Ingin Tahu Apakah Anda Menderita Kencing Manis? Begini Pemeriksaannya

Kencing manis atau disebut dengan diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang belum bisa disembuhkan sampai saat ini. penyakit kencing manis hanya bisa dikontrol gula darahnya agar tidak mengalami peningkatan.

Bagi anda yang memiliki atau ingin mengetahui adanya penyakit kencing manis ini dapat melakukan pemeriksaan gula darah baik difasilitas kesehatan maupun mengecek sendiri dirumah. Dimana pemeriksaan gula darah ini bertujuan untuk mengetahui anda terkena kencing manis atau tidak? dan untuk mengontrol gula darah anda, apakah masih tinggi atau malah justru turun.

pemeriksaan-kencing-manis

dalam pemeriksaan gula darah biasanya ada prosedur persiapan yang dilakukan kepada penderita. umumnya penderita yang baru pertama kali ingin mengetahui dia beresiko menderita diabetes melitus atau tidak dilakukan pemeriksaan gula darah sewaktu atau biasa disebut GDS. Apabila hasil GDSnya tinggi barulah biasanya diperiksakan gula darah puasa atau GDP dan pemeriksaan gula darah dua jam setelah makan atau disebut 2 jam PP.

Nilai normal gula darah sewaktu adalah 80 s/d 160 mg/dl, apabila gula darah melebihi ambang normal tersebut maka sebaiknya periksa gula darah puasa dan gula darah dua jam setelah makan. Bila pada pemeriksaan gula darah sewaktu penderita bebas memeriksakan gula darahnya maka pada pemeriksaan gula darah puasa dan dua jam setelah makan memerlukan persiapan.

Berikut beberapa persiapan sebelum pemeriksaan GDP dan 2 jam setelah makan:

  1. Penderita harus berpuasa mulai pukul 22.00 s/d pukul 08.00 (10 jam).
  2. Pukul 08.00 mengambil sampel darah untuk pemeriksaan gula darah puasa untuk diperiksa gula darah puasa dilaboratorium.
  3. Setelah diambil sampel darah diambil, penderita diminta untuk makan.
  4. Selesai makan penderita dianjurkan untuk puasa kembali selama dua jam.
  5. setelah puasa dua jam selesai ambil sampel darah untuk pemeriksaan dua jam setelah makan.
  6. Pasien boleh makan dan minum seperti biasa.

Biasanya pemeriksaan gula darah puasa dan dua jam setelah makan memerlukan waktu yang tidak terlalu lama. Adapun nilai gula darah puasa yang normal adalah 70 – 115 mg/dl sedangkan 2 jam setelah makan adalah 100 – 140 mg/dl. Apabila ada peningkatan pada pemeriksaan keduanya sebaiknya segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat.

Bagikan:
16 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.