Fotografer Jalanan Harus Pintar Cari Model

Belajar fotografi – Seorang fotografer aliran fotografi jalanan (street photography) harus kaya ide, termasuk ide untuk mencari seorang model di jalanan atau di suatu tempat wisata jika kita sedang menemukan suatu momen menarik untuk dipotret. Misalnya, ketika kita menemukan patung unik yang layak untuk dipotret maka kita bisa langsung memotretnya, tapi setelah itu kita harus menemukan seorang model yang bisa kita potret bersama patung tersebut. Secara visual, suatu obyek yang kurang indah namun jika ada seorang model cantik di dekat obyek tersebut maka obyek akan terlihat lebih indah. Seperti foto di bawah ini misalnya.

model-fotografer

Foto patung terbuat dari hewan rusa afrika yang diawetkan di atas akan terlihat kurang menarik jika saya potret begitu saja, untuk itu saya mencari seorang model utuk menemani patung tersebut dan kemudian saya potret.

Sekarang pertanyaannya adalah:

Bagaimana cara kita mencari model secepat mungkin?

Nah, silakan simak ceritanya yaa…

Suatu hari saya berangkat ke taman wisata jatim park 2 di wilayah Malang dengan tujuan berburu gambar untuk bahan postingan blog. Saya sudah 2 kali ke tempat ini, namun kali pertama saya belum tahu bahwa pemandangan di tempat wisata ternyata bisa dijadikan uang melalui adsense. Maka acara yang kedua ini saya membawa 2 buah ipad mini agar memory nya mampu menampung gambar sebanyak-banyaknya.

Mulai berangkat dari rumah saya sudah memotret sana sini di sepanjang perjalanan hingga sampai di tempat wisata. Ketika tiba di pintu gerbang wisata, saya mengambil waktu satu jam untuk memotret, kemudian masuk ke lokasi wisata. Di situ saya tak henti-hentinya memotret apa saja yang saya lihat.

Namun akhirnya saya menyadari bahwa semua yang saya potret adalah beruba obyek pemandangan dan hewan saja. Maka saya pun berpikir untuk menambahkan seorang model untuk ditempatkan pada obyek yang saya potret. Kemudian saya meminta seorang pengunjung yang ada di dekat obyek untuk saya potret. Jika orang tersebut bersedia, maka saya beruntung karena telah mendapatkan seorang model gratis yang bisa dijadikan bahan postingan. Dan biasanya orang-orang indonesia itu senang untuk difoto, tidak sama seperti orang luar negeri yang acuh tak acuh.

Cara ngomongnya begini, “mbak, minta tolong donk foto saya di dekat patung ini, habis itu gantian mbak yang saya foto buat koleksi kenalan saya. Nanti fotonya saya upload di blog saya ya mbak?”

Biasanya jawabnya gini, “oiya mbak, gak masalah, boleh aja, tapi gimana cara ngekliknya”. jawab dia sambil senang. Maka kita harus ngajarin dia sebentar cara memencet tombol kamera. Habis itu kita dapat sebuah foto patung bersama seorang model gratis.

Tentang gaya model terserah anda, anda boleh cari cewek yang pakai hijab atau cewek yang hanya mengenakan kaos singlet, di tempat wisata banyak sekali macam-macam orang yang bisa kita jadikan model.

Begitulah caranya mencari model gratis di tempat wisata dalam rangka mencari gambar untuk bahan postingan blog anda. tapi ingat lho ya, anda harus meminta izin ke dia bahwa fotonya akan kita upload ke blog sebagai postingan. Sehingga kita tidak melanggar privasi orang lain. Jadi tunggu aja sampai ada orang lewat yang bersedia difoto dan memperbolehkan fotonya kita upload di blog. Tidak terlalu lama karena di tempat wisata ada banyak orang, silakan silakan tunggu dengan cara berdiam diri sejenak di dekat patung sampai ada orang ingin berfoto di patung, lalu mintalah sebentar untuk anda potret.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Asyik Memotret Cewek Cantik, Ehh Diganggu Orang Lewat.

Bagikan:
14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.