Jalan-jalan Sore Hari di Dam Karangkates

Dam Karangkates atau juga disebut bendungan sutami atau waduk Ir. sutami adalah bendungan pembangkit tenaga listrik yang terletak di Malang, Jawa Timur, yang membentang dari utara ke selatan sepanjang 800 meter untuk menahan air sungai brantas. Masyarakat setempat menyebutnya “Dam”. Selain berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, waduk ini juga berfungsi sebagai jalan pintas serta tempat wisata bagi warga setempat.

Pada sore hari, dam ini sering dijadikan tempat refreshing atau rekreasi murah meriah bagi warga sekitar. Mereka berjejer di tepi barat dan timur pagar dam dan saya sendiri terkadang juga ikutan nongkrong disitu menikmati pemandangan alam.

Tempat ini paling sering digunakan oleh anak-anak muda untuk cangkrukan pada sore hari, beberapa di antaranya berpesta memotret. Mereka duduk-duduk di pagar dam sambil menikmati keindahan permukaan air di danau waduk dan juga melihat kendaraan yang lalu lalang di atas dam.

Hari yang paling ramai adalah jika pada bulan ramadhan, dimana semua warga beramai-ramai menunggu sore menanti berbuka puasa di sepanjang dam. Pada bulan puasa, tempat ini dipenuhi oleh manusia pada sore hari.

Air danau merupakan obyek utama yang menarik perhatian pengunjung. Bahkan jika air danau sedang pasang pengunjung bukan hanya dari warga sekitar saja, tetapi wisatawan dari luar daerah juga berdatangan untuk menyaksikan air danau sungai brantas di karangkates.

Air danau disini merupakan akhir dari sungai brantas yang berhulu di sebelah utara Gunung Arjuno di daerah Malang Utara, lalu mereka mengalir ke arah timur kemudian memutar ke selatan dan lalu ke arah barat, melingkari gunung arjuno, dan akhirnya berakhir di dam Karangkates. Selain itu, air danau disini juga ditambahi oleh air hujan.

Namun saya sendiri lebih suka pergi ke Dam Lahor yang berada di sebelah utara, tepatnya di utara Karangkates. Disana saya bisa makan ikan bakar atau makan tahu petis lalap lombok hijau. Baca juga Menikmati Ikan Bakar di Dam Lahor Karangkates.

Selain ikan bakar, di dam lahor ini lebih banyak terdapat aneka warung makanan. Anda bisa menikmati rujak cingur maupun mencicipi sate bekicot yang gurih rasanya. Anda juga bisa makan bakso urat sapi isi telor serta tahu petis gembos khas karangkates.

Namun di dam karangkates yang terletak di selatan, warung makanan tidak sebanyak disini. Tetapi di sana juga ada deretan warung makanan yang tak kalah ramainya, hanya saja disana tidak ada ikan bakar. Baca juga Makan Bakso Heppy di Selatan Bendungan Sutami Karangkates.

Di selatan dam karangkates atau bendungan sutami, saya biasanya makan bakso dan minum es degan di warung lesehan di Tunas Kelapa yang merupakan kawasan hutan lindung. Disini tidak ada rumah penduduk karena ini merupakan wilayah hutan penghijauan. Oleh karena itu warung-warung disini dijadikan sebagai tempat bersantai paling menyenangkan oleh warga sekitar.

^^ Jangan lupa baca juga Mencari Uang Online Sambil Berwisata di Pantai Balekambang.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.