Inilah Senjata Ampuh Buat Ngeblog Gratis

Senjata ampuh buat ngeblog disini bukanlah tentang bagaimana cara optimasi SEO atau mencari trafik blog lo ya. Namun bagaimana caranya biar bisa ngeblog dan update artikel tiap hari tanpa bingung harus pergi kewarnet, pinjam laptop, atau cari koneksi internet biar bisa menulis artikel. Bagi sebagian orang mungkin hal ini bukanlah hal yang sulit, terutama yang tinggal di daerah perkotaan atau sudah terdapat fasilitas ngenet dengan mudah. Akan tetapi bagaimana jika laptop nggak punya, uang pas-pasan, warnet sangat jauh, jaringan Internet seluler juga belum ada dan kalaupun ada cuma edge. Haduh bagaimana bisa ngeblog lawong senjatanya aja nggak ada. Itulah mengapa pada kesempatan kali ini saya akan berbagi senjata, eh maksudnya tips buat yang mengalami hal diatas.

Berhubung saya tidak membuat blog dengan tema ngeblog, jadinya nulis artikelnya disini aja ya Mbak Juragan Indri. Oke langsung saja berikut adalah senjatanya:

Hal pertama adalah harus ada laptop/ PC. Kalau sudah punya laptop/PC sendiri tentu bukan menjadi masalah, tapi kalau belum punya gimana coba, apa harus minjam laptop teman atau harus sering-sering pergi kewarnet buat update artikel, kan butuh banyak biaya kan!. Untuk menanggulangi hal tersebut ada beberapa tips berikut kalau kita belum bisa membelinya

Cari Lowongan Kerja jadi TU/ Operator Sekolah

Lalu bilang sama pak Kepalanya kalau belum punya laptop/ PC pribadi. Nah biasanya TU itu dipegangi laptop sendiri, hal ini karena banyaknya update data online yang lumayan rumit harus dikerjakan dirumah, Seperti data EMIS, Padamu Negeri, DAPODIK dan lain sebagainya, jadi nggak cukup waktunya kalau dikerjakan disekolah. Dengan begitu kita punya fasilitas laptop buat pribadi (meski cuma minjem hehe).

Cari Kerja Jadi Penjaga Warnet

Kalau kerja diwarnet sudah pasti berkaitan sama ngenetkan, nah dengan begitu kita bisa ngenet gratis tiap hari, lawong kerjaannya cuma nungguin user online sama ngitung total yang harus dibayar user, Jadinya setiap hari pasti bisa online gratis tanpa bayar, ya kan

Jadi Sales Laptop Bekas

Nah kalau yang satu ini kita akan punya banyak pilihan laptop, bahkan dalam satu hari mungkin anda bisa gonta ganti jenis dan merk laptop. Apa nggak keren itu namanya, hehe. Mengenai caranya silahkan dipikir sendiri ya, masak jadi sales minta diajarin.

Dan lain sebagainya

Kemudian timbul permasalahan bagi yang sudah ada laptop tapi belum terkoneksi dengan internet. Bagaimana bisa ngeblog kalau belum ada koneksi internet di laptopnya, kalau jadi penjaga warnet sih aman-aman saja. La kalau poin 1 dan 3 tadi tentu masih bingung cara ngenetnya. Untuk itu kita butuh modem atau berlangganan ke penyedia layanan internet. Hanya saja untuk berlangganan atau beli modem+ SIMCARD tentu butuh biaya, makanya berikut tipsnya:

Kalau jadi TU/Operator Sekolah, minta sama Kepalanya kalau update data harus online dirumah, sebab yang diupdate lumayan buanyak dan berikan saran untuk membeli modem, selanjutnya urusan beres.

Kalau Jadi Sales, tinggal cari keuntungan penjulannya ditabung buat beli modem, biasanya penjual laptop bekas banyak untungnya lo. Apalagi yang pandai bersilat lidah 🙂

Nah akhirnya sekarang sudah punya laptop sama modem, Sekarang timbul masalah lagi yaitu kuota internet yang tentu juga butuh biaya. Apalagi untuk ngeblog tiap hari kuota 2GB saja mungkin masih kurang. Bagi yang Jadi Sales mungkin masih bisa cari dana sana-sini buat beli kuota. Tapi kalau jadi OP Sekolah jadi bingungkan. Untuk itu berikut tipsnya:

Minta Sama Pak BOS

Biasanya sama Pak Kepala masalah kuota tidak dipermasalahkan, paling yang jadi masalah kalau kerja belum diselesaikan saja kan. Untuk itu sering-sering saja minta belikan kuota hehe.

Pakai Trik Internet Gratis

Untuk trik internet gratis yang paling terkenal saat ini adalah SSH Tunnel atau biasa disebut internet SSH. Dengan begitu kita bisa internetan via SC seluler tanpa terkena pulsa atau kuota. Namun ada triknya ya. Yang jelas harus ada alat tempur untuk melakukannya. Soalnya ini juga yang sering saya pakai hehe.

Setelah bisa ngenet akhirnya timbul masalah lagi, yaitu jaringan dirumah masih GPRS/ EDGE, jadi belum ada 3G/4G/HSPA dan Wifi Juga nggak ada. Untuk mengatasinya kita bisa coba dengan membuat antena agar bisa mendapatkan jaringan 3G. Mengenai caranya silahkan baca mengenai cara bikin sendiri antena penguat sinyal modem.

Akhirnya sekarang bisa ngeblog gratis dan update artikel tiap hari. Namun ada masalah lagi nih apa tema blog yang pas buat ditulis. Untuk hal ini sebaiknya disesuaikan dengan minat dan bakat kita masing-masing. Karena seiring berjalannya waktu tentu kita akan lebih paham dan mengerti tentang tema yang pas dan sesuai.

Sekarang sudah punya blog sudah ada tema, akhirnya timbul masalah yang lain yaitu, gimana cara nulis artikelnya?,  Cara nulis yang benar seperti apa? Harus dimulai dari mana? Dan sebagainya.. Mengenai hal ini berikut tipsnya:
Tanya saja sama Mbak Indri Lidyawati (Admin Blog Juragan Cipir) Semoga semua masalah bisa teratasi. Selanjutnya setelah punya blog dan bisa menghasilkan uang maka kedepannya silahkan tentukan sendiri, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.