Hantu Ayam Enak Encho Dalam Legenda Jawa

Hantu ayam enak encho adalah hantu yang berwujud seekor ayam jadi-jadian yang muncul pada malam hari dan mengerjai orang yang lewat, biasanya para pedagang yang hendak pergi ke pasar pada saat dini hari menjelang pagi dimana hari masih gelap. Ketika berada di gendongan pedagang, hantu ayam tersebut akan bilang enak  encho enak encho enak encho…

Hantu ayam enak encho merupakan hantu dalam cerita masyarakat jawa yang sudah ada ada sejak jaman dahulu, terutama di daerah Malang, Jawa Timur, sehingga tidak semua orang di sana berani menangkap ayam yang mereka temui di jalanan pada malam hari.

misteri penampakan, cerita hantu, hantu seram, ayam jadi-jadian

Biasanya ayam jejadian ini menghantui seorang pedagang yang pergi berjualan di pasar yang berangkat berjalan kaki pada dini hari dengan membawa keranjang dipunggungnya.

Lantas ada seekor ayam tanpa pemilik melintas dengan jinak didepannya, maka pedagang tersebut menangkapnya dan dimasukkan ke keranjang yang digendongnya dengan maksud untuk di jual di pasar. Kemudian dalam perjalanan ke pasar, ternyata ayam tersebut bisa berbicara seperti manusia dengan mengatakan, “enak encho enak encho enak encho…” (artinya enaknnya saya digendong).

READ  Penampakan Hantu Grey Lady di Istana Hampton Court Tempat Ratu Elizabeth I

Tentu saja si pedagang sangat terkejut mendengar suara manusia yang berada di dalam keranjang dipunggungnya, lantas pedagang tersebut memeriksa isi keranjang. Lalu apa yang terjadi? Ternyata ayam yang dimasukkan ke dalam keranjang tadi telah berubah menjadi kepala manusia dengan mata melotot serta berlumuran darah.

hantu kepala, penampakan mengerikan, setan berwujud kepala manusia

Hanya ada 3 pilihan bagi si pedagang, yaitu: membaca doa, kabur, atau pingsan. Jika tidak pingsan, biasanya pedagang memilih kabur saja daripada membaca doa agar tidak melihat hantu kepala manusia terlalu lama. Sementara itu keranjangnya akan dibuang di tempat itu dan besoknya akan diambil lagi jika tidak keduluan orang lain yang lewat.

Karena cerita-cerita tentang godaan hantu ayam enak encho ini sering terjadi dimana-mana, maka biasanya para pedagang jaman dulu tidak berani mengambil ayam yang ia lihat di jalanan pada malam hari meskipun ayam tersebut tanpa pemilik, karena mereka khawatir ayam tersebut bisa saja ayam jadi-jadian. Kecuali hanya maling ayam saja yang berani mencuri ayam pada malam hari dan tanpa rasa khawatir kalau yang dicurinya adalah ayam jejadian. Hadiiiiiii…….

READ  Pawmistry, Menulis Otomatis Meramal Masa Depan

^^ Jangan lupa baca juga Legenda Hantu Usus Dalam Mitologi Jawa.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

17 komentar

  1. Memang negeri kita kaya dengan misteri ghaib serta mitos . Apakah itu nyata atau tidak ,biarlah tetap jadi misteri …

    1. kalau urusan soal hantu, indonesia jagonya ya mas hehehe 😀

  2. Mengerikan sekali, saya sebagai orang Jawa koq belum pernah mendengar cerita hantu Ayam….

  3. Jawanya bagian Jawa Mana Mba, koq di daerah saya gak ada…

    1. hantu ayam ini dulu sewaktu saya msh kecil menjadi salah satu cerita populer di daerah malang, jawa timur, tapi sekarang sdh tdk ada lagi cerita hantu ayam hehehe 😀

  4. Gambar Gravatar Indra Kusuma Sejati berkata:

    Kalau cerita mitos sering saya jumpai pada saat saya blusukan Mba, tapi biasanya saya malah dianm dan mundur teratru. he,, he, he,, 😀

  5. Indonesian master of misteri

  6. cerita turun menurun dan hampir serupa dikampungku. kepala gedruwo yang berubah menjadi kelapa.

  7. awas juga,hindari tuh ayam kampus,hantu di siang bolong

  8. Wah seru juga nih hieiehe. Saya fans berat sama artikel atau berita METAFISIK seperti ini. Legenda maupun berdasarkan kisah nyata selalu menaik untuk disimak, dan didiskusikan karena fenoemna alam gaib memang ada di sekitar kita;. Saya sering menonton program seperti ini MASIH DUNIA LAIN di Tv Swasta, Sayangnya saya nonton hanya lewat Youtube aja sih

    1. wah ternyata mas asep juga penggemar acara televisi dunia lain ya hmmm… sama donk seperti saya… karena acara2 seperti itu bisa bikin kita penasaran aja ya mas hehehe 😀

  9. ih serem mbk,,,, jadi takut aku,,,, hahahahaaha

  10. waduh hantu ayam baru denger mbak

  11. acara acara uji nyali itu sebenarnya bisa membawa petaka bagi pesertanya .. bayangkan aja peserta yang nota bene awam dalam spritual dan minim pengalaman , tiba tiba diuji dengan mahluk halus yang sengaja diundang .

    1. acara uji nyali tsb sebenarnya sangat berbahaya bagi org yg memahami spiritual, krn sengaja mengganggu ketentraman makhluk halus ya mas aji 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *