Gedung Lawang Sewu Paling Berhantu di Asia

Halo juragan… Gedung Lawang Sewu ini terletak di tengah kota Semarang, tepatnya di depan Tugu Muda. Dijuluki gedung lawang sewu yang dalam bahasa Jawa artinya adalah seribu pintu, meskipun jumlah pintunya tidak mencapai seribu.CNN mencatat bangunan gedung lawang sewu ini sebagai salah satu dari 10 tempat paling menakutkan di Asia. Gedung ini ditampilkan dalam episode ke-2 di National Geographic dengan judul I Wouldn’t Go In There, “Saya tidak akan pergi ke dalamnya”.

edition.cnn.com

Cerita keberadaan hantu di bangunan tua ini terkait dengan sejarah kolonialisme di Indonesia. Gedung ini dibangun oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Pada awalnya gedung ini digunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), yaitu pusat perusahaan kereta api.

Gedung dengan tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini merupakan karya 2 orang arsitek ternama Belanda, yaitu Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag.

Ketika pada masa pendudukan Jepang di akhir Perang Dunia II, pasukan Jepang bertempur melawan tentara Indonesia di depan gedung ini yang dikenal dengan “Pertempuran 5 hari di Semarang”. Tentara Indonesia yang tertangkap dipenjarakan di ruang bawah tanah.

Diruangan bawah tanah ada penjara khusus yang digunakan untuk mengeksekusi para pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang gagah berani. [edition.cnn.com]

Baca juga:
Tat Tak School Kawasan Paling Berhantu di Hongkong

Bagikan:
31 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.