JEMBLEM ADALAH

Gambar Kue Jemblem, Foto: tantioesmanadi.wordpress.com

Jemblem adalah nama sebuah makanan gorengan berwarna kecoklatan yang terbuat dari singkong berbentuk bulat sebesar telur ayam dan di dalamnya berisi gula merah. Jemblem merupakan salah satu dari kue jajan pasar yang banyak ditemui di pasar maupun di warung-warung di daerah Jawa.

Jemblem dibuat dari adonan singkong basah yang diparut atau digiling halus lalu dibentuk bundar seperti telur ayam dan di dalamnya diisi gula merah, lalu digoreng dengan minyak yang banyak. Setelah berwarna kecoklatan lalu diangkat dan siap untuk dihidangkan.

READ  ABRASI ADALAH

Jemblem merupakan makanan yang murah meriah, namun enak rasanya dan membuat perut cepat kenyang karena kandungan karbohidrat yang tinggi dari singkong serta kadar glukosa yang tinggi dari gula merah. Seorang dewasa bisa kenyang dari makan dua butir jemblem dan cukup untuk mengusir lapar hingga tengah hari.

Tidak sedikit orang jawa yang masih menggunakan kebiasaan makan seperti orang jawa kuno, yaitu makan nasi dua kali dalam sehari. Sehingga biasanya jemblem ditemani secangkir kopi mendapat tugas untuk mengganjal perut mulai pagi hari hingga menjelang tengah hari waktu makan siang.

READ  TEMPE ADALAH

Dalam dialek keseharian masyarakat jawa, seseorang yang memiliki pipi besar akan disebut “njemblem”, artinya pipinya montok seperti kue jemblem.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *