Ini Ceritaku, Apa Ceritamu?

Halo juragan …ketemu lagi dengan saya …penulis tamu juragan cipir.  Kali ini saya  ingin flash back dan bercerita sedikit mengenai pengalaman hidup saya . Yup setiap orang pasti punya pengalaman , entah pengalaman hidup yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan .

Dan setiap orang pasti mengalami hal itu karena sudah sifat dunia yang menjadikan sesuatu itu berpasang pasangan . Lagi pula kalau pengalaman hidup kita hanya menyenangkan , gak seru kan ? apalagi kalau melulu menyedihkan .. oh My GOD .. 😀

11.hotel-2Bhorison

Bagi saya hidup adalah suatu keajaiban .  Karena kita tidak pernah bisa menebak kemana hidup kita ini akan dibawa oleh Allah .  Kita hanya bisa memposisikan diri  dan menjalani takdir kita sebaik mungkin . Simak juga Menemukan Passion Dalam Hidup Kita.

Cerita dimulai sewaktu saya smp .. kebetulan waktu itu saya smp di Jakarta , dimasa liburan pasti saya pergi ke jogja . Tujuannya untuk apa ? bukan untuk mengunjungi tempat wisata  ,tapi hanya menghabiskan masa liburan di gudang . Lho kok gudang ? Yup  setiap toko  buku pasti mempunyai gudang . Dan kebetulan waktu itu saya mempunyai tante yang mengepalai sebuah toko buku besar cabang jogja .  Apa yang saya baca ? tentu saja banyak macamnya ,dari mulai cerita fiksi  Agatha christie , Alfred hitchook , Goosebumps  dll , sampai buku buku biografi , ilmu pengetahuan alam dll .

Saya memang dijuluki kutu buku ,  dulu anak anak seusia saya uangnya habis untuk beli pakaian ataupun buat makan makan , tapi saya habis untuk membeli buku .  Dan kebetulan hal itu ditunjang oleh alm orangtua saya yang waktu itu menyediakan suatu ruang untul perpustakaan keluarga . Ada 3 lemari penuh dengan buku .  Lengkap deh .

Bagi saya buku adalah jendela dunia  kalau sekarang posisi buku mulai tergeser dengan mbah google sebagai jendela dunia 😀

Sewaktu saya smu ,saya pindah kejogja   . Karena begitu prinsip ortu bila lepas smp , harus pindah ke Jogjakarta  ,tinggal bersama kakek dan nenek dan belajar hidup mandiri .  Saya masih dengan kebiasaan membaca buku …

Seiring berjalannya waktu ,  lepas smu ,saya kemudian kuliah di Jakarta dan meraih gelar sarjana .  Takdir yang kemudian mendekatkan saya dengan seorang penulis scenario , kemudian saya bekerja kepada beliau sebagai asisten penulis scenario .

Kali ini saya bukan hanya membaca buku , tapi lebih khusus lagi , saya disediakan scenario scenario karya penulis skrenario dalam negri macam Teguh karya , arswendo sampai  karya penulis luar negri seperti stephen spielberg dll. Dan saya disediakan home theatre untuk menonton dvd .  enak bukan ?

Tugas saya hanya membuat suatu synopsis serta scene plot  , untuk diserahkan kepada penulis scenario itu .

Sempat bekerja beberapa tahun dan saya bisa membeli apa yang saya inginkan . Saya mengalami kehampaan hidup . Saya pun mengundurkan diri dari profesi sebagai asisten penulis scenario walaupun saat itu ada produser yang sudah tertarik dengan saya dan ingin mengontrak saya untuk menulis scenario .  Waktu itu penawarannya satu episode ( 40menit tayang)  saya dibayar 2 juta . Tapi sekali lagi … bagi saya uang adalah penting ,tapi bukan segalanya ….

Mulailah saya bersiap untuk melakukan perjalanan sebagai musafir , berkeliling pulau jawa .  Saya lepaskan apa yang saya punya untuk melakukan mission imposible ..  Mengapa saya melakukan itu ? Bukankah enak udah punya pekerjaan dengan gaji besar ? Terus apalagi yang dicari ?  Ya betul . apalagi yang kita cari setelah kita punya segalanya selain mencari jati diri ,siapa sebenarnya kita ini ?

Itu yang saya cari .. Perjalanan sebagai musafir ,perjalanan mencari jati diri ….. dan serial perjalanan saya sebagai musafir sudah sering saya tulis di juragan cipir .

Saat ini saya menikmati hidup bersama istri  di satu desa kecil di wilayah kasihan bantul .  Mengajari anak anak kecil iqro dan tentang makna hidup serta mengajari mualaf mualaf bagaimana bisa ber islam secara baik . Memberi jasa konsultasi gratis kepada orang orang yang membutuhkan .

Terus buat makan dan kebutuhan sehari hari  apa ? alhamdulilah saya punya sawah dan ladang dan itu sudah lebih dari cukup bagi saya .

Terus ilmunya buat apa ?  ya kan sudah saya bagikan setahap demi setahap di juragan cipir serta dalam kehidupan nyata . Karena sampai saat ini saya tidak berniat untuk membuat blog komersil . Ntah suatu hari nanti , saya pun tak tau 😀

Walaupun juga pernah ada pembicaraan beberapa hari yang lalu  dengan seseorang yang meminta saya untuk menulis buku dan mau kasih saya modal  , tapi biarlah takdir yang menentukan jalan hidup saya .  alhamdulilah . Simak juga Tips Menjaring Ide Menulis.

Oke .. ini ceritaku , apa cerita pembaca ?

Bagikan:
2 Comments
    • Risman Aji Darmawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.