Hannah Arendt, Teoretikus Politik Jerman Ulang Tahun ke-108 di Google Doodle

Halo juragan… Hari ini, 14 Oktober 2014, adalah hari ulang tahun ke-108 Hannah Arendt yang dirayakan di Google Doodle di beranda pencarian Google.

Siapa Hannah Arendt?

Hannah Arendt adalah seorang teoretikus politik Jerman. Ia lahir di Linden, Hannover, pada tanggal 14 Oktober 1906 dan meninggal di New York City, pada tanggal 14 Desember 1975 pada umur 69 tahun) adalah seorang teoretikus politik Jerman.

hannah Arendt, filusuf, teoretikus, politikus, google doodle, ulang tahun

Ia seringkali digambarkan seagai seorang filsuf, meskipun ia selalu menolak label itu dengan alasan bahwa filsafat berurusan dengan “manusia dalam pengertian singular.” Ia menggambarkan dirinya sebagai seorang teoretikus politik karena karyanya berpusat pada kenyataan bahwa “manusia pada umumnya, bukan Manusia saja, hidup di muka bumi dan menghuni dunia ini.”

Arendt dilahirkan dalam keluarga Yahudi sekular di kota Linden yang waktu itu merupakan kota independen (kini bagian dari Hanover) dan dibesarkan di Königsberg (kota tempat tinggal pendahulunya yang dikaguminya, Immanuel Kant) dan Berlin. Ia belajar filsafat di bawah Martin Heidegger di Universitas Marburg, dan lama menjalin hubungan romantik yang sporadis dengannya. Hal ini telah banyak dikritik karena simpati Heidegger terhadap Nazi. Suatu kali ketika hubungan mereka terputus, Arendt pindah ke Heidelberg untuk menulis disertasi tentang konsep cinta-kasih dalam pemikiran Santo Augustinus, di bawah bimbingan filsuf-psikolog eksistensialis Karl Jaspers.

Disertasi itu diterbitkan pada 1929, namun Arendt dihalangi ketika ia ingin menyusun tulisan habilitasi – karya tulis sesudah penulisan disertasi yang merupakan prasyarat untuk mengajar di universitas Jerman – pada 1933 karena ia seorang Yahudi. Setelah itu ia meninggalkan Jerman dan pergi ke Paris. Di sana ia berjumpa dan bersahabat dengan kritikus sastra dan mistikus Marxis Walter Benjamin. 
Sementara di Prancis, Arendt bekerja untuk mendukung dan membantu para pengungsi Yahudi. Namun, karena sebagian wilayah Prancis diduduki militer Jerman setelah Prancis menyatakan perang pada Perang Dunia II, dan dideportasinya orang-orang Yahudi ke kamp-kamp konsentrasi, Hannah Arendt harus melarikan diri dari Prancis. 
Pada 1940, ia menikah dengan penyair dan filsuf Jerman Heinrich Blücher. Pada 1941, Hannah Arendt melarikan diri bersama suami dan ibunya ke Amerika Serikat atas bantuan diplomat Amerika Hiram Bingham IV, yang secara ilegal mengeluarkan visa untuknya dan sekitar 2.500 orang pengungsi Yahudi lainnya. Kemudian ia menjadi aktif dalam komunitas Yahudi-Jerman di New York dan menulis untuk mingguan Aufbau. [Courtesy Wikipedia]
hannah Arendt, filusuf, teoretikus, politikus, google doodle, ulang tahun

Selamat Hari Ulang Tahun ke-108 Hannah Arendt, Terima Kasih Atas Jasa-jasamu dan Semoga Engkau Mendapat Tempat Mulia Di SisiNya, Amin

READ  Kekuatan Pendekar Warok Ponorogo Luar Biasa
Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

5 komentar

  1. nice info mbak, <br />cepat update nampaknya blig ini, 😀

  2. Gambar Gravatar Muhammad Zeer El-Watsy berkata:

    jadi sedikit tahu tentang biografiny hannah arendt dr blog iini 🙂

  3. Dikira siapa nongkrong di halaman depan mbah google, ternyata seorang teoretikus politik asal jerman yang ber-ulang tahun.

  4. saya kira siapa yang ada di Google … Selamat Hari Ulang Tahun ke-108 Hannah Arendt

  5. Gambar Gravatar Muhammad Fikri Ranjabi berkata:

    cara pasang emot di komentar gimana ya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *