vps murah

Home / Google Doodles / Reportase / Sejarah

Jumat, 7 Maret 2014 - 07:54 WIB

Hari Perempuan Internasional 2014 – International Women’s Day

Hari Perempuan Internasional atau “International Women’s Day” adalah hari kesetaraan peran kaum perempuan dalam hidup berbangsa dan bernegara yang selalu diperingati pada tanggal 8 maret oleh masyarakat di seluruh dunia.

Hari Perempuan Internasional ini pertama kali diadakan pada tahun 1975 yang secara resmi disyahkan oleh PBB dan ditandai dengan pengakuan PBB dalam perayaan pertama dengan tema “United Nations recognizes International Women’s Day”.

Namun setelah itu, pada tahun-tahun berikutnya tidak pernah diadakan lagi hari perempuan internasional. Akhirnya pada tahun 1996 dimulai lagi perayaan hari perempuan internasional hingga sekarang ini dan dirayakan setiap tahun pada tanggal 8 maret.

www.internationalwomensday.com

Perayaan hari ini, 8 Maret 2014

PBB memberikan tema pada “International Women’s Day 2014” dengan tema: INSPIRING CHANGE yang artinya Menginspirasi Perubahan atau Mengilhami Perubahan.

Seperti dilaporkan situs resmi International Women’s Day di www.internationalwomensday.com, kesetaraan perempuan telah membuat keuntungan positif tetapi masih belum merata ke seluruh dunia. Hari Perempuan Internasional merayakan prestasi sosial, politik dan ekonomi kaum perempuan perempuan sambil memfokuskan perhatian dunia pada daerah yang memerlukan tindakan lebih lanjut.

Inspiring Change adalah tema Hari Perempuan Internasional 2014 yang mendorong advokasi untuk kemajuan perempuan di mana-mana dalam segala hal. Ini merupakan panggilan untuk menantang status quo bagi kesetaraan dan kewaspadaan perempuan menginspirasi perubahan positif.

Saluran komunikasi, juru bicara mendukung, penelitian kesetaraan, kampanye dan inisiatif tanggung jawab perusahaan bisa menjadi advokasi menginspirasi perubahan untuk kemajuan perempuan.

Setiap tahun Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) dirayakan pada tanggal 8 Maret. Hari Perempuan Internasional pertama kali diadakan pada tahun 1911. Ribuan peristiwa terjadi untuk menandai prestasi ekonomi, politik dan sosial kaum perempuan.

Organisasi, pemerintah, badan amal, lembaga pendidikan, kelompok perempuan, perusahaan dan media ikut merayakan hari besar tersebut

Beberapa kelompok Hari Perempuan Internasional memilih tema mereka sendiri-sendiri, sesuai dengan konteks lokal mereka.

READ  Candi Saturnus Peninggalan Bersejarah Kerajaan Romawi Kuno

Misalnya, Parlemen Eropa 2013 tema adalah “Women’s response to the crisis” atau “Respon perempuan terhadap krisis”. Dan pada tahun 2012 tema mereka adalah “Equal pay for work of equal value” atau “Membayar yang sama untuk pekerjaan yang sama nilainya”.

Daftar sejarah perayaan Hari Perempuan Internasional oleh PBB:

* 2013: A promise is a promise: Time for action to end violence against women (Sebuah janji adalah janji: Waktu bagi tindakan untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan)

* 2012: Empower Rural Women – End Hunger and Poverty (Memberdayakan Perempuan Pedesaan) – Mengakhiri Kelaparan dan Kemiskinan)

* 2011: Equal access to education, training and science and technology (Akses yang sama terhadap pendidikan, pelatihan dan ilmu pengetahuan dan teknologi)

* 2010: Equal rights, equal opportunities: Progress for all (Persamaan hak, kesempatan yang sama: Kemajuan untuk semua)

* 2009: Women and men united to end violence against women and girls (Wanita dan pria bersatu untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan)

* 2008: Investing in Women and Girls (Investasi di Perempuan dan Anak)

* 2007: Ending Impunity for Violence against Women and Girls (Mengakhiri impunitas bagi kekerasan terhadap Perempuan dan Anak)

* 2006: Women in decision-making (Perempuan dalam pengambilan keputusan)

* 2005: Gender Equality Beyond 2005: Building a More Secure Future (Kesetaraan Gender luar 2005: Membangun Masa Depan Lebih Aman)

* 2004: Women and HIV/AIDS (Perempuan dan HIV / AIDS)

* 2003: Gender Equality and the Millennium Development Goals (Kesetaraan kelamin dan Pembangunan Millennium Goals)

* 2002: Afghan Women Today: Realities and Opportunities (Perempuan Afganistan saat ini: Realitas dan Peluang)

* 2001: Women and Peace: Women Managing Conflicts (Perempuan dan Perdamaian: Perempuan Mengelola Konflik)

* 2000: Women Uniting for Peace (Wanita Bersatu Untuk Perdamaian)

* 1999: World Free of Violence against Women (Dunia Bebas Kekerasan Terhadap Perempuan)

READ  Pengguna Android Seluruh Dunia Mencapai 1,4 Miliar Orang

* 1998: Women and Human Rights (Perempuan dan Hak Asasi Manusia)

* 1997: Women at the Peace Table (Perempuan di Meja Perdamaian)

* 1996: Celebrating the Past, Planning for the Future (Merayakan Masa Lalu, Perencanaan Untuk Masa Depan)

* 1975: United Nations recognizes International Women’s Day (1975: Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui Hari Perempuan Internasional)

Hari Perempuan Internasional 2014 di Indonesia

Seperti dilansir oleh www.institutfrancais-indonesia.com dengan judul “Hari Perempuan Internasional 2014 – Diskusi “Peran Perempuan dalam Politik”, salah satu acara untuk memperingati “Hari Perempuan Internasional 2014” kali ini dilaksanakan di Institut Français d’Indonésie – centre de Surabaya atau IFI Surabaya yang bekerjasama dengan She Radio 99.6 FM Surabaya.

Perayaan dilaksanakan dengan menggelar Seminar bertema “Peran Perempuan dalam Politik”. Acara ini didukung oleh Koalisi Perempuan Indonesia dan Pusat Hak Asasi Manusia – Universitas Surabaya (Pusham Ubaya).

Tahun ini tema internasionalnya adalah “Inspiring Change”. Dari tema besar itu akan terjemahkan dalam aktualitas masyarakat Indonesia yang akan mengadakan pesta demokrasi pemilihan umum tahun ini, dalam kaitannya dengan peran wanita dalam politik di Indonesia.

* Besok, 8 maret 2014, She Radio dan IFI Surabaya mengadakan seminar “Peran Perempuan dalam Politik” yang diadakan di Auditorium IFI Surabaya, Jl. Ratna 14 komplek AJBS, dengan pembicara:

1. Indah Kurnia (Anggota DPR RI)

2. Wiwik Afifah (Koalisi Perempuan Indonesia)

3. Hesti Armiwulan (Calon Legislatif DPR RI, Dapil Jatim I)

Acara terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya!

Google Doodles

Tak ketinggalan pula Google juga memperingati “The International Women’s Day 2014” dengan meluncurkan logo doodle berjudul Hari Perempuan Internasional 2014 di Beranda Google Indonesia atau di Halaman Pencarian Google Berbahasa Indonesia. Jangan lupa baca juga Pengertian dan Sejarah Lahirnya Google Doodles.

Share :

Baca Juga

Diary

Siapakah Calon Presiden Republik Indonesia Paling Tepat 2014-2019?

Reportase

Jokowi Ngajak Blusukan Bos Facebook Mark Zuckerberg ke Pasar Tanah Abang

Reportase

Hebat! Pertumbuhan Penduduk Indonesia Naik 100%, di Kota 500% Sejak Era 70-an

Adsense

Google Umumkan Pendaftaran Adsense Sekarang Cepat Dan Mudah

Reportase

Mark Zukerberg Puji Blusukan Jokowi di Status Facebook

Reportase

SBY Undang 20 Fesbuker Hadiri Kopdar Pamitan di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Google Doodles

Sejarah Perayaan Malam Halloween

Reportase

Foto Miss Italy Sarah Baderna Menanam Pohon di Bali