Ingin Ban Mobil Anda Awet? Silakan Baca Beberapa Tips Berikut ini

Sebel banget kan jika ban mobil yang belum lama kita beli, sekarang terlihat sudah halus atau bahkan rusak? Sempat berpikir, apakah mungkin ban yang dibeli kemarin kurang bagus kwalitasnya?

Mungkin begitu. Tapi bisa juga bukan itu jawabannya.

Karena banyak sekali faktor yang menyebabkan usia ban menjadi lebih pendek dari seharusnya, misalkan karena beban pada kendaraan sudah melebihi kapasitas, cara mengemudi yang kurang tepat, kondisi jalan rusak, dan lain sebagainya.

ban-mobil

Untuk itu pada artikel kali ini saya ingin berbagi tips buat pembaca semua, mengenai cara ampuh dalam memperpanjang usia ban mobil kita. Silahkan disimak.

Agar ban mobil lebih awet dan tahan lama

Hindari rem spontan.

Ketika mengemudikan mobil usahakan jangan terlalu sering menginjak rem secara spontan dan akselerasi yang mendadak.

Periksa berkala.

Periksalah ban mobil Anda secara berkala, misalkansetiap satuminggusekali dan periksa juga tekanan angin pada ban mobil, berikan tekanan angin yang sesuai dengan jenis dan spesifikasi ban yang Anda gunakan. Tekanan angin ban ditulis pada bagian samping ban.

Sesuaikan beban atau muatan.

Jangan memaksakan beban yang berlebihan, karena hal itu dapat menyebabkan tekanan terhadap ban pada aspal. Ban jadi lebih tergigit sehingga akan memperpendek usia ban. Selain itu, konsumsi bahan bakar akan lebih boros pada beban yang berlebihan.

Periksa pada bagian bearing.

Ban akan mengalami aus pada sebagian sisi, apabila terjadi kerusakan pada bagian bearing. Hal ini menyebabkan bagian telapak ban menjadi tidak rata.

Sporing dan balacing.

Pengecekan ini penting khususnya pada ban mobil bagian depan, yang lebih sering mengalami aus disalah satu sisinya.

Parkir di tempat teduh.

Pilihlah tempat parkir yang teduh dan jauh dari teriknya sinar matahari, ini akan sangat baik untuk menjaga elasitas ban mobil anda.

Hindari jalan rusak.

Sebisa mungkin hindari melewati jalan rusak dan berlubang, hal ini akan sangat membantu memperpanjang usia ban.

Jangan ugal-ugalan.

Selain untuk menjaga usia ban, cara ini juga baik untuk menjaga umur anda. Karena dengan menjadi pengemudi yang sopan, baik, serta tidak ugal-ugalan. Anda telah menghargai pengemudi lain dan yang terpenting adalah Anda telah menghargai nyawa Anda sendiri.

Itulah tips memperpanjang usia ban, dengan perawatan dan pemakaian yang baik makan usia ban mobil Anda akan lebih lama dari seharusnya. Perjalanan berkendara Anda tentunya akan lebih aman dan nyaman dengan kondisi ban yang baik. Jangan lupa ketahui juga Tanda-Tanda Pada Oli Mesin Harus Segera Diganti, Simak Penjelasannya.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.