Heran! Habis Berapi-Api, Ditinggal Begitu Saja

Kalau lihat beberapa grup blog di facebook, apa yang anda pikirkan? Coba berikan satu kata tentang sebagian besar grup disana. Kalau saya, kata yang langsung sepintas terlewat sih SPAM. Kok gitu? Beginilah ceritanya.

Pada suatu hari, ada orang yang sedang bingung dengan blognya. Dia tidak tahu tentang edit mengedit template, sehingga mencoba menanyakannya di salah satu grup blogger di FB. Selang 5 menit ternyata sudah ada 3 komentar yang ada disana, Salah satunya adalah saya yang menanyakan ia sedang kesulitan dimana. Tapi, apa yang 2 lainnya? Ternyata mereka malah memberikan link ke blog mereka.

Jelas itu bukan jawaban atas keluhan sang TS (Thread Starter).  Dan saya pun juga mengeluhkan hal tersebut. Mengapa harus tidak disaat yang tepat? Bagaimana jika posisinya dibalik?

Orang-orang seperti diatas hanya memikirkan promosi blog mereka dan caranya juga tidak wajar. Mereka berapi-api melakukan spamming link dimanapun dan setelah dikunjungi, blog mereka pun sudah ramai iklannya. Mulai dari pop up, pop under, afilasi, referal, dll. Mereka terkesan gila-gilaan saat promosi dan monetasi blog.

Tapi apa yang terjadi 3 bulan kemudian? Mereka semua hilang! Spammer link pun namanya berganti. Saya benar-benar bingung dan heran, untuk apa mereka gila-gilaan di awal tapi pada akhirnya semuanya berakhir sia-sia?

Pengalaman pribadi saya, dari 35 blog yang saling follow dengan saya, hanya 1 yang masih aktif hingga meraih sukses, dan saya ingat dia bukanlah spammer link di grup tersebut dan blognya bersih dari iklan apapun hingga sekarang ia sudah memasang Google AdSense di blognya.

Yang saya ingin sampaikan disini adalah lakukan promosi dan kegiatan blogging sewajarnya. Tidak perlu tergesa-gesa dan nikmati masa-masa newbie, saya sendiri juga punya pengalaman kalau kegiatan blogging seperti yang saya sebutkan diatas memang tidak berguna. Karena sekali lagi, untuk apa berapi-api di awal lalu mati di akhir?

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.