Full Approved! Cara Mendaftar Adsense Paling Mudah Dengan Blogger

Halo juragan… Pendaftaran adsense terus berubah dari waktu ke waktu seiring perubahan yang terjadi di jaringan adsense. Oleh karena itu cara-cara kita mendaftar adsense-pun juga harus berubah, tidak boleh selalu menggunakan cara lama.

Sebelumnya tidak ada yang namanya akun hosted ataupun akun non-hosted, melainkan hanya ada satu akun, yaitu akun adsense. Namun setelah google mengumumkan jenis akun yang diperuntukkan bagi pendaftar baru yang menggunakan situs pihak ketiga (mitra host), maka kini ada istilah akun hosted dan non-hosted.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah akun adsense, silakan teman-teman baca di Sejarah Google Adsense, Perbedaan Akun Hosted dan Non-Hosted.

Berikut ini saya akan berbagi tips sederhana mendaftar adsense dijamin diapproved. Namun tips ini hanya saya peruntukkan bagi teman-teman yang belum memiliki akun adsense saja. Bagi anda yang sudah punya akun adsense saya tidak menyarankan anda mendaftar lagi karena memiliki lebih dari satu akun adsense adalah melanggar kebijakan program adsense.

Pendahuluan

Seperti kita ketahui, adsense adalah program gratis yang diperuntukkan bagi pemilik blog/website berskala besar maupun kecil untuk mendapatkan uang dari blog jika ada pengunjung yang meng-klik iklan adsense di blog miliknya. Video di bawah ini akan menjelaskan kepada anda secara singkat apa Google Adsense itu dan bagaimana cara kerjanya.

Kesempatan anda bisa bergabung dengan program adsense hanya satu kali saja dan anda harus selalu konsisten mematuhi kebijakan program selama menjadi publisher adsense nantinya. Jika anda gagal mematuhi kebijakan program maka akun adsense akan didisabled/dinonaktifkan secara permanen.

Dan kita tidak akan bisa bergabung lagi ke dalam program adsense meskipun kita mencoba mendaftar dengan segala cara dan berhasil disetujui lagi, karena suatu saat nanti akun kita akan dibanned lagi sebelum mencapai payout. Perlu kita ketahui bahwa google memiliki sistem deteksi yang eksklusif yang tidak bisa diremehkan.

Persiapan sebelum mendaftar

Untuk membuat blog yang akan didaftarkan adsense versi Juragan Cipir, anda perlu waktu 3 bulan agar full approved. Tidak perlu tergesa-gesa daripada malah ditolak terus menerus.

Saya menyarankan anda membuat blog baru dari blogger mulai sekarang. Jangan gunakan blog lama anda. Apa sebabnya? Saya tidak bisa menjelaskan disini, silakan ditanyakan nanti di forum IAPD.

Pilih template yang lebar dan ringan loadingnya serta warnanya cerah (latar postingan warna putih), dan jangan gunakan template minimalis untuk mendaftar adsense.

Isilah blog anda dengan artikel bahasa inggris, setidaknya 1 artikel perhari selama 3 bulan. Atau 2 artikel perhari selama 2 bulan. Dan jangan lupa buatlah halaman About Me, Disclaimer, dan Privacy Policy.

Penting! Buatlah navigasi yang bagus di blog anda. Caranya, pasanglah Blog Archive di sedebar serta tambahkan Popular Post atau Artikel Terbaru (recent post)

Satu lagi saran penting saya!

Jangan membuat internal link (link aktif) di postingan anda dengan alasan apapun, dan jangan ada satupun link milik “situs lain” yang nempel di blog anda, misalnya: histats, alexa site info, dan sebagainya, agar blog anda langsung diapproved dalam 24 jam.

Apa sebabnya? Saya tidak akan jelaskan disini, silakan tanyakan nanti di forum IAPD.

Apa artikel yang anda tulis? 

Ini mungkin tugas anda terberat karena menulis artikel berkualitas itu tidak mudah jika kita tidak terbiasa.

Tulislah artikel tentang alam atau satwa Indonesia. Anda bisa menulis artikel bertema pulau bali, pulau komodo, wisata flores dan lombok, dan sebagainya. Anda boleh mengutip informasi dari wikipedia dan tulislah dengan gaya bahasa anda sendiri. Lalu tambahkan gambar untuk mendukung konten anda dengan gambar berlisensi “creative commons” (bebas hak cipta) yang bisa anda dapatkan dari foto gratis di flickr atau wikipedia.

Anda punya kamera? Bagus! Silakan potret keindahan alam di sekitar kampung halaman anda dan kemudian ceritakan kepada dunia dalam bahasa Inggris. Atau silakan potret bunga-bunga di taman anda di depan rumah dan ceritakan kepada dunia di blog anda.

Selanjutnya lakukan blogwalking secara teratur dengan menggunakan profil Google+ agar postingan anda mendapat komentar balik.

Jika blog anda sudah berumur 2-3 bulan dan setidaknya memiliki 60 artikel (lebih banyak lebih baik), silakan daftarkan ke google adsense melalui dasbor blogger.

Bagaimana caranya mendaftar?

Klik tab Penghasilan di dasbor blogger, lalu klik Mendaftar Adsense.

Penting! Perhatikan saat anda mengisi alamat penerima pembayaran karena hal ini seringkali menjadi penyebab kegagalan anda pada review pertama. Menulis alamat sesuai KTP itu wajib, tapi jika KTP-nya salah ya jangan diikuti. Tulislah nama Desa anda dengan benar dan jangan ditambahi apapun. Misalnya seperti di bawah ini:

Contoh alamat yang salah

Alamat        : RT/RW:05/03, Dusun Karanganyar, Desa Donokerto,
Kecamatan : Turi
Kode pos    : 12345
Kabupaten  : Sleman
Provinsi       : Daerah Istimewa Yogyakarta

Contoh alamat yang benar

Alamat        :  RT/RW:05/03, Karanganyar, Donokerto
Kecamatan : Turi
Kode pos    : 12345
Kabupaten : Sleman
Provinsi       : Daerah Istimewa Yogyakarta

Atau jika ada alamat jalan

Alamat        :  Pandanwangi 53, Karanganyar, Donokerto
Kecamatan : Turi
Kabupaten : Sleman
Provinsi       : Daerah Istimewa Yogyakarta

( i ) Jadi hilangkan tulisan Dusun/Dsn dan Desa, karena biasanya hal itu tercantum di KTP dan lantas anda  mengikuti menulis kata “Dusun/Dsn” sesuai KTP. Padahal penulisan alamat di KTP kita sering salah alias tidak sesuai dengan cara menulis alamat yang benar. Misalnya: Dsn Karanganyar atau Dusun Karanganyar.

Menulis alamat ini jangan dianggap sepele karena jika anda salah menulis sedikit saja maka hal ini bisa menyebabkan pendaftaran anda gugur di awal. Blog yang anda bangun dengan susah payah selama berbulan sia-sia belaka karena akan ditolak pada review pertama.

Selanjutnya silakan lengkapi semua kolom persyaratan mendaftar lain-lainnya dan beri centang pada perjanjian-perjanjian yang tertera disitu sampai selesai, lalu kirim untuk mengikuti review pertama yang dilakukan oleh sistem google.

Langkah berikutnya

Jika review pertama lulus maka anda akan bisa langsung login ke akun adsense beberapa menit kemudian. Selanjutnya buatlah unit iklan baru ukuran 728×90 dan pasanglah di header, lalu buatlah unit 300×250 dan pasanglah di sidebar bagian atas, dan buatlah unit 468×60 di atas postingan atau dibawah postingan menggunakan gadget HTML.

Kemudian silakan update artikel seperti biasanya untuk menjalani review kedua hingga disetujui. Ingat, jangan utak-atik template anda selama review kedua ini.

Hasilnya tunggu selama 24 jam atau maksimal seminggu, tergantung jumlah antrian. Maka anda akan melihat iklan adsense tampil di blog anda dan anda akan menerima email pemberitahuan bahwa pendaftaran adsense anda disetujui. Berikutnya silakan pasang unit iklan adsense anda di blog-blog anda lainnya yang mematuhi kebijakan program.

Upgrade Non-hosted?

Gampang! Jika trafik blog anda telah mencapai setidaknya 300-500 visitor unik perhari, silakan beli domain TLD dan baca disini Cara Menyetel Custom Domain Ubahsuaian di Blogger Paling Mudah.

Kemudian berikan otorisasi pada domain anda tersebut melalui form “permohonan satu kali” di akun adsense anda dan kirim ke tim adsense untuk direview. Kemudian tunggu sekitar 2-3 hari sampai iklan tampil kembali di blog anda. Selanjutnya selamat menikmati manisnya dollar dari adsense.

Tahukah anda? 

Jika anda mampu menjaring 5 ribu visitor unik perhari di blog bahasa Indonesia, maka anda berhak menerima gaji sekitar 4-5 juta rupiah perbulan dari adsense, dan bahkan lebih, tergantung seberapa baik cara anda mengoptimalkan adsense. Sekian dan semoga sukses.

^^ Komentar ditutup untuk post ini. Jika ada pertanyaan silakan anda bergabung di forum Indonesia AdSense Publisher Discussion (IAPD) dan temukan semua jawaban tentang adsense di sana.

Bagikan:
134 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.