vps murah

Home / Reportase

Senin, 16 Juni 2014 - 07:14 WIB

Hebat! Pertumbuhan Penduduk Indonesia Naik 100%, di Kota 500% Sejak Era 70-an

Halo juragan… Tanpa kita sadari ternyata pertumbuhan jumlah penduduk di negara kita membengkak 2 kali lipat sejak tahun 1970-an. Berdasarkan data tahun 2014, saat ini jumlah penduduk indonesia mencapai 253,60 juta jiwa. Wow! Sedangkan pada tahun 1971 tercatat masih 119,20 juta jiwa.

“Pertambahan penduduk tahun 1970 hingga sekarang tumbuh 2 kali lipat (100%) bahkan di kota perbandingan bisa capai 6 kali lipat (500%),” kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak saat membuka Jambore Sanitasi 2014 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Senin (16/06/2014).

Hermanto menerangkan bahwa kondisi pertumbuhan penduduk yang pesat ini menjadi masalah bagi pemerintah dalam penyediaan sistem sanitasi atau sistem pembuangan air limbah dan air bersih.

READ  Tahukah Anda Baju Apa Yang Paling Disukai Jokowi?
Foto: detik.com

“Bisa kita bayangkan bagaimana tekanan kebutuhan kita pada sarana sanitasi dan air bersih. Kalau kurang hasilnya apa, ya daerah kumuh. Padahal kita ingin masyarakat kita produktif,” cetus Hermanto.

Departemen Pekerjaan Umum (PU) mempunyai target bahwa seluruh rakyat Indonesia harus mendapatkan akses sanitasi dan air bersih pada tahun 2019 mendatang. Lebih lanjut Hermanto menjelaskan bahwa saat ini pemerintah terus melakukan upaya perbaikan serta penyediaan air bersih bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Pemerintah Indonesia menargetkan 100% rakyat Indonesia bisa mengakses air minum (bersih) dan sanitasi di tahun 2019. Tentunya ini pekerjaan yang tidak mudah,” kata

Hermanto menjelaskan sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) 2013, saat ini akses sanitasi yang layak baru mencapai 59,7% saja, sedangkan untuk akses air minum baru mencapai 67,7%.

READ  Pesawat Jet Pribadi Tercepat di Dunia - Gulfstream G650

Sementara itu target yang harus dicapai pemerintah sesuai Millenium Development Goals (MDGs) akses sanitasi masyarakat Indonesia pada tahun 2015 mencapai 62,41% dan air minum 68,87%.

“Artinya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses air minum dan sanitasi yang layak dan sehat,” tambahnya.

Pemerintah memiliki beberapa kendala dalam menyelesaikan masalah penyediaan sanitasi dan air minum bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah karena banyaknya warga yang tersebar dan tinggal di Pulau-pulau kecil. [courtesy finance.detik.com]

Baca juga: Hadiri Debat Capres Istri Jokowi Mulai Gunakan Jilbab.

Share :

Baca Juga

Reportase

Ditemukan Tanda Keberadaan Air di Planet Mars Oleh Nasa

Reportase

Keren! Petani Blitar Dikunjungi Menteri Pertanian di Tengah Sawah

Alam

Gerhana Bulan Darah (Blood Moon – Supermoon) Memukau Ilmuwan Langit

Blogger

Menaikkan Trafik Blog Dengan Komunitas Google+

Reportase

Matt Cutts: Website Berumur Lama Tak Selalu Menang Dalam Peringkat Saat Ini

Reportase

Pesawat Jet Pribadi Tercepat di Dunia – Gulfstream G650

Adsense

Tampilan Iklan Google Adsense Terbaru

Reportase

Ingin Harga Murah Beli Baju Lebaran Baru Untuk Anak-anak?