KEBUTUHAN PRIMER ADALAH

Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia, Foto: Flickr

Kebutuhan Primer adalah kebutuhan utama bagi kehidupan manusia. Kebutuhan primer juga disebut sebagai kebutuhan pokok yang meliputi tiga hal, yaitu sandang, pangan dan papan. Tiga jenis kebutuhan ini adalah nomor satu dalam kehidupan manusia dan tidak boleh ditinggalkan. Sedangkan kebutuhan selain itu disebut kebutuhan sekunder atau kebutuhan kedua.

1. SANDANG
Sandang adalah pakaian manusia. Pakaian menjadi kebutuhan primer pertama walaupun manusia tidak bisa hidup tanpa pakaian, tetapi karena manusia adalah makhluk sosial yang hidup dalam masyarakat sehingga pakaian adalah hal yang paling penting.

2. PANGAN
Pangan adalah sumber makanan bagi manusia dan merupakan kebutuhan primer. Pangan ini meliputi pekerjaan dan hal-hal serupa yang bertujuan menghasilkan pangan bagi kehidupan manusia. Manusia hidup dalam masyarakat pasti butuh bekerja untuk memperoleh nafkah.

3. PAPAN
Papan adalah rumah atau tempat tinggal. Rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia. Tanpa memiliki rumah berarti kebutuhan primer manusia belum terpenuhi. Rumah merupakan tempat berteduh bagi keluarga yang paling aman dan nyaman.

Seiring dengan kemajuan jaman serta padatnya tugas yang ditanggung oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan primer juga bertambah. Misalnya orang yang sehari-harinya bekerja dengan menggunakan sepeda motor seperti tukang ojek, maka sepeda motor tersebut bisa menjadi kebutuhan primer.

Namun jika kebutuhan tersebut masih belum terlalu penting dan bisa digantikan dengan yang lain, berarti kebutuhan tersebut tidak termasuk kebutuhan primer, melainkan kebutuhan sekunder atau kebutuhan kedua.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.