Jembatan Kaca Paling Keren dan Pertama di Dunia di China

Jembatan kaca Brave Man’s Bridge. Jembatan biasanya beralaskan beton yang kuat sekaligus bisa menutupi mata pengguna jalan sehingga tidak melihat curamnya jurang di bawah. Namun hal itu tidak berlaku di China saat ini. Sebuah jembatan kaca yang bernama “Brave Man’s Bridge” sepanjang 180 meter yang berada di wilayah Provinsi Hunan, China, kini resmi dibuka. Di jembatan kaca ini, anda bisa melihat curamnya jurang di bawah yang bisa jadi anda akan berjalan merangkak jika tidak terbiasa berada di ketinggian.

Haohan Qiao, demikian nama jembatan tersebut dalam bahasa China, merupakan jembatan terbaru dalam serangkaian atraksi lantai kaca setebal 24 milimeter dan merupakan jembatan kaca pertama di dunia.

jembatan-kaca-di-cina
Jembatan Keren, uji adrenalinmu disini. Setiap panel kaca mempunyai ketebalan 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat daripada kaca biasa. Foto: Kompas.com

Seperti dilansir situs kompas.com melalui China News Service, jembatan kaca ini dioperasikan bertepatan dengan Golden Week, yakni pekan pariwisata di Cina. Golden Week dimulai pada tanggal 1 Oktober 2015 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan China.

Walaupun penampilannya cukup menantang adrenalin karena tampak menakutkan, desainernya mengatakan bahwa jembatan di Shiniuzhai National Geological Park ini benar-benar kuat dan aman. Setiap panel kaca memiliki ketebalan 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat daripada kaca biasa.

“Jembatan yang dibangun ini akan berdiri teguh bahkan jika wisatawan melompat di atasnya,” ujar seorang pekerja yang terlibat dalam pembangunan jembatan kaca ini kepada China News Service.

Kerangka baja yang digunakan sebagai pendukung dan membalut jembatan kaca juga sangat kuat dan kokoh. Pekerja meyakinkan, bahkan jika kaca tersebut pecah, wisatawan tetap tidak akan bisa jatuh.

Haohan Qiao pada awalnya merupakan jembatan kayu sebelum pengelola taman menggantinya sebagian kecil dengan kaca di tahun 2014 lalu. Pengelola kemudian memutuskan untuk meningkatkan sensasi dengan merenovasi seluruh jembatan layang ini pada awal tahun 2015. Jembatan gantung kaca ini akhirnya menjadi jembatan kaca yang pertama di China dan juga pertama di dunia.

Hunan juga berencana membuka jembatan kaca lainnya akhir tahun ini di daerah Zhangjiajie Grand Canyon yang terletak sekitar 300 kilometer (186 mil) di sebelah barat laut Shiniuzhai. Jika selesai nanti, struktur Zhangjiajie akan menjadi jembatan kaca tertinggi dan terpanjang di duniadengan panjang 430 meter dan tinggi 300 meter. Kapan ya ada jembatan kaca gantung di Indonesia? 🙂 (Kompas.com)

Jangan lupa simak juga Gerhana Bulan Darah (Blood Moon – Supermoon) Memukau Ilmuwan Langit.

Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.