, semoga bermanfaat dan salam blogger. Jangan lupa baca juga Astaga! Blog Cara Ririn Dihapus Google.

Bagikan:
109 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.