Jenis-Jenis Mesin Jahit Yang Perlu Anda Ketahui

Kebutuhan masyarakat akan pakaian-pakaian yang berkualitas hanya bisa tercapai jika mesin jahit konveksi yang dipergunakan oleh pabrik garment memiliki standarisasi yang baik. Dulunya mesin jahit tradisional bahkan sangat umum ditemukan di rumah-rumah tetapi semakin modern zaman, kita sudah jarang melihat ada mesin jahit yang bertengger di dalam rumah.

Apa sebabnya? Mungkin karena zaman yang sudah semakin praktis membuat orang lebih suka untuk mengeluarkan biaya jahit kepada tukang jahit daripada harus menjahit pakaiannya yang rusak.

mesin-jahit

Bagi Ibu Rumah Tangga, mesin jahit memang bukan lagi kebutuhan yang harus dipenuhi seperti zaman dulu. Namun bagi para penjahit profesional, mesin ini adalah salah satu bekal dari mata pencaharian mereka. Bagi anda yang tidak pernah masuk atau belum pernah bekerja di perusahaan garment, mungkin anda hanya akan mengenal dua jenis mesin jahit.

Yaitu mesin jahit tradisional dan mesin jahit High Speed. Padahal sebenarnya ada beberapa jenis mesin jahit yang sering digunakan para penjahit profesional dalam mengerjakan pekerjaannya.

Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Mesin Lubang Kancing

Lubang Kancing dan Kancing adalah hal tidak mungkin ketinggalan dalam dunia konveksi atau garment. Pakaian seperti kemeja dan t-shirt selalu menggunakan kancing sebagai aksesorisnya. Tentu anda akan kebingungan memasang kancing dengan benar kalau tidak memiliki mesinnya. Nah, mesin lubang kancing yang akan membantu anda untuk membuat lubang kancing di tempat yang tepat. Pada beberapa tipe mesin ini, malah anda tidak hanya bisa membuat lubang kancing tapi sekaligus memasang kancingnya.

  1. Mesin Jahit Automatic

Mesin Jahit Automatic adalah mesin jahit generasi ketiga setelah mesin jahit tradisional dan mesin jahit high speed. Mesin jahit automatic sudah menggunakan sistem digital dalam pengerjaannya. Layar monitor disediakan kepada operator untuk melakukan penyetelan dari tahap awal sampai akhir penjahitan. Tentu saja mesin jahit automatic semakin mempermudah pekerjaan para penjahit. Mesin ini sudah mampu untuk memotong benang secara otomatis, mengikat jahitan di bagian awal dan akhir bahkan mampu mengatur pada langkah ke berapa jahitan akan berhenti.

  1. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

Jika anda ingin mengerjakan teknik penjahitan yang tingkatannya lebih rumit seperti baris jahitan rantai maka mesin jahit dari tipe ini adalah yang paling cocok untuk anda gunakan. Mesin jahit dengan tipe ini biasanya digunakan untuk menjahit bedcover, pakaian dalam, material kulit, dan jahitan dekoratif lainnya.

  1. Mesin Jahit Obras

Sama halnya dengan mesin jahit pada nomor 3, mesin jahit obras digunakan untuk mengerjakan proses penjahitan dengan teknik-teknik khusus seperti overlocking dan overedging. Mesin ini mampu memberikan hasil yang sangat baik dan rapih pada bahan jahitan anda.

  1. Mesin Jahit Overdeck

Mesin jahit ini bisa digunakan untuk teknik jahitan tingkat dasar dan tingkat lanjut. Mesin ini walaupun bisa digunakan untuk menjahit bahan dasar kaos juga bisa digunakan untuk menjahit retsleting nilon yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Mesin jahit tipe ini memiliki kelebihan karena mampu meredam kebisingan yang dihasilkan pada saat proses penjahitan berlangsung. Namun demikian mesin jahit ini harus anda rawat dengan servis khusus.

Jangan lupa baca jugaย Apa Yang Dimaksud Buku Warna Pantone?

Bagikan:
15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.