Hal-hal Ringan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Update WordPress Dan Plugin

Berikut ini adalah artikel ringan tentang hal-hal sepele yang perlu kita perhatikan pada saat terjadi update wordpress maupun update plugin yang kita lakukan. Biasanya blog wordpress (wordpress.org) melakukan update dengan versi barunya yang diawali dengan versi beta. Untuk versi beta ini kita harus mengupdatenya secara manual dan pastikan anda membackup website anda untuk jaga-jaga. Jika anda tidak mau membackup maka silakan tunggu saja update otomatis berikutnya.

Simak juga Website Multisite, Memahami Seluk Beluknya.

update-wordpress

Update wordpress

Sedangkan untuk update berikutnya akan dilakukan oleh pihak wordpress secara otomatis. Artinya, blog wordpress kita akan terupdate dengan sendirinya tanpa perlu kita melakukan apa-apa. Sejak setahun terakhir ini wordpress melakukan “update paksa” untuk melindungi keamanan bagi penggunanya, terutama pengguna wordpress yang lupa mengupdate wordpressnya dengan versi terbaru.

Apa yang perlu kita perhatikan setelah berlangsungnya update wordpress?

Kita harus segera memeriksa kinerja plugin-plugin yang kita gunakan di blog kita, apakah mereka masih berfungsi dengan baik ataukah sudah tidak kompatibel lagi dengan wordpress versi terbaru. Jika ditemukan ada plugin yang tidak bekerja sempurna, maka segeralah perbaiki plugin tersebut sebisa mungkin atau hapuslah dan gantilah dengan plugin lain yang kompatibel.

Update plugin

Beberapa bulan sekali biasanya si pembuat plugin yang kita gunakan melakukan update pada plugin ciptaannya. Hal ini biasanya ditujukan untuk menyesuaikan diri dengan wordpress versi terbaru agar kompatibel, atau si pembuat plugin memang melakukan update berkalanya untuk meningkatkan kualitas.

Maka pada saat plugin menyediakan pembaruan, kita harus mengupdatenya secara manual.

Apa yang harus kita perhatikan setelah kita mengupdate plugin?

Periksalah setelan pada plugin tersebut, apakah setelan yang kita buat masih tetap ataukah berubah setelah dilakukannya update plugin. Dalam beberapa kasus tertentu, terkadang setelan plugin akan berubah setelah pihak si pembuat plugin mengupdatenya. Maka segeralah anda memperbaiki setelan plugin sesuai kebutuhan blog anda sebelum pembaca blog anda mengalami ketidaknyamanan akibat setelan plugin berubah.

Dalam beberapa kasus terakhir, blog juragan cipir ini mengalami beberapa perubahan pada setelan plugin tanpa sepengetahuan saya. Hal itu disebabkan karena terjadi update wordpress dan update plugin, dan saya tidak memeriksa semua perubahan yang terjadi sehingga banyak setelan plugin yang berubah tanpa sepengetahuan saya.

Beruntung teman-teman member dan pembaca memberitahu saya via komentar, via contact, dan juga via forum. Maka saya langsung segera memperbaikinya meskipun agaksedikit terlambat, karena beberapa hari sebelumnya banyak teman-teman yang kecewa karena tidak bisa login dan menulis artikel di blog ini yang dikarenakan setelan plugin berubah tanpa setahu saya.

Demikian artikel ringan tentang hal-hal yang perlu kita perjhatikan ketika terjadi update wordpress maupun update plugin yang kita lakukan di blog wordpress self hosted. Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga Info Cara Membeli Sertifikat SSL Dan Memasangnya di Website.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.