Inilah Roma-Nya Kota Malang

Belanja tidak harus di mall-mall mewah atau pasar-pasar besar, tidak harus barang mewah nan mahal, tidak harus baru, barang second yang kita beli di pinggir jalanpun juga dinamakan belanja bukan?. Umumnya barang yang dijual second di pinggir jalan ataupun di tempat-tempat tertentu berupa pakaian bekas, sandal bekas, perabot rumah second, hp dan barang elektronik lainnya.

roma-kota-malang-1
image by: warnausahabisnis.blogspot.co.id

Ngomong masalah hp second, di kota Malang sendiri ada tempat yang khusus menjual barang-barang second seperti hp second dengan harga sangat terjangkau, tergantung sebagaimana bisa Anda menawar. Tempat itu bernama Roma atau Rombeng malam atau Rombengan Malam begitu nama populernya.  Jangan salah, ini bukan Roma di Italia, ini adalah roma di kota Malang.

Tempat ini juga disebut pasar dadakan karena hanya akan dijumpai malam hari saja. Roma cukup dikenal warga malang yang suka mengoleksi barang-barang second berkualitas. Para pedagang berjualan di depan toko-toko yang sudah tutup.

Pasar yang berada di jalan Gatot Subroto ini menjual beragam barang second seperti hp second, pakaian, sepatu, dll. Namun yang paling sering diburu biasanya adalah hp second. Biasanya para pedagang mulai menggelar barang dagangannya mulai pukul 20.00 sampai tengah malam, bahkan ada juga yang sampai subuh.

roma-kota-malang-2
image by: warnausahabisnis.blogspot.co.id

Roma yang namanya cukup populer khususnya bagi warga Malang ini, ternyata banyak yang menjuluki rombengan maling atau pasar maling. Banyak yang beranggapan jika tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk menjual “barang colongan”. Tak sedikit mereka yang kehilangan hp larinya pasti ke Roma, sambil melihat-lihat berharap menemukan hp mereka yang hilang.

Padahal kenyataannya tak seperti itu, salah satu pedagang mengatakan jika barang dagangannya yaitu hp diperoleh dengan jujur, yaitu dengan cara “kulakan”. Mereka juga mengatakan jika barangnya itu ada dusbooknya, jika barang itu curian tidak mungkin ada dusbooknya.

Namun ada juga salah satu pembeli yang mengatakan bahwa nomor IMEI di hp dan dusbook tidak sama. Mungkin itulah mengapa banyak yang menganggap Roma adalah pasar maling. Lepas dari anggapan itu, semoga saja barang-barang yang dijual adalah barang halal, jadi tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.

Perlu diketahui bahwa Anda juga bisa mendapatkan barang-barang original yang second dengan harga miring. Seperti halnya di poncol Jakarta, disini Anda juga harus pintar-pintar menawar. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan barang second berkualitas.

Barang barang di Roma tergolong barang yang murah karena pasar ini bukan pasar resmi, jadi tidak ada pajak di dalamnya. Namun jangan heran, karena pasar “Roma” ini hanya menggelar karpet seadanya dan tanpa peneduh. So, jika ingin berjalan-jalan ke Roma-nya Malang, silahkan datang ke Jl. Gatot Subroto, Malang.

Sumber: Berjalan-Jalan Ke Roma Di Kota Malang.

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.