vps murah

Home / Reportase

Senin, 28 September 2015 - 17:47 WIB

Kedamaian Perayaan Hari Raya Idul Adha di Korea Utara

Indahnya lebaran Idul Adha di Korea Utara. Korea Utara (Korut) adalah negara di Asia yang dikenal sebagai negara paling tertutup di muka Bumi karena mengisolasi diri dari pergaulan internasional. Akan tetapi pemeluk Muslim di ibukota, Pyongyang bisa merayakan hari raya Idul adha dengan sangat khusyuk.

Seperti dilaporkan oleh Liputan6.com, hal tersebut tercermin di kala masyarakat Indonesia bersama para pemeluk Muslim negara lain, serta Dubes dari Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, Palestina dan Suriah melaksanakan Salat Iduladha. Ibadah ini dilaksanakan di Masjid Ar-Rahman, kompleks Kedutaan Besar Iran di Pyongyang.

idul-adha-di-korea-utara

Foto: Dokumentasi KBRI Pyongyang / Liputan6.com

Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ustad Amru Reda, warga negara Mesir yang bekerja pada perusahaan patungan komunikasi di Korut. Khatib dalam khotbahnya antara lain menyampaikan bahwa Hari Raya Islam merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Itu karena janjiNya benar untuk mengampuni dosa dan kesalahan hamba-hambaNya.

READ  Penemu Celana Jeans, Orang Yang Pertama Kali Menggunakan Jeans

“Idul Adha adalah waktu untuk memohon ampunan kepada Allah SWT yang telah dijanjikan kepada hamba-hamba-Nya yang menjalankan ibadah haji atau mereka yang banyak beribadah pada hari-hari di bulan Zulhijah sekarang ini, seperti berpuasa pada Hari Arafah,” ucap Reda seperti dikutip dari rilis pers KBRI Pyongyang kepada Liputan6.com, Sabtu (26/9/2015).

Usai Kotbah dan Shalat Id, para jemaah yang jumlahnya ada 70 orang tersebut bersilaturahmi di halaman masjid sambil menikmati beberapa makanan ringan dan minuman. Sajian tersebut disediakan oleh Kedutaan Iran bersama KBRI Pyongyang dan sejumlah kedutaan lain.

Kegembiraan menyambut Iduladha tidak berhenti di situ saja, akan tetapi pada siang hari di 24 September 2015, Duta Besar RI Bambang Hiendrasto beserta istri mengadakan acara makan siang bersama dengan semua keluarga besar KBRI Pyongyang serta para tamu undangan Ustad Reda. Acara ini dilaksanakan di Wisma Duta.

READ  Peluncuran Satelit Lapan A2/Orari Buatan Indonesia Sukses Mengorbit

Berbagi Kebahagian dengan para Lansia

Sama seperti hari raya idul adha di Indonesia, di Pyongyang, Duta Besar RI dan staf KBRI Pyongyang melaksanakan pemotongan hewan korban sebanyak 8 ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban tersebut dilakukan oleh seorang pejabat Kedutaan Besar Palestina yang dibantu para pejabat Kedutaan Indonesia.

Daging korban keesokan harinya langsung dibagikan kepada panti jompo, Pyongyang Elderly Home (PEH). Dalam kesempatan itu, mewakili Duta Besar Bambang, Sekretaris II Pensosbud Bambang Purwanto menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang baik oleh pimpinan PEH.

Menurut Bambang, penyerahan ini ditujukkan agar keluarga besar KBRI Pyongyang bisa berbagi kebahagian dengan para warga senior di PEH yang jumlahnya kurang lebih ada 80 orang. (Liputan6.com)

Simak juga Ditemukan Bangunan Kuno Kerajaan Mataram di Semarang.

Share :

Baca Juga

Reportase

Mark Zuckerberg, Bos Facebook Dijadikan Tukang Potret Dadakan di Borobudur

Reportase

Prabowo Terima Dukungan Relawan Kawanua Bersatu di Jakarta Timur

Reportase

Masjid Baitul Futuh di Kota London Inggris Kebakaran

Reportase

SBY Undang 20 Fesbuker Hadiri Kopdar Pamitan di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Reportase

Tikus Raksasa Seberat 5 Kg DiTangkap Petani Cina

Misteri

Hantu Gadis Kecil Menangis di Pinggir Jalan Ini Ternyata Lelucon

Reportase

Perahu Bebek Terbakar Penumpang Terpaksa Mencebur ke Air

Adsense

Google Memperkenalkan Tampilan Baru Adsense Bantuan