Site icon Juragan Cipir

Kagum Kepada Para Web Designer Indonesia

Apa kabar sahabat blog juragan cipir tercinta dan semua pengguna dunia maya pada umumnya. Ini merupakan artikel curhatan saja setelah lama saya gak nulis artikel. Baru tergerak menulis lagi setelah melihat blog JC in trouble dan berterima kasih banyak kepada Tim IdCloudHost yang telah bekerja keras membantu mengembalikan blog JC dari kehilangan data.

Sayangnya saya tidak memiliki backup terbaru ketika database mengalami kerusakan, namun beruntung mas Ryo Ardian dkk dari IdCloudHost masih menyimpan backup blog JC di tahun 2015 silam. Sehingga backup lama itu pun bisa direstore lagi meski tampilan blog berantakan, seperti tahun 2015 silam. Namun beruntungnya artikel terbaru hingga 2022 masih bisa dipulihkan lagi meski nama penulisnya banyak yg hilang..

Beberapa artikel kehilangan penulisnya dan saya masih mencari cara untuk mengembalikan nama si penulis tersebut. Fitur gambar andalan di wp-admin juga tidak berfungsi dan masih cari cara juga. Karena ilmu blogger yang pernah saya miliki sudah lupa semua 😀

Saya berencana mengganti desain web blog JC agar sahabat semua tidak bosan, namun pelan-pelan sambil berjalan aja yaa 😀  Beberapa hari terakhir saya browsing dan berkonsultasi dengan beberapa web designer Indonesia. Nampaknya blog JC perlu berpindah CMS agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para member nantinya.

Saat ini fitur register bagi member baru masih ditutup di blog ini. Nantinya akan dibuka lagi jika website sudah benar-benar siap agar para sahabat member juragan cipir betah berlama-lama dan beraktivitas di blog ini. Namun bagi member lama tetap bisa login dan menulis artikel maupun membuat thread di forum blog ini.

Oya, kembali ke judul. Saya sangat salut dengan para web designer muda Indonesia yang ternyata begitu profesional, tidak kalah dengan mereka di luar negeri. Pokoknya hebat deh. Saya katakan hebat karena saya sendiri tidak bisa, dan saya mengintip karya-karyanya yang ternyata harganya mahal,.Dari sini saya tahu bahwa keahlian membuat desain web itu tidaklah mudah dan merupakan skill yang langka.. Sehingga pantas saja mereka mematok harga yang tidak bisa dibilang murah karena disesuaikan dengan kelangkaan serta profesionalitas yang mereka miliki.

Mungkin tidak banyak teman-teman yang tahu berapa biaya web desain yang digunakan oleh situs-situs besar seperti kaskus, detik com, facebook, dll. Bisa jadi mencapai ratusan juta atau bahkan milyaran karena dilengkapi dengan serangkaian sistem keamanan mutakhir agar mampu bertahan dari serangan robot-robot perusak yang berusaha menerobos masuk setiap detiknya..

Sekian dulu teman-teman, semoga sukses segala apa yang anda usahakan. Terima kasih.

Exit mobile version