Topik ini mengandung 5 balasan, memiliki 5 suara, dan terakhir diperbarui oleh  Indri Lidiawati 3 tahun, 7 bulan yang lalu.

  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #12136

    Indri Lidiawati
    Keymaster

    Halo sahabat publisher adsense sebangsa dan setanah air… Kali ini saya ingin share sedikit pengalaman tentang cara mengatasi CTR atau RKT/RKPT adsense yang akhir2 ini lesu.

    Sahabat publisher yang mulia… Tahukah anda? Sejak diluncurkannya aplikasi pencekal iklan alias ADBLOCK beberapa bulan terakhir, maka CTR adsense menurun cukup signifikan karena 5% dari pengguna perangkat sudah menggunakan aplikasi adblock di perangkat mereka sehingga iklan anda tidak tampil di browser mereka. Bahkan di Amerika penurunan CTR dilaporkan hingga sekitar 26%, dan itu berarti 1/4 dari jumlah pendapatan publisher adsense disana hilang gara-gara adblock.

    Selain itu, peningkatan jumlah publisher adsense yang tidak sebanding dengan peningkatan jumlah pengiklan adwords juga bisa menjadi penyebab berkurangnya jumlah inventori iklan di google yang mengakibatkan persaingan yang rendah serta menurunkan CPC dan CTR/RKT.

    Sahabat publisher yang mulia… Saya ingin bertanya: bisakah saat ini anda mendapatkan CTR yang sehat hingga 1% ? Saya rasa sulit. Boro-boro 1%, untuk mendapatkan CTR 0,50% aja sulitnya setengah mati. Bagaimana anda bisa mendapatkan penghasilan yang memadai jika CTR adsense cenderung rendah, padahal trafik blog anda justru meningkat. Saya rasa kita hanya akan capek menulis artikel aja jika kita tidak segera mengatasi masalah ini. Tapi jangan khawatir, semua masalah ada solusinya jika kita mau berusaha mencari solusi.

    Wahai sahabat publisher adsense yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik… Cobalah ikuti cara ini:

    Biarkan CTR anda rendah apa adanya meskipun anda telah berkali-kali mencoba tata letak serta format iklan untuk meningkatkan CTR. Tapi gantikanlah CTR dengan CPC. Artinya, CTR rendah biarin aja yang penting CPC naik. Meskipun naiknya sedikit, tapi itu sudah cukup untuk menggantikan CTR yg rendah, bahkan justru bisa memberikan earning yang lebih tinggi dari sebelumnya.

    Bagaimana caranya?

    Anda tidak perlu merubah niche blog anda, tetaplah update artikel seperti biasa. Namun gantilah unit iklan pasaran dengan unit yang memiliki jumlah inventori paling tinggi tetapi jarang digunakan oleh publisher. Unit iklan apakah yg pasaran itu?  Unit 336×280 dan 300×250. Semua blog pasti ada ukuran ini 😀

    Realisasinya adalah: Kurangilah jumlah iklan ukuran 336×280 dan iklan 300×250 yang tampil di blog anda, sisakan maksimal satu saja utk ukuran tersebut. Karena iklan ukuran 336×280 serta 300×250 sudah banyak publisher yang memasangnya, dan hal itu yang membuat CPC anda menjadi rendah karena iklan ukuran tersebut mudah sekali menemukan space di blog2 milik publisher.

    Jadi ukuran apa yang harus anda pasang?

    Pasanglah ukuran iklan 728×90 dan ukuran 160×600 atau 300×600, terserah mau anda pasang dimana yang penting jangan jauh2 dari konten dan pstikan diaktifkan untuk teks dan gambar. Ingat lho ya… iklan yang dipasang di area konten/ artikel cenderung CPC nya/ harga klik nya rendah, penyebabnya apa saya sendiri tidak tahu.

    Ukuran 728×90 dan ukuran 160×600 atau 300×600 ini memiliki jumlah inventori palling trend di google namun tidak terlalu banyak dipasang di blognya publisher, sehingga persaingan tampil di blog anda akan ketat dan hasilnya CPC anda akan naik meskipun CTR nya tetap seperti dulu, rendah pada kisaran +/- 0,50% saja.

    Para publisher yang terhormat… Saya tidak ingin anda capek membaca tulisan ini, maka saya sudahi saya informasi ini sampai disini dan semoga bermanfaat. Artikel ini jika saya jual dalam bentuk ebook seharga 100 ribu maka saya yakin akan laku keras karena saya yakin akan hasilnya. Tapi jangan lupa tugas pokok anda yaa, yaitu tingkatkan trafik dari search engine sebanyak2nya. Penempatan model apapun akan percuma jika trafik blog anda rendah.

    Selamat mencoba dan silakan tunggu hasilnya selama seminggu, setelah itu jangan lupa saya dibelikan bakso ya hikss… hiksss 😀 😀

  • #12171

    Isrofia
    Peserta

    Makasih banget infonya mbak, sangat membantu sekali bagi pemula yang lagi belajar adsense seperti saya.

  • #12177

    Juan Feju
    Peserta

    Hmmm.. makin tajam saja nih tulisannya 🙂

  • #12178

    Syamsu
    Moderator

    Sip mbak, makasih atas pencerahannya.Kemarin saya mendapatkan $6,7 dari 2 kali klik iklan tautan, apakah itu termasuk tinggi CTRnya mba?

  • #12180
    Syafaatfm
    Syafaatfm
    Peserta

    Namun, anehnya Mbak Indri, justru selama beberapa hari terakhir ini iklan yang berada di tengah2 konten pas memiliki cpc plg tnggi 0,$$ sekian. Dibanding dengan ad unit lainnya yg memiliki cpcp 0,0$ sekian. Kalo menurut pengamatanku, sptnya cpc plg tnggi ditentukan oleh ads yg pertama kali muncul (diurutan pertama dalam blog, dimulai dari kiri ke kanan dan ke bawah). Terlepas dari itu, semuanya masih menjadi rahasia terbesar Google..

  • #12187

    Indri Lidiawati
    Keymaster

    makasih sama2 mas isrofi 😀

    tajam dan terpercaya seperti SCTV ya mas juan hiks 😀

    @syamsu itu termasuk CPC tinggi mas Syamsu, iklan link yg dipasang di area postingan terkadang memberikan CPC tinggi meskipun tdk terlalu sering 😀

    @syafaatfm banyak sekali faktor yg membuat tinggi rendahnya CPC, selain unit iklan pertama, perilaku pengguna setelah mengklik iklan juga sangat mempengaruhi besar kecilnya CPC adsense 🙂


Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.