Site icon Juragan Cipir

GETUK GORENG ADALAH

Gambar Getuk Goreng, Foto: ilmci.com

Getuk Goreng (gethuk goreng) adalah makanan makanan gorengan yang terbuat dari singkong dikukus lalu ditumbuk bersama gula merah dan kemudian digoreng. Getuk goreng merupakan proses lanjutan dari getuk biasa yang digoreng. Getuk goreng ini biasanya berbentuk bulat atau lonjong sebesar telur ayam.

Tidak seperti getuk-getuk lainnya yang dihidangkan bersama parutan kelapa, getuk goreng langsung dimakan begitu saja setelah selesai digoreng. Biasanya ditemani oleh secangkir kopi atau teh.

Menurut wikipedia, getuk goreng ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh seorang pedagang asal Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Getuk goreng awalnya adalah getuk biasa yang tidak habis setelah seharian dijual, kemudian paginya digoreng lalu dijual lagi di pasar. Hasilnya, ternyata getuk goreng ini banyak disukai oleh pembeli karena memiliki citarasa yang berbeda dan lebih gurih.

Akhirnya getuk goreng yang sekarang ini bukan lagi getuk biasa yang tidak laku dijual, melainkan getuk yang memang sengaja diciptakan untuk digoreng. Getuk goreng banyak ditemukan di warung-warung sepanjang jalan Sokaraja dan juga warung-warung lainnya di seluruh pulau jawa baik di pedesaan maupun di perkotaan.