Harimau Jawa Belum Punah? Inilah Foto-foto Asli Harimau Jawa

Halo juragan… Apakah anda yakin bahwa harimau jawa sudah punah? Iya, anda yakin harimau jawa punah karena anda tidak pernah melihat harimau jawa atau tidak pernah melihat foto terbaru harimau jawa.Harimau Jawa dengan nama latin Panthera tigris sondaica atau di luar negeri dikenal dengan sebutan Javan Tiger, adalah hewan yang diberi gelar punah oleh semua pihak. Namun anehnya klaim punah itu terjadi berkali-kali sejak tahun 1950 hingga sekarang. Berarti klaim punah tersebut kurang begitu kuat.Klaim punah terakhir pada tahun 1999. The Tiger Foundation yang berpusat di Amerika Serikat menetapkan bahwa harimau jawa sudah punah berdasarkan penelitian yang mereka lakukan selama setahun di Taman Nasional Meru Betiri di Jawa Timur. Jangan menanyakan harimau jawa lagi karena harimau itu kini tinggal kenangan.

Namun, tiba-tiba situs resmi Balai Taman Nasional Meru Betiri menerangkan bahwa masih terjadi pertemuan antara warga lokal permanen hasil hutan dengan harimau jawa hingga era tahun 2010. Punah apa belum sih macan gembong ini?

Selain melihat foto-foto harimau jawa dibawah ini, anda juga bisa melihat Foto-foto Β Dan Sejarah Harimau Bali Yang Sudah Punah.

READ  Gajah Afrika Mamalia Darat Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah foto-foto asli harimau jawa yang tertangkap kamera pada tahun-tahun lalu.

FOTO-FOTO ASLI HARIMAU JAWA

Foto 1

Tahun 1938

Foto 2

Tahun 1938

Foto 3

Malingping, Banten, Mei 1941

Foto 4

Salah satu harimau jawa terakhir

Foto 5

Betina di London Zoo, Tahun 1942

Opini publik;

Harimau loreng ini pertama kali diklaim punah pada tahun 1950. Lalu muncul lagi pada tahun-tahun berikutnya dan diklaim punah lagi pada tahun 1972.

Namun hewan misterius ini masih sering muncul dan kemudian diklaim punah lagi pada tahun 1980. Masih bandel juga, hewan ini muncul lagi pada tahun 1998.

Akhirnya The Tiger Foundation dari Amerika Serikat datang dan mengubek-ubek hutan di Taman Nasional Meru Betiri selama setahun. Hasilnya, pada tahun 1999 harimau jawa dinyatakan punah lagi.

Tapi tiba-tiba pada tahun 2010 situs resmi Balai Taman Nasional Meru Betiri menerangkan bahwa harimau jawa masih sering memergoki warga lokal permanen hasil hutan hingga era 2010-an. Berdasarkan pengakuan warga, sepertinya harimau jawa memang belum punah meskipun jumlahnya hanya beberapa ekor saja.

READ  Mengapa Mata Burung Unta Lebih Besar Dari Otak?

Pada 11 november 2013, sebuah situs luar negeri,Β listverse.com, memposting artikel tentang Javan Tiger. Mereka menerangkan bahwa harimau jawa adalah hewan yang tercatat dalam daftar hewan punah di dunia.

Namun dikatakan bahwa seorang aktivis bernama Wahyu Giri Prasetyo masih menemukan bukti harimau jawa mulai dari rambut sampai kotoran. Dia yakin harimau jawa masih hidup. Dari semua hewan punah, harimau jawa yang paling mungkin masih hidup dan berada di sekitar habitatnya.

Jika anda ingin mengetahui informasi tentang harimau jawa lebih lanjut silakan anda baca Fakta Tentang Harimau JawaΒ (Javan Tiger Fact).

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

80 komentar

  1. mungkin hampir punahnya harimau jawa karena sudah banyak hutan yang berubah jadi gedung bertingkat

    1. betul mas morning, penyebab utama harimau jawa punah adalah kehilangan habitat dan perburuan liar yg telah menghabiskan mangsanya.

    2. Gambar Gravatar Baskoro Suryandriyo berkata:

      mbak indri juga belum punah..

    3. Hahahaa mas Baskoro bisa saja…..

    4. kalau saya punah blog ini juga ikut punah mas,,, hohoho ^_^

      1. HARIMAU JAWA masih ada ..dilereng Semeru selatan dan pantai selatan semeru Ampelgading kalau mau lihat silakan hub.085646810112…pasti anda lari terbirit birit…

        1. Berarti bisa memandu langsung ke lokasi untuk bisa melihat harimau jawa? Apa boleh membawa kamera?

    5. Kalo manusia punah atau kena virus zombie, pasti macan jawa ada lagi, kecuali macan bali…

    6. Kalo manusia punah atau kena virus zombie, pasti macan jawa ada lagi, kecuali macan bali…

  2. punah itu terjadi berkali-kali sejak tahun 1950 hingga sekarang. Wow hebat banget yah bisa bertahan sampai sekarang ^^<br /><br />Harusnya kita harus menjaga hewan-hewan bukan pekerjaanya memburu dan mengambil manfaat yang ada pada hewan-hewan yang harus di lindungi

    1. Itulah mas kendala bangsa kita, kesadaran tentang cinta alam dan satwa masih rendah, buktinya adalah penebangan liar dan penjarahan hutan di jawa secara besar2an pernah terjadi.

  3. Wah foto fotonya Monochrome ya. Alias Black white. Hitam Putih

    1. soalnya foto tempoe doeloe belum ada internet mas, jadi foto hitam putih aja uda keren, hehehe πŸ™‚

    2. Gambar Gravatar Indra Kusuma Sejati berkata:

      justru foto hitam putih unik dan klasik sekarang banyak di cari orang loh……

    3. foto hitam putih malah unik ya mas,,, baru tahu saya πŸ™‚

  4. di gunung lawu masih ada mungkin .. he he

    1. dulu pernah ada berita bahwa seekor harimau jawa terlihat oleh warga digunung lawu, jadi semoga saja pengakuan warga itu benar ^^

    2. saya boleh usul artikel elang jawa tidak ya?

    3. elangnya terbang tinggi gak mau difoto, hehehe πŸ™‚

  5. Gambar Gravatar wewengkonsumedang.com berkata:

    keren dan gagah sekali ya harimau jawa ini, sungguh disayangkan perilaku manusia yang merusak habitat mereka sampai mereka tak mampu bertahan

    1. kasihan sekali ya mas harimau jawa ini, semoga saja masih ada agar bisa diternak lagi supaya bertambah banyak ya mas, hehehe πŸ™‚

  6. Itu kan datuk panglima kumbang mbak harimau loreng…kayaknya di zoo nggak ada ya saya kurang tau nama2 harimau yang saya tau itu harimau

    1. ternyata mbak indah suka dengerin datuk panglima kumbang ya mbak, hehehe πŸ™‚ panglimanya sembara itu ya mbak?<br /><br />kalau di bonbin adanya hanya harimau sumatera sama singa afrika mbak, sedangkan harimau jawa hanya ada di internet, hohoho ^_^

    2. Dulu kan rame sembara sama datuk panglima kumbang..sekarang jamannya internet ya langsung lihat di internet dulu cuma bisa dengar raungannya

    3. dulu kan cuma dengar suaranya aja di radio, lalu gambarnya disuruh membayangkan sendiri2, hehehe πŸ™‚

  7. maung bodas juga ada ko di MNC tv πŸ˜€

    1. kalo di MNC tv bukan cuma maung bodas aja mas, maung pala item juga ada, hehehe ^_^

  8. Betul baΓ±get masi ada<br />Ditmpt ku juga masi ada dibiarkan bebas biasanya akan turun jika terjadi angin gunung karena mencium wangi dging

    1. berarti rumah mas sopyan dekat dgn hutan lebat ya, keren mas,,, bisa berpartisipasi meneliti keberadaan harimau jawa nih, hehehe :)<br /><br />kalo ada angin gunung pas ada orang hajatan lalu tercium baru rawon gitu maka harimau jawa langsung turun gunung ya mas,,,? kasihan banget ya harimau jawa, hmmm πŸ™‚

    2. Bukan cuma harimau berarti..saya juga kalau tercium aroma yang enak akan langsung datang

    3. memang harimau jawa yang suka aroma sedap biasanya harimau jawa kepala hitam mbak, hehehe πŸ™‚

  9. jgn2 itu harimau jadi2an… (kyk mak lampir saja) ^_^

    1. kalo yg harimau jadi2an belum punah mas, mereka sukanya muncul dikampung tidak dihutan, karena kalo muncul dihutan tdk ada org yg mau lihat, hehehe πŸ™‚

  10. Mungkin saja belum punah hanya saja harimau jawa ini sudah sangat langka kayaknya πŸ™‚

    1. semoga aja harimau jawa belum punah ya mas meskipun sangat langka,,, agar kita punya harapan utk dikembangbiakkan lagi, hmmm πŸ™‚

  11. Gambar Gravatar Penyuluh Perikanan berkata:

    ternyata aktivis yang bernama Wahyu masih menemukan bukti harimau jawa masih banyak, padahal semua org menganggapnya sudah gak ada. masalahnya dijawa gak ada hutan lagi yg ada hutan buatan alias hutan jati.

    1. Benar mas skrg hutan di jawa tinggal hutan buatan, tapi ada hutan2 terpencil yg mungkin bisa dijadikan sebagai pelarian terakhir harimau jawa, yaitu hutan2 di taman nasional πŸ™‚

  12. Harimau jawa tentunya perlu dilestarikan yah mbak Indri agar tidak punah, sayang sekali kalau sampai habis πŸ™‚

    1. mudah2an aja belum punah mas, supaya ada harapan bisa dikembangbiakan lagi ^_^

  13. Sepertinya harimau jawa sama misteriusnya dengan keberadaan nyi roro kidul.. hehee

    1. kalo nyi roro kidul lebih misterius mas, karena tinggalnya di alam lain, hmmm πŸ™‚

  14. Semoga Saja Harimau Jawa Bener Bener Tidak Punah Yah mbakk πŸ™‚ Amiennn ^_^ dan saya Kira Harimau Jawa Itu Belom Punah tapi Mungkin Sudah Sangat Langka hehe jadinya Sering Nongol Ngilang Nongol Lagi Ehhh ilang Lagi Nongol Lagi danIlang lAgi hehe

    1. Semoga aja masih ada mas,,, meskipun tinggal sedikit sekali. Kalo pas nongol gitu harusnya dipotret agar bisa diberi perlindungan khusus sehingga ada harapan utk berkembangbiak lagi ^_^

  15. Harimau jawa masih ada ya Mba ? tapi sepertinya keberaaaan tentang harimau jawa ini juga menjadi suatu yang agak sulit di logikakan deh Mba Tapi ya sudah lah kita serahkan kepada akhlinya saja.<br /><br />Salam,

    1. Harimau jawa sdh punah mas,,, tapi ada beberapa org yg mengaku pernah melihat, jadi apa kata fakta nanti aja mas, hehehe ^_^

  16. Dulu menurut cerita Ayah saya d Bogor tepatnya d Pegunungan Salak banyak Harimaunya.. bhkan sampai saat ini,, (peliharaan Prabu Siliwangi/ jadi2an).. waduh kalo dengernya jadi takut klo mw camping..

    1. kalau maung yg di gunung salak itu sih punyanya prabu siliwangi mas, biasanya suka menolong pendaki gunung yang tersesat, hmmm πŸ˜‰

  17. di meja makan saya ada harimau jawa,, dan tiap kali menampakkan diri pasti ikan gorengku hilang satu,,,,

    1. itu sih bukan harimau jawa mas, tapi kucing jawa, hehehe πŸ˜€

  18. kata sodara saya di kab. ngawi perbatasan jateng dan jatim masih ada tuh harimau jawa. katanya sering makan kambing warga yg lagi di gembala di hutan. bahkan aumannya kadang terdengar oleh warga yg mencari kayu di hutan. tapi bener apa gaknya perlu di selidiki lebih lanjut.

    1. bisa saja itu adalah sisa2 harimau jawa mas, tapi macan tutul juga sering mencuri ternak di daerah ngawi yg berada di sekitar pinggiran hutan πŸ˜€

  19. admin sangat membantu, mash ada foto lain?<br />foto ini saya up buat refrensi lukisan saya πŸ™‚

    1. wah saya blm nemu lagi foto yg lain mas, cuma ini doank hehehe πŸ˜€ silakan aja dibuat referensi lukisannya n selamat berkarya πŸ™‚

  20. silakan ke lereng semeru atau pantai ampelgading malang…ada harimau jawa…[pasti anda akan terkencing kencing…kalau mau hub.085646810112

    1. kalau di malang bukan harimau jawa mas, tapi singo edan, hehehe πŸ˜€

  21. Tdak hny harimau jawa/hewan darat yg di ambang kpunahan,brung n ikan jg dmikian,,dg brbagai alasan para pmburu mnangkap smuany hdup/mati..
    HALLO HUTANKU INDONESIA.,,,
    BAGAIMANA KBARMU SKARANG..!?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *