Franchise Barbershop, Bisnis Plan dan Cara Memulainya

Deskripsi: Bisnis waralaba memiliki daya tariknya sendiri, termasuk usaha barbershop. Inilah ulasan lengkap franchise barbershop, bisnis plan, dan cara memulainya.

================================================================

Geliat bisnis di tanah air semakin meningkat. Berbagai jenis bidang usaha pun bermunculan dengan potensi keuntungan yang menggiurkan, salah satunya yaitu bisnis barbershop. Artikel kali ini akan membahas serba-serbi franchise barbershop, bisnis plan, dan cara memulainya.

Bisnis barbershop kini semakin diminati karena layanan pangkas rambut pria selalu dibutuhkan. Apalagi dengan banyaknya gaya rambut kekinian yang menjadi hits di kalangan kaum milenial. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis barbershop.

Peluang Bisnis Franchise Barbershop

Bisnis pangkas rambut pria atau yang sering dikenal barbershop merupakan bisnis dengan potensi yang menjanjikan. Kebutuhan memotong rambut adalah kebutuhan rutin setiap pria, sehingga bisa dikatakan kalau usaha ini adalah bisnis yang tak mengenal musim. Barbershop bukanlah jenis usaha baru karena sudah dijalankan sejak dahulu.

Seiring dengan perkembangan zaman, barbershop tak hanya melayani potong rambut. Barbershop modern melebarkan sayap ke layanan perawatan rambut lain seperti creambath, hair colouring, shave, hingga hair tattoo. Bahkan tak jarang barbershop yang menyediakan layanan facial dan pijat.

Perkembangan usaha barbershop semakin tahun kian pesat. Inilah asal muasal bisnis ini merambah ke ranah franchise atau waralaba. Bisnis waralaba barbershop menjadi salah satu pilihan utama karena pengelolaannya dinilai lebih mudah dibanding jika harus mendirikan usaha pangkas rambut dari nol. Terlebih lagi populasi pria di Indonesia jumlahnya cukup besar.

Kini banyak jaringan waralaba barbershop seperti Giovani Barbershop yang menawarkan peluang kerjasama dengan para mitra. Selain membuka kesempatan bermitra dengan pengusaha lain, langkah ini juga sebagai wujud percepatan ekspansi jaringan waralaba di seluruh Indonesia. Dengan berdasar persamaan pandangan terhadap visi dan konsep usaha barbershop, Anda dapat bekerjasama dalam suatu jaringan waralaba.

Bisnis Plan Franchise Barbershop

Dalam menjalankan suatu usaha, tentunya Anda harus menyusun perencanaan bisnis yang matang dan analisis tajam. Tanpa perencanaan yang jelas, bisnis tidak akan berjalan sesuai harapan dan justru membuang modal percuma. Lantas, apa saja bisnis plan barbershop yang perlu diperhatikan?

    1. Menentukan target market

Setiap usaha pasti memiliki pangsa pasar tersendiri. Meskipun bukan bisnis musiman dan sifatnya universal, namun Anda tetap perlu menentukan target pasar yang sesuai dengan konsep barbershop. Ini akan berkaitan dengan penentuan lokasi, dekorasi, hingga strategi pemasaran.

    2. Menentukan lokasi yang tepat

Lokasi merupakan hal krusial karena akan mempengaruhi perkembangan bisnis. Memilih lokasi yang tidak strategis adalah kesalahan awal yang harus Anda hindari. Untuk itu, sebaiknya lakukan analisis mendalam terlebih dahulu sebelum memutuskan dimana Anda akan mendirikan barbershop.

    3. Menyiapkan modal

Tanpa modal, usaha barbershop tidak akan berjalan, jadi Anda perlu menyiapkan budget khusus sebagai modal awal untuk memulai bisnis ini. Umumnya, franchise barbershop menyediakan berbagai pilihan paket usaha barbershop dengan besaran modal yang berbeda-beda. Namun perlu diperhatikan bahwa jumlah modal yang berbeda tentunya akan memperoleh fasilitas yang berbeda pula.

    4. Menyiapkan SDM

Barber berpengalaman dengan skill yang mumpuni menjadi syarat wajib suksesnya bisnis barbershop. Franchise pangkas rambut umumnya menyediakan fasilitas training yang akan membantu Anda dalam merekrut, mempersiapkan, membina, dan melatih skill serta attitude karyawan (SDM) secara berkelanjutan. Hal ini persis seperti yang ditawarkan salah satu franchisor yaitu Giovani Barbershop.

    5. Menyusun Strategi Marketing

Strategi pemasaran memiliki peranan yang tak kalah penting dalam kesuksesan suatu usaha. Anda perlu menyusun strategi pemasaran barbershop agar dapat menyasar segmen sesuai dengan target market. Promosi melalui media sosial, membuat paket menarik, membuat promo soft dan grand opening adalah contoh-contoh teknik pemasaran untuk menarik minat pelanggan.

Tahapan Memulai Bisnis Franchise Barbershop

Untuk menjalin kerjasama dengan jaringan waralaba, Anda perlu memahami cara memulai bisnis franchise barbershop. Pertama, pahami pemaparan deskripsi franchise yang Anda pilih. Jika Anda memiliki visi yang sama, langkah berikutnya adalah mengisi formulir yang disediakan sebagai tanda kesediaan bermitra.

Setelah formulir Anda diterima, lakukan pertemuan dengan pihak waralaba untuk membicarakan segala hal yang menunjang bisnis barbershop. Dalam pertemuan tersebut, Anda akan membuat kesepakatan melalui perjanjian kerjasama yang terikat hukum. Jika sudah mencapai kesepakatan, harga franchise bisa dibayarkan.

Tahapan berikutnya Anda bersama mitra franchise melakukan analisis berkaitan dengan lokasi bisnis, desain konstruksi, serta dukungan teknis lainnya. Hasil analisis tersebut nantinya akan digunakan untuk menyusun rencana anggaran untuk pembangunan, renovasi, dan dekorasi. Setelah semua disepakati, langkah berikutnya adalah eksekusi berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.

Saat semua urusan konstruksi dan dekorasi beres, Anda dapat melengkapi pengadaan barang serta alat-alat pendukung barbershop. Langkah terakhir, melaksanakan grand opening dengan konsep yang menarik. Akhirnya bisnis barbershop sudah bisa dijalankan sesuai sistem kerja.

Itulah penjelasan mengenai franchise barbershop, bisnis plan, dan cara memulainya. Jika Anda tertarik membuka bisnis ini, Giovani Barbershop adalah waralaba yang patut menjadi pilihan. Berbagai fasilitas menarik akan Anda peroleh dengan bermitra bersama Giovani Barbershop.

Kontak GIOVANI Barbershop

Alamat: Jl. Amal No.44D, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20127

WA/Telp:08116518018

Email: support@giovanibarbershop.com

Website: https://giovanibarbershop.com/

Facebook:https://www.facebook.com/giovanibarbershop

Instagram: https://www.instagram.com/giovani_barbershop

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.