vps murah

Home / Satwa Liar

Kamis, 1 Maret 2012 - 23:05 WIB

Gajah Afrika Mamalia Darat Terbesar di Dunia

African Elephant (Loxodonta africana) – Gajah Afrika adalah hewan darat terbesar di planet bumi. Mereka memiliki ukuran tubuh sedikit lebih besar dari sepupu mereka di Asia dan dapat diidentifikasi dengan telinga mereka yang lebih besar dengan postur tubuh yang terlihat besar seperti  benua Afrika. (Gajah Asia lebih kecil dengan telinga bulat.)

Gajah Afrika adalah jenis Mamalia (binatang menyusui), status Herbivora (pemakan tumbuhan), rentang hidup rata-rata di alam bebas sampai 70 tahun. Ukuran tinggi di bahu, 8,2-13 ft (2,5 sampai 4 m), berat 5.000 hingga £ 14.000 (2268 – 6.350 kg) Hidup dalam kawanan gajah, status perlindungan mereka kini terancam.

Kuping gajah memancarkan panas untuk membantu menjaga agar kepala hewan besar ini tetap dingin, karena kadang-kadang udara panas di Afrika terlalu tinggi. Gajah gemar bermain air dan senang menikmati mandi dengan mengisap air ke dalam belalai mereka dan penyemprotan ke seluruh tubuhnya sendiri. Setelah itu, mereka juga sering menyemprot kulit mereka dengan lapisan pelindung panas dari debu.

Belalai gajah sebenarnya adalah hidung panjang yang digunakan untuk mencium, bernapas, terompet, minum, dan juga untuk meraih hal-hal lain terutama makanan yang potensial. Belalai saja memiliki sekitar 100.000 otot yang berbeda. Gajah Afrika memiliki dua fitur fingerlike di ujung belalai mereka yang dapat mereka gunakan untuk mengambil barang-barang kecil. (Gajah Asia memiliki satu.)

READ  Cendrawasih, Burung Dari Surga Yang Mempesona

Gajah Afrika baik jantan atau betina memiliki gading yang mereka gunakan untuk menggais makanan, menggali air di dalam tanah serta kulit kayu strip dari pohon. Gajah jantan menggunakan gading mereka untuk pertempuran satu sama lain antar gajah jantan, gading mereka yang keras merupakan senjata yang berbahaya.

Karena gading juga sangat berharga bagi sebagian manusia, maka banyak sekali gajah afrika yang dibunuh untuk diambil gadingnya untuk dijual. Perdagangan ini adalah ilegal hingga saat ini, tapi belum sepenuhnya aktivitas yang melanggar ini bisa dihentikan, dan menyebabkan beberapa populasi gajah Afrika terus terancam.

Gajah makan akar, rumput, buah, dan kulit kayu, dan mereka juga makan beberapa makanan lain. Gajah dewasa dapat mengkonsumsi sampai £ 300 (136 kilogram) makanan dalam satu hari.

READ  Fakta Beruang Hitam Dari Amerika Utara

Hewan-hewan yang lapar ini tidak banyak tidur, mereka menjelajahi jarak yang luas saat mencari makan untuk jumlah besar makanan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan tubuh besar mereka.

Gajah betina tinggal di kelompok keluarga beserta anak-anak mereka, tetapi gajah jantan cenderung berkeliaran sendiri.

Untuk memiliki bayi gajah merupakan sebuah pekerjaan serius bagi mereka. Gajah memiliki kehamilan lebih lama daripada mamalia lainnya, hampir 22 bulan masa kehamilan. Gajah betina biasanya melahirkan satu anak gajah setiap dua hingga empat tahun. Saat lahir, gajah sudah memiliki berat badan sekitar 200 pon (91 kilogram) dan tinggi tubuh sekitar 3 kaki (1 meter).

Gajah Afrika tidak seperti kerabat mereka di Asia, mereka tidak mudah untuk dijinakkan. Mereka tersebar di seluruh sub-Sahara Afrika dan hutan hujan di Afrika Tengah dan Barat. Gajah utara benua ditemukan di padang pasir Mali Sahel. Kawanan kecil gajah Mali ini hidup nomaden dan mereka bermigrasi dalam rute melingkar melintasi padang pasir Afrika yang luas dan panas untuk mencari air.

Share :

Baca Juga

Satwa Liar

Skua Arktik Burung Bajak Laut (Stercorarius parasiticus)

Satwa Liar

Cendrawasih, Burung Dari Surga Yang Mempesona

Satwa Liar

Puma Singa Gunung Amerika

Satwa Liar

Inland Taipan, Ular Asli Australia Paling Beracun di Dunia

Satwa Liar

Amon (Ammonite), Hewan Laut Prasejarah

Satwa Liar

Kura-kura Raksasa Pemakan Rumput

Satwa Liar

Burung Pelagic Kaki Biru di Galapagos

Satwa Liar

Ular Harimau Dengan Bisa Beracun Paling Mematikan