Keren! Suku Dinka Menggembala Sapi Bawa Bedil

Halo juragan… Ada-ada saja penggembala sapi luar negeri ternyata. Jika di kampung kita, biasanya para penggembala sapi sukanya bawa cambuk atau pecut, lalu pakai topi kerucut seperti yang biasa dipakai pak tani itu.

Tetapi penggembala sapi di negeri Sudan lebih keren. Mereka gak mau bawa pecut, tetapi lebih suka bawa bedil. Mungkin kalau ada orang yang mencuri sapinya enakan dibedil gitu kali ya, huhuhu 🙂

REUTERS/Goran Tomasevic

Diatas itu foto seorang penggembala sapi suku Dinka sedang menenteng bedil AK 47 buatan Rusia di antara sapi-sapinya di tempat penggembala ternak di Rumbek ibukota negara bagian Lakes, Sudan. Mereka berada di tengah ratusan sapi dibawah terik sinar matahari tanpa baju dan topi, kecuali hanya pakai kain semacam sarung. Namun raut wajahnya senantiasa memancarkan senyum.

READ  Begini Cara Blogger Papan Atas Hadapi Serangan Haters
REUTERS/Goran Tomasevic

Ini lagi ada dua orang pemuda suku Dinka sedang mengawasi sapi-sapi mereka di lapangan penggembalaan ternak di Rumbek, ibukota negara bagian Lakes, Sudan. Kedua foto ini dijepret oleh fotografer Reuters, Goran Tomasevic, pada tanggal 14 dan 15 desember 2013.

Sapinya tanduknya panjang banget namun badannya kurus-kurus, karena disana rumput tidak sesubur di Indonesia sehingga makannya kurang kenyang kali. Akan tetapi di sana memiliki areal penggembalaan yang luas yang mampu menampung ratusan bahkan ribuan ekor lembu. Maukah anda menjadi orang sana?

READ  5 Fakta Tentang Binatang Gajah Yang Perlu Anda Tahu
Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

45 komentar

  1. mungkin banyak perampok ternak sehingga mereka membekali diri dengan senjata ya mbak …

    1. iya kali mas, kalo ada maling tinggal mbedil aja, hehehe 😀

  2. Wah… Keren ya mbak. Masak penggembala bawa bedil. Hehe…

    1. keren ya mas, kalo dikampung kita kan bawa pecut, hehehe 😛

  3. enak tu bisa mengembala jarak jauh…<br />kan kalau ada yang mencurigakan bisa langsung ditembak aja jarak jauh<br />hehehhe

    1. selain itu bisa dipakai nembak burung ya mas, hehehe 😉

    2. hahahha<br />bisa juga mbak

    1. tanduknya panjang ya mas, kalo ngena orang bisa tembus tuh, hehehe 😀

  4. Kalau bawa pecut lama kan harus jarak dekat ya mbak kalau bedil bisa jarak jauh

    1. iya mbak, tapi kalo ada maling sapi bisa kena pecut, hehehe 😛

  5. Enakan di indonesia mbk<br />bisa blogging<br />komunikasi sama teman-teman blog<br />disana masak setiap hari berjemur dan chetingan sama sapi heheh

    1. itulah enaknya jadi blogger mas, bisa blogwalking sesama blogger ;)<br />kalau di sudan hanya bisa blogwalking sama sapi, huhuhu 😛

    2. hahahhaha<br />ada lagi kelupaan mbk<br />tetap bisa blogging di sudan <br />tapi nantti nama Blognya Tentang Sapiku<br />setiap hari postinganya Oh sapiku yang kurus, Makanan sapi yang bagus, dan Ku Bedil sapiku yang nakal hehehehe

  6. Keren ya mengembala bisa bawa senjata.<br />Kayaknya sejata yang dipakai merupakan senjata otomatis AK-47 yang perancangnya meninggal dunia hari kemarin 🙂

    1. Gambar Gravatar Agri Ahyar Prasetya berkata:

      iya ya kang, Mikhail Kalashnikov mninggal di usia 94 tahun.. <br /><br />Mungkin tu mbak, karna sapinya terlalu bnyak kali makanya pake senjata begituan.. kalo kabur tinggal dor.. hehe

    2. tahu aja mas mas ini kalau penemu AK47 michail kalashnikov meninggal kemarin :D<br />kalo sapinya kabur mungkin didor ya mas, huhuhu 😉

  7. waahh mungkin di suku sana udh mendapat ijin dari pemerintah untuk membawa senjata 😉

    1. mungkin uda dapat ijin sist 😉 kalo di Indonesia bisanya hanya bawa ketapil sama tulup atau slompret, hihihi 😀

  8. hah.. senapan sekelas buat perang itu mah ngeri juga dibebasin kalo diindo dibebasin gitu wah ngeri banyak perampokan :d

    1. kalo di indonesia dilarang keras mas, soalnya bisa berbahaya buat kejahatan ntar 😉 mending gak usah dibebasin 🙂 biar aja sapinya hilang ya, hehehe 😀

    1. yg keren topinya mang yono ya mbak, hehehe 😉

  9. kalo gk bawa bedil entar banyak yang buru, itu kan 🙂

    1. mungkin takut dicuri atau takut dimakan binatang buas mas 😉

  10. Gambar Gravatar Baskoro Suryandriyo berkata:

    untung saya tinggal dikota haha sehingga nanti kalau salah tembak ga kena ahahahaaaaaaaa

    1. kalo bloggger gak takut sama bedil mas, tapi takut sama copaster, huhuhu 😛

  11. Biasanya kalau di desa cuma bawa ketapel hehehe

    1. sama bawa tulup ya mas, hehehe 😀 😛

  12. Gimana gak senyum, mbak lah wong dipoto. dipikirnya bkl masuk tipi…<br /><br />Kl manyun mana mau orang motret? h-hee…

    1. senyum itu mungkin karena liat wajah orang yg ngefoto lucu mas, hehehe 😛

    1. silakan aja mampir mas, makasih mampirnya 😉

  13. sungguh berbeda ya di sana pengembala gak pakai baju dan tutup kepala, kalau disini kan pakaian lengkap pakai caping seperti saya dan bawa gitar heheh… bawa pecut maksudnya… mantab lah

    1. kalo disini ke sawah sambil bawa laptop juga ya mang, karena pak tani nyambi jadi blogger juga, hohoho 😀 😉

  14. sebenarnya pecutnya udah dibawa mbk, cuma aja gak diperlihatkan sama kita-kita, takutnya ntar kita pada lari kalau melihat pecutnya. hahaa

    1. pecutnya disembunyikan ya mas, ntar yg baca takut kena pecut, hehehe 😉

  15. hhehehe, itu senyum ke mbak yang bawa bedil :D<br />usaha export rumput mungkin hasil ya mbak ya?

    1. itu senyum ke org yg baca blog ini, hmmm 😉 jualan rumput laku keras disana mas, hehehe 😀

  16. bujug. serem juga tuh. pake bedil sama panah. di indo bawanya arit (semacam alat buat motong rumput) buat nyari rumput. 😀

    1. kalo di kampung kita bawa sabit sama keranjang rumput ya mas 😀 biasanya bawa sepeda motor rumputnya dibawa ngebut, hehehe 😉

  17. Gambar Gravatar Wahyu Eka Prasetiyarini berkata:

    wah kalau ada yang maling sapi, langsung di tembak aja ya mbak hehehee :D<br />biar kapok pencurinya hehe 🙂

    1. selain itu kalo ada sapi yg berani mencoba kabur langsung didor mbak, hehehe 😉

  18. Gambar Gravatar Muya Devoteeshonesty berkata:

    Bedilnya mungkin buat nembak burung atau hewan lain yg bisa di makan sist..heheee..<br />Khan disana rumputnya kurng.. Jadi menggembala butuh waktu agak lama :-D<br />Orangnya lapar juga chan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *