Ini Lho Dampak Buruk Dari Musim Kemarau Yang Sering Menimpa Sekitar Kita

Kita sudah memasuki musim kemarau, musim yang selalu terjadi pada setiap tahunnya ditanah air kita. Pada Musim kemarau udara pada siang hari menjadi sangat panas sehingga banyak menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh kita.

Selain udara panas permukaan tanah menjadi kering, yang menyebabkan debu berterbangan kemana – mana.Kalau kita tidak mengunakan masker pada saat berkendaraan bermotor biasanya akan mudah terkena penyakit infeksi saluran pernapasan.

gangguan-kesehatan

Beberapa Dampak buruk musim kemarau :

1. Gangguan Kesehatan

Pada musim kemarau kelembaban permukaan tanah berkurang sehingga menyebabkan debu – debu halus berterbangan.Debu ini akan membawa berbagai macam bibit penyakit yang akan terhirup oleh kita.

Beberapa penyakit yang bisa terkena oleh kita karena debu musim kemarau seperti : Batuk, Diare, Flu, sakit mata dan lainnya.Untuk mengatasi ini kita perlu membawa masker pada saat akan berpergian dan segeralah berobat jika sudah terkena penyakit tersebut. Simak juga 5 Cara Penting Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Kerja.

2. Kebakaran Hutan

Hal ini sering terjadi apalagi di daerah yang memiliki hutan yang bertanah gambut yang luas, Kebakaran pada tanah gambut amatlah sulit untuk dipadamkan karena sisa – sisa api masih menempel digambut.Perlu mengunakan metode khusus agar apinya mudah padam.

Kebakaran juga sering terjadi disekitar jalan raya atau jalan kereta api didaerah yang penuh hutan.Hal ini biasanya terjadi karena para perokok yang lewat sering membuang rokok sembarangan, oleh angin akhirnya api itu membesar.Apalagi ditambah dengan daun – daun kering maka api itu cepat sekali meluas.

3. Air Kering

Untuk beberapa daerah yang jauh dari aliran sungai, musim kemarau mungkin menjadi bulan yang menyedihkan.Betapa tidak musim kemarau berdampak pada keringnya mata air sumur, sehingga memaksa mereka untuk membeli air pada musim kemarau.

Pada musim kemarau juga berdampak pada Volume air sungai yang mengecil sehingga bagi masyarakat yang mengambil air disungai memiliki dampak buruk juga.Air sungai pada musim kemarau sering banyak sekali lumut dan sampah yang menjadi penyebab berbagai gangguan kesehatan.

4. Suhu Udara Menjadi Lebih Panas

Pada Musim kemarau suhu udara menjadi lebih panas,hal ini bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan juga, seperti demam.Nah untuk mengatasi hal ini sebaiknya kita tidak berpergian untuk hal yang tidak penting.Kalau pun kita harus keluar rumah hendaknya menggunakan pelindung tubuh.

Demikianlah artikel singkat ini semoga bisa menjadi bahan pengetahuan buat kita bersama, lebih dan kurang saya mohon maaf. Jangan lupa ketahui juga Pelangi Berbentuk Setengah Lingkaran, Kenapa Tidak Berbentuk Segi Empat?

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.