Hati-hati Jika Kurang Tidur, Berikut Ini Bahaya Yang Mengintai Anda!

Tidur memang menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia. Terlebih tidur malam itu sangat baik untuk mengistirahatkan tubuh, terutama otak.

Kadang, tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu malamnya malah tidak untuk beristirahat, untuk bekerja menyelesaikan tugas di kantornya, menyelesaikan pekerjaan rumah (PR), bahkan, hanya ada yang bermain-main, seperti contohnya bermain sosial media.

Baca juga Waktu Tidur Anda Kurang? Lebih Baik Tidur Lagi Yang Cukup.

kurang-tidur

Padahal, kebiasaan yang seperti ini bisa dikatakan buruk alias tidak baik bagi tubuh, karena di waktu-waktu itulah, tubuh membutuhkan istirahat, bukan malah ditambah bebannya.

Yang perlu Anda takutkan, kurang tidur ini akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang tidak sedikit dan membahayakan.

Walaupun tidur menjadi salah satu kegiatan yang harus dipenuhi, bukan berarti juga Anda diharuskan tidur berjam-jam alias tidur berlebihan sepanjang hari.

Di bawah ini, ada beberapa bahaya yang akan mengintai apabila Anda kurang tidur.

Selalu Emosi

Seseorang yang di setiap harinya kurang tidur, akan lebih sensitif dari orang yang biasa, cenderung lebih mudah dan lebih cepat marah serta susah dalam mengatur emosinya sendiri.

Mempengaruhi Berat Badan

Hormon menjadi tidak seimbang, apabila seseorang memiliki kebiasaan kurang tidur, di mana hormon ini akan berpengaruh pada peningkatan nafsu makan.

Biasanya, bagi seseorang yang kurang tidur akan memakan makanan yang tinggi akan kalori, namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk bisa membakarnya, maka, berat badan tubuh seseorang itu mendadak menjadi lebih mudah naik.

Penglihatan Menjadi Menurun

Ternyata, harus diwaspadai juga karena kurang tidur ini bisa membuat indera penglihatan kita menjadi kian menurun. Seperti halnya sulit untuk bisa fokus, menjadi kabur, bahkan ganda.

Maka, bisa disimpilkan jika kian sering Anda kurang waktu tidur, maka kian besar juga Anda akan mudah mengalami yang namanya halusinasi.

Gangguan Bicara

Tidak hanya itu saja, kurang tidur ini juga bisa membuat seseorang mengalami yang namanya gangguan bicara.

Suatu studi yang telah dilakukan, menyatakan jika seseorang yang kurang tidur, akan cenderung lebih mengulang-ulang kata, bicara tidak jelas dan monoton.

Penyakit Jantung

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, ditemukan jika seseorang yang tidur selama 4 (empat) jam, akan mengalami peningkatakn denyut jantung, di mana denyut jantung ini memiliki resiko yang jauh lebih besar terhadap adanya penyakit jantung.

Jangan lupa baca juga Mau Tidur Anda Jadi Nyenyak dan Berkualitas? Yuk Baca Tips Ampuh Berikut ini.

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.