Kelemahan Berjualan di Media Sosial Yang Bisa Dijadikan Peluang Oleh Seorang Blogger

Halo Juragan, sebelumnya saya ucapakan selamat Hari Raya Idul Adha dan selamat bakar-bakar, bukan bakar rumah tapi bakar daging kurban 😀

Ide menulis artikel ini belum lama singgah di kepala saya jadi insyaAllah ini merupakan sebuah informasi yang fresh! Perlu diingat juga bahwa artikel ini cenderung merupakan opini saya jadi silahkan jika ada yang tidak setuju atau punya ide yang lebih baik dari ini untuk menyampaikannya.

jualan-online

Ini semua barawal dari blog saya yang bertemakan “Aquascape” dan perlu diketahui bahwa ada banyak grup di Facebook yang membahas mengenai Aquascape, diantaranya sudah beranggotakan puluhan ribu orang. Nah, sudah tidak aneh lagi jika dalam sebuah grup banyak juga dari mereka yang memanfaatkan keramaian grup untuk berjualan, tentunya berjualan produk yang sesuai dengan tema grup tersebut.

Contoh nya di grup Aquascape, disana banyak yang berjualan produk-produk Aquascape termasuk tanaman air, ikan dll. Diantara mereka ada yang merupakan seller terpercaya dan sudah cukup terkenal maka keuntungan besar pun akan diterima dari banyaknya anggota grup yang membeli produk padanya tapi tidak sedikit juga bagi para seller yang baru akan kesulitan mendapatkan konsumen. Sistem persaingan berlaku disini.

Diluar itu semua banyak juga para seller yang memang memiliki website pribadi untuk berjualan. Makin tergerus lah para seller kecil dan diantara mereka tidak mampu bersaing, akhirnya nyerah.

Muncul Ide

Muncul ide di kepala saya untuk dapat mengorganisir dan mengakomodasi mereka para seller kecil untuk tetap hidup dan berjualan. Ide ini tidak akan muncul jika saya tidak tahu tentang kelemahan berjualan di media sosial. Mungkin diantara Anda juga ada yang belum menyadari hal ini. Kelebihan berjualan di media sosial itu banyak, salah satunya yang saya sebutkan tadi, jika dia merupakan seller terpercaya dan sudah cukup terkenal dan dikenal maka dia akan laku dengan cepat namun jangan lupa, ada juga kelemahannya yang bisa dimanfaatkan oleh para seller kecil jika mereka mau sedikit berpikir dan bekerja sama dengan para blogger. Ini hanya masalah media berjualan.

Kelemahan Berjualan di Media Sosial

  1. Setiap postingan yang merupakan jualan akan dengan mudah tenggelam seiring tingginya aktivitas dari para anggota di grup tersebut. Perhatikan timeline sebuah grup yang ramai, tiap beberapa detik sekali ada postingan baru sehingga mungkin postingan Anda yang merupakan jualan hanya akan bertahan 5 menit untuk dilihat anggota grup, terkecuali mereka para anggota grup sering menyelam ke dasar timeline, maka postingan Anda akan terlihat kembali.
  2. Seberapa sering Anda “nyndul” postingan tersebut dengan cara berkomentar di postingan itu, tetap saja postingan Anda akan tenggelam dan habis masa ramainya digantikan dengan postingan anggota lain yang lebih menarik.
  3. Ini yang lebih penting dan seharusnya para blogger patut berbangga dibandingkan dengan media sosial :). Blog memang kalah tenar jika dibandingkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dll. Tapi jangan lupa jika setiap konten yang diproduksi oleh blog selalu di index oleh om Google, jangan takut! kita punya om Google :). Sedangkan postingan pada media sosial tidak akan terindex Google terkecuali index yang berupa page saja (grup) dan malahan untuk SE Bing ada fitur khusus untuk dapat menemukan beberapa postingan dari media sosial dan dinamakan “Bing Social Search” tapi pertanyannya berapa banyak orang yang menggunakan itu?

Saya ingin memanfaatkan kelemahan-kelemahan tersebut untuk dapat membantu para seller yang bisa dikatakan “tidak mampu bersaing” berjualan di media sosial. Saya menyediakan tempat khusus di blog saya yang bertemakan “Aquascape” untuk menampung para seller tersebut dan berjualan dalam bentuk postingan, tentunya postingan tersebut akan dengan mudah terindex Google seperti halnya saya membuat sebuah artikel, inilah yang saya maksud memanfaatkan kelemahan yang tidak dimilik media sosial.

Orang lain yang melakukan pencarian sebuah produk melalui search engine akan dengan mudah menemukan barang dagangan para seller yang disajikan dalam bentuk postingan di blog saya.

Kalo Gitu Mah, Jualan Aja di Online Shop Yang Lebih Terpercaya!

Kenapa gak berjualan aja atau membuat lapak di bukalapak misalnya, kan sama aja. Iya saya setuju, itu bisa saja dilakukan tapi cakupan online shop berskala besar seperti itu sangatlah luas, dan juga tidak mudah ditemukan orang melalui search engine. Tidak ada kesan eksklusifitas.

Menurut saya, cara terbaik berjualan itu adalah membuat webiste sendiri yang khusus berjualan produk-produk milik kita sendiri, nah kendalanya kan tidak semua seller mampu membuat website sendiri apalagi bagi mereka yang bisa dikatakan masih berjualan secara kecil-kecilan.

Kalo saya hanya memanfaatkan fungsi blog saya yang kebetulan bertema “Aquascape” dan ternyata kondisi seller dalam bidang Aquascape banyak yang kurang beruntung.

Terus, Apa Keuntungan Bagi Si Pemilik Blog?

Dalam hal ini saya tidak memungut sepeser pun dari para seller yang bergabung dan memanfaatkan layanan blog saya, saya murni tetap mengandalkan dari periklanan, bisa Adsense, bisa iklan mandiri jadi mereka juga para seller tidak merasa terbebani, tugas mereka hanya fokus membuat postingan dagangan semenarik mungkin dan masalah optimasi serahkan sama saya, inilah yang namanya kerja sama. Mereka dapat keuntungan dari pembeli, blog saya ramai dikunjungi orang. Blog ramai = konversi penghasilan pun semakin besar.

Apa Tugas Saya Kedepannya?

Tugas saya masih banyak, diantaranya semakin memperkuat branding blog saya dalam hal Aquascape untuk meningkatkan kepercayaan orang-orang. Tentunya saya tidak akan menyimpang dari tujuan awal, yaitu blog saya tetap difungsikan sebagai penyedia informasi berupa artikel dan itu masih saya lakukan.

Apakah Ini Merupakan Sebuah Peluang Bagi Anda?

Seharusnya sih iya! terutama bagi Anda yang sedang mengelola blog niche, kenali apa yang sedang Anda bahas dan cari orang untuk bekerja sama atau orang lain yang punya produk sesuai dengan tema blog Anda, jangan undang mereka untuk beriklan di blog Anda jika memang blog Anda belum terkenal (mana mau mereka), undang mereka untuk bekerja sama, Anda jangan egois dan merasa dibutuhkan. Bersabarlah dan yakin jika kita mempermudah orang dalam mencari rezeki maka Allah akan memudahkan kita juga dalam mencari rezeki, insyaAllah.

Simak juga Fakta Baru Mengenai Kekayaan Bill Gates.

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.