Inilah Daftar Alasan Customer Melakukan Cancel Order

Senangnya saat mengetahui pengunjung toko online bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini menunjukkan semakin bertambahnya orang yang mengenal toko online kita. Tak percuma rasanya setiap hari menghabiskan waktu untuk promosi.

cancel-order

Tapi… tunggu dulu!

Kenapa omset masih segini-gini saja? Pengunjung sudah banyak, kok cuma sedikit yang akhirnya berbelanja. Apanya yang salah?

Daripada sibuk mengira-ngira bagian mana yang salah, langsung saja baca hasil eCommerce Survey 2014 Visual Website Optimizer yang dilansir oleh Blog Kissmetrics tentang alasan customer membiarkan keranjang belanjanya begitu saja tanpa pembayaran atau cancel order.

alasan-cancel-order

Dari hasil survey tersebut, akhirnya diketahui alasan customer melakukan cancel order yaitu:

  • Jumlah ongkir di luar prediksi customer (28%)
  • Customer harus membuat akun pengguna lebih dahulu (23%)
  • Ternyata customer hanya melihat-lihat (16%)
  • Customer menguatirkan tentang keamanan pembayaran (13%)
  • Fitur ceckout yang membingungkan (12%)
  • Tidak menemukan kode kupon atau voucher (8%)

Kali ini yang akan kita bahas adalah 2 poin utama dari alasan cancel order di atas yaitu jumlah ongkir di luar prediksi dan keharusan membuat akun pengguna.

  • Jumlah ongkir di luar prediksi customer

Yang sudah akrab dengan belanja online pasti tahu bahwa belanja di toko online tidak terlepas dari yang namanya ongkos kirim alias ongkir. Betul kan?

Namun, masih saja ada customer yang kaget dengan ongkos kirim yang harus dibayar (walaupun sudah sering belanja online). Bisa jadi, mereka tidak membaca lokasi asal pengiriman, berat barang atau faktor lainnya. Dan seperti yang dapat kita tebak, ujung-ujungnya berakhir dengan cancel order.

Lalu, sebagai seller online, apa langkah yang harus dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi?

Pertama. Jangan pernah lupa untuk selalu menulis lokasi toko online Anda. Lokasi toko online dibutuhkan oleh customer untuk memperkirakan ongkir yang harus dibayar. Jika memungkinkan, lengkapi website toko online dengan fitur ongkir otomatis sehingga customer langsung tahu berapa total belanjaan yang harus mereka bayar.

customer-cancel-order

Lihat gambar di atas. Customer dapat mengetahui ongkir secara jelas karena adanya fitur ongkir otomatis. Dengan begitu mereka sudah tahu dari awal mengenai detail belanjaan sehingga tidak ada cancel order akibat efek kaget dengan jumlah ongkir yang harus dibayar di detik-detik terakhir check out.

Bagi toko online yang memberlakukan gratis ongkir, seperti yang ditawarkan oleh 62HALL, hal semacam ini tidak perlu dipusingkan lagi. YES!

gratis-ongkir
GRATIS ONGKIR dari 62HALL
  • Harus membuat akun pengguna

Ini adalah alasan kedua (sebesar 23%) yang dapat memicu customer melakukan cancel order saat berbelanja online (termasuk alasan saya juga). Jujur saja, saya malas jika saat berbelanja harus membuat akun terlebih dahulu, karena saya cuma menginginkan barangnya. Jika ada yang bisa berbelanja langsung tanpa perlu ribet membuat akun, kenapa tidak?

Solusinya adalah dengan membuat check out tamu! Contohnya seperti gambar di bawah ini:

pelanggan-cancel-order

Terdapat dua pilihan cara untuk berbelanja bagi customer yaitu dengan check out sebagai tamu dan member. Selebihnya serahkan saja kepada pengunjung untuk memilih yang mereka sukai. Dengan cara ini, diharapkan cancel order dari customer dapat menurun jumlahnya.

Tak sabar ingin mempraktekkannya kan? Semoga bermanfaat! Jangan lupa simak juga Saya Kasih Bocoran, Cara Menjual Produk Kurang Laku, Cobain!

Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.