Keren! Suku Dinka Menggembala Sapi Bawa Bedil

Halo juragan… Ada-ada saja penggembala sapi luar negeri ternyata. Jika di kampung kita, biasanya para penggembala sapi sukanya bawa cambuk atau pecut, lalu pakai topi kerucut seperti yang biasa dipakai pak tani itu.

Tetapi penggembala sapi di negeri Sudan lebih keren. Mereka gak mau bawa pecut, tetapi lebih suka bawa bedil. Mungkin kalau ada orang yang mencuri sapinya enakan dibedil gitu kali ya, huhuhu 🙂

REUTERS/Goran Tomasevic

Diatas itu foto seorang penggembala sapi suku Dinka sedang menenteng bedil AK 47 buatan Rusia di antara sapi-sapinya di tempat penggembala ternak di Rumbek ibukota negara bagian Lakes, Sudan. Mereka berada di tengah ratusan sapi dibawah terik sinar matahari tanpa baju dan topi, kecuali hanya pakai kain semacam sarung. Namun raut wajahnya senantiasa memancarkan senyum.

REUTERS/Goran Tomasevic

Ini lagi ada dua orang pemuda suku Dinka sedang mengawasi sapi-sapi mereka di lapangan penggembalaan ternak di Rumbek, ibukota negara bagian Lakes, Sudan. Kedua foto ini dijepret oleh fotografer Reuters, Goran Tomasevic, pada tanggal 14 dan 15 desember 2013.

Sapinya tanduknya panjang banget namun badannya kurus-kurus, karena disana rumput tidak sesubur di Indonesia sehingga makannya kurang kenyang kali. Akan tetapi di sana memiliki areal penggembalaan yang luas yang mampu menampung ratusan bahkan ribuan ekor lembu. Maukah anda menjadi orang sana?

Bagikan:
45 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.