Topik ini mengandung 8 balasan, memiliki 4 suara, dan terakhir diperbarui oleh  Dedi surahma 3 tahun, 6 bulan yang lalu.

  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #5037

    Dear Mbak Indri,

    Setelah beberapa hari lalu saya mulai membuat e-mail baru dan akun2 penting saya pindah admin ( blog, youtube, fb, twitter, google plus, dll ), fiuuh… terasa capek 😀

    Nah kemarin daftar adsense 2 kali dan alhamdulillah masih ditolak dari akun baru. Mungkin google mendeteksi akun gmail saya yg baru sebagai admin belum posting sama sekali dan mengandalkan postingan saya terdahulu 😀 . Nah, yg ketiga ini saya mau daftar lewat youtube. Tetapi, kata Mbak Youtube gak bisa, bisanya cuma menautkan akun Youtube ke akun Google Adsense. Bukan membuat akun Adsense dari Youtube. Jadi kita harus tetap punya akun Adsense ini. Apakah sudah tidak bisa daftar adsense lewat Youtube ?

    Kedua, dulu mbak Indri daftar adsense dengan bahasa blog apa ? Indonesia / Inggris ?
    Ketiga, saya cek di rules-nya Youtube bahwa akun youtube yang bisa mendapatkan dana dari iklan adalah akun yang berada hanya di USA, Australia, Mexico dan Jepang. Apakah itu benar ? link : https://support.google.com/youtube/answer/6066530?hl=id
    Karena di tab SALURAN -> STATUS DAN FITUR bagian Dana dari penggemar itu nonaktif ( abu2 ) dan bertuliskan “Dana dari penggemar belum tersedia di negara saluran Anda”

    Tolong mbak Indri coba jelaskan ini. Ditunggu jawabannya mbak 😀 . Terima kasih.

    Regards,
    Bima Yuliandra

  • #5039

    Halo mas Bima 😀

    Orang yg memiliki akun mitra youtube pasti memiliki akun adsense, karena untuk bergabung dengan mitra youtube kita diwajibkan sudah memiliki akun adsense.

    Jika kita belum memiliki akun adsense tapi ingin menjdi mitra youtube, maka kita akan diberi petunjuk oleh google untuk membuat akun adsense dari youtube.

    1. Apakah sudah tidak bisa daftar adsense lewat youtube? Bisa ! Caranya adalah:

    – masuk ke laman Monetisasi di Setelan Saluran, (silakan klik disini: daftar adsense via youtube) lalu buka pada bagian “Bagaimana saya menerima pembayaran?”

    – kemudian di laman Pengaitan AdSense, ikuti langkah “berikutnya” untuk diarahkan ke adsense.

    – pilih opsi di bagian bawah laman untuk memilih akun google yang ingin kita gunakan.

    – masukkan password akun google.

    – terima pengaitan adsense.

    – berikan informasi kontak kita lalu kirimkan permohonan adsense.

    – nantinya akan diarahkan kembali ke youtube dan disitu akan muncul pesan bahwa aplikasi pendaftaran adsense kita telah diterima dan kita tinggal menunggu beberapa hari kedepan.

    nanti google akan memberitahu kita via email setelah akun permohonan adsense kita diapproved, dan ID adsense kita akan diperbarui di laman Pengaitan AdSense. biasanya perlu waktu hingga 48 jam sampai pengaitan benar2 aktif.

    selanjutnya jika kita ingin memasang iklan adsense di blog (blogspot atau wordpress selfhost) maka kita diwajibkan mengupgrade akun adsense kita menjadi non hosted.

    Caranya adalah dengan memasukkan url blog berdomain TLD di bagian otorisasi situs di akun adsense. Lalu tunggu sekitar 3 hari sampai iklan tampil di blog dan mendapat email pemberitahuan persetujuan dari google.

    2. saya dulu mendaftar adsense pakai blog bahasa inggris karena pada waktu itu bahasa indonesia belum didukung.

    3. saat ini Dana Dari Penggemar hanya mendukung Australia, Jepang, Meksiko, Amerika Serikat. Sedangkan untuk indonesia belum didukung.

  • #5043

    Halo mbak Indri,

    Terima kasih sudah menjawab pertanyaan saya. Hmm… cara itu sudah saya lakukan namun, sepertinya Google lebih hati2 dalam memilih mitra adsense youtube nya.

    Adsense

    Di situ tertulis bukan akun adsense atau masih menunggu persetujuan.

    Nah, berkaitan dengan poin nomor 3, saya mau bertanya. Apakah itu berarti channel youtube indonesia tidak bisa menerima uang (monetisasi) dari iklan di youtube ?? Karena ada channel Indonesia ( youtubers Indonesia ) yang bisa melakukannya dan menjadi channel terverivikasi youtube. Mohon dijelaskan mbak Indri. Terima kasih.

    Cheers ! 😀

  • #5050

    Disitu ada pilihan, gunakan akun google yang lain dan buat akun google baru, pilihlah salah satu. Pokoknya ikuti saja arahan google sampai kita bisa menemukan akses mendaftar adsense via youtube, karena tidak mungkin seorang mitra youtube tidak memiliki akun adsense 😀

    Sebagai gambaran:
    Mitra youtube pasti memiliki akun adsense, namun pemilik akun adsense belum tentu menjadi mitra youtube.

    1. Chanel youtube Indonesia bisa digunakan untuk bergabung dengan program Mitra Youtube dan bisa mendapatkan uang dari iklan adsense youtube yg dibayarkan melalui akun Google Adsense. Orang yang memiliki adsense youtube disebut Mitra Youtube dan akan mendapatkan lencana Mitra Terverifikasi. Seperti dibawah ini:

    2. Chanel terverifikasi (saluran terverifikasi) bukan berarti chanel tersebut mendapatkan Dana Dari Penggemar, namun itu hanyalah lencana bagi pemilik channel yg mengaitkan akun youtube dengan google+ untuk mengonfirmasikan keaslian suatu merek secara visual, misalnya saluran selebriti atau bisnis populer. Mereka akan mendapatkaan lencana terverifikasi.

    Saat ini chanel Indonesia tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan Dana Dari Penggemar karena negara Indonesia belum didukung. Seperti di bawah ini penjelasannya:

    Jika ada orang bercerita bahwa Chanel Indonesia (youtubers indonesia) bisa mengaktifkan Dana Dari Penggemar, cerita itu tidak benar akrena saat ini belum mendukung negara Indonesia. Mereka hanya bisa menambahkan lencana Terverifikasi yg artinya channel tersebut adalah saluran resmi milik perusahaan yg bersangkutan.

  • #5081

    Nah, ini yang membuat saya pusing guling2 😀
    Mbak Indri katakan Channel Indonesia bisa menerima/mendapatkan uang dari adsense tetapi di sisi lain mbak Indri juga mengatakan Channel Indonesia tidak bisa untuk mendapatkan dana dari penggemar. Kalau boleh tahu, perbedaannya apa mbak Indri ?

  • #5084

    Adsense dan dana dari penggemar merupakan dua bagian yang sama sekali berbeda. Mereka tidak sama. Perbedaannya adalah:

    1. Adsense adalah iklan milik google yg tampil di vieo kita, dan nantinya kita akan mendapatkan uang dari google yg dibayarkan melalui akun adsense.

    2. Dana dari penggemar adalah uang sumbangan dari penonton/penggemar video kita, bukan uang dari google dan bukan iklan adsense. Google hanya sebagai pengelola saja. Nantinya uang sumbangan dari penggemar video kita akan diberikan ke kita melalui akun Google Wallet.

  • #5105

    Suipp.. terima kasih mbak Indri

  • #10204
    Naufalp
    Naufalp
    Peserta

    Kalau saya patokan yang saya lingkarin seperti gambar di bawah ini, yang lainnya tidak begitu saya pusingkan, kecuali ke tautan GA, kalau gak pakai GA, join didengan salah satu MCN, malah gak saya utak atik fitur yang lain

    YT GA

  • #22811

    Dedi surahma
    Peserta

    Mbak kalo masalah nya adalah saat akan menautkan adsense ke youtube terdapat kalimat ” Fitur ini tidak tersedia saat ini, Coba lagi nanti.” bagaimna mbak ?? sudah berulang kali saya coba tapi masih ada saja peringatan seperti itu. gambar fitur tidak tersedia


Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.