vps murah

Home / Alam

Sabtu, 28 September 2013 - 01:21 WIB

Kerjasama Yang Baik Sepasang Hewan Katak

Halo juragan… Kerjasama tidak hanya bisa dilakukan oleh manusia saja, tetapi juga dilakukan oleh kerajaan binatang. Misalnya, lebah (tawon), semut, rayap (anai-anai), dan sebagainya. Namun, kodok yang biasanya hidup menyendiri ternyata juga melakukan kerjasama jika sedang kepepet.

Baru-baru ini diketahui ada sepasang suami istri dari dua ekor katak yang sedang bekerjasama dalam memanjat sebuah ranting pohon. Katak pohon bermata merah memberikan tungkai untuk membantu istrinya saat mereka naik ke beberapa dedaunan.

Jepretan kamera ini ditangkap di Taman Nasional Gunung Adrena di Kosta Rika (Adrena Volcano National Park). Ketika mereka berdua mencoba untuk memanjat pohon, tiba-tiba salah satunya terjebak di tengah jalan. Tapi bukannya meninggalkan istrinya di belakang, ternyata sang suami yang sudah berhasil di atas menjulurkan kakinya untuk menahan sang istri agar tidak jatuh dan bisa ikut naik.

Ini merupakan kerjasama tim amfibi yang luar biasa. Seekor katak pohon memberikan pasanganya kaki di antara ranting dalam sebuah misi perjalanan mereka di hutan.

READ  Hebat! Wisatawan Tundukkan Gajah Liar Mengamuk Dengan Telapak Tangan

Kerjasama sepasang katak berwarna cerah yang mencoba memanjat pohon ini terjadi jauh di tengah hutan, di jantung hutan hujan Kosta Rika, ketika seekor diantaranya mengalami sedikit macet dalam perjalanan menuju pohon ke bagian atas.

Dan bukannya meninggalkan pasangannya di belakang seperti hewan lainnya, spesimen lincah ini menjulurkan kaki belakangnya untuk membantu sang istri tercinta agar bisa bertengger berdua di atas ranting yang lebih tinggi lagi.

Namun rupanya keenakan yang dibawah karena hanya minta gandolan kaki temannya saja sambil pasrah, sementara yang di atas kesulitan mengangkat kaki sebelah kanan karena digandoli. Tentunya yang diatas harus mengeluarkan tenaga ekstra serta menahan linu.

Setelah bergelantungan selama beberapa detik maka keduanya berhasil bertengger di atas ranting, lalu mereka melanjutkan perjalanan di pohon yang tinggi menuju ranting yang lebih tinggi lagi.

READ  Kepulauan Seychelles Yang Rusak Dan Hilang

Tembakan kamera ini ditangkap di Taman Nasional Gunung Adrena di Kosta Rika oleh fotografer Nicolas Reu. Nicholas, 37, yang telah mengambil banyak gambar-gambar dari segala jenis satwa liar di seluruh dunia, sangat senang ketika ia berhasil membidik yang satu ini.

Dia berkata: “Saya berharap bisa menangkap momen yang saya saksikan di alam yang hanya terjadi sekali ini saja, dan ini merupakan hasil setelah lama menunggu. Menurut saya, tampaknya katak seolah-olah memohon yang lain untuk membantu ketika mereka sedang mencoba untuk tetap hidup”.

“Mereka adalah makhluk yang sangat lincah dan sangat bagus untuk memotret mereka di habitat alami yang berkamuflase dalam pepohonan”.

Katak pohon bermata merah memiliki tiga kelopak mata dan selaput lengket di jari kaki yang memberikan sifat memanjat pohon yang kedua. Daily Mail.

Share :

Baca Juga

Alam

Marcgravia Evenia, Pohon Anggur Berbunga DiSerbuki Kelelawar

Alam

Astaga! Sapi Berkepala Dua Lahir di Malang Jawa Timur

Alam

Dataran Guci, Misteri Arkeologi Tertua di Asia Tenggara

Alam

Taman Bunga Terindah di Dunia di Hokkaido

Alam

Migrasi 1 Juta Lebih Hewan Wildebeest Menakjubkan

Alam

Legenda Dewa Gunung Berapi di Dunia

Alam

Gunung Berapi Lumpur Gwadar di Pakistan

Alam

Alasan Pulau Jawa Dibentengi Gunung Kidul