Ingin Tanaman Menjadi Sehat Tanpa Pupuk Kandang? Coba Cara Ini…

Biasanya dalam merawat tanaman kita lebih sering menyiram tanaman dari pada memberinya pupuk. Berbagai alasan diutarakan perihal keengganan memberikan ‘makanan’ pada tumbuhan tersebut. Salah satu penyebab terbesar mengapa seseorang enggan memberikan pupuk pada tanamannya adalah kejijikan mereka pada pupuk tersebut. Padahal Faktanya pupuk bukan hanya berasal dari produk akhir hewani, tapi juga bisa berasal dari tumbuh-tumbuhan.

 

merajang-daun-muda

Bagi Anda masuk dalam golongan di atas, yaitu: golongan orang yang merasa geli jika menyentuh pupuk untuk menyuburkan tanaman, Anda dapat mencoba cara ini di rumah. Dimana pupuk ini tidak terbuat dari produk akhir (kotoran) hewan, melainkan berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Berikut cara membuat tanaman menjadi sehat tanpa pupuk kandang atau pupuk buatan:

Pertama-tama ambil daun-daun muda dari tanaman apa saja (lebih baik daun yang berdaun lebar). Kemudian iris-iris daun tersebut. Lalu, ambil irisan yang telah dipotong tadi dan taruh di atas media tanam. Setelah itu, siram setiap hari.

Bagaimana gampang, bukan? Anda hanya perlu menyiapkan daun-daunan muda dari tanaman apa saja untuk dijadikan pupuk buat tanaman Anda.

 

tanaman-subur

Kemudian muncul pertanyaan, apakah daun-daunan muda tersebut dapat menyuburkan tanaman? Kalau dapat apa rasionalisasinya sampai daun-daunan muda tersebut dapat menyehatkan tanaman?

Jawabannya adalah daun-daun muda (pucuk) bisa menyuburkan tanaman. Mengapa? Karena daun-daun muda atau pucuk-pucuk daun muda terdapat hormon pertumbuhan yang bernama auksin. Nah, auksin inilah hormon yang berperan dalam merangsang terbentuknya nodus (bakal) akar dan daun.

Dengan pemberian daun-daun muda secara teratur, maka dalam seminggu akan terlihat hasilnya. Dimana perakaran akan berkembang, begitu juga dengan daun-daunnya. Tapi, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak atau sering memberikan pucuk daun-daun muda ini.

Seperti kita ketahui, sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Sama halnya dengan pemberian pupuk ini. Jika kita tetap ‘ngotot’ ingin memberikan banyak atau terlalu sering daun-daun muda ini maka akan menyebabkan akar yang terbentuk akan menjadi sangat banyak dan malah mengganggu media tanam, apalagi tanaman tersebut di taruh di dalam pot.

Lalu, bagaimana dengan takaran untuk memberikan pupuk daun-daun muda ini? Untuk ukuran pot biasa, cukuplah dengan segenggam tangan saja. Jangan lupa simak juga 5 Bahan Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak Anak Anda.

Bagikan:
14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.