Melihat 5 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #20782
      Al Husaini
      Peserta

      Jika kita download gambar dari google, terus kita edit kemudian kita upload ke blog, apakah itu termauk mencuri konten ??

    • #20792
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Dibilang mencuri juga bisa, karena kita bukan pemilik asli dari gambar itu. Dibilang syah juga bisa, karena mayoritas website di dunia juga banyak yang melakukannya.

      Yang perlu kita hindari adalah: jangan mengambil gambar pribadi seseorang seperti foto pribadi, foto keluarga, dan foto2 orang yg kita tidak memiliki ijin/hak untuk menggunakannya (kecuali foto artis dan tokoh).

      Selain itu, jangan mengambil gambar yang ditandai atau dilabeli dengan logo hak cipta, misal: gambar karya fotografer serta gambar2 yg dilindungi hak cipta seperti Getty Image, Shutter Stock, dan gambar2 lain yang masih berada dalam stock alias belum dijual. Kecuali gambar2 tersebut telah terlepas dari hak cipta (misal: sudah dibeli orang/ website lain, sudah expired hak ciptanya, dll). Namun bagaimanapun juga, penggunaan gambar karya fotografer biasanya disertai mencantumkan nama fotografernya.

      Sedangkan gambar yang paling syah untuk kita gunakan ada 3 macam, yaitu:

      1. gambar karya kita sendiri
      2. gambar karya orang lain yang kita memiliki ijin untuk menggunakannya
      3. gambar2 di internet yang berlisensi “domain publik” alias “creative commons”.

    • #20794
      dimastoriqdimastoriq
      Peserta

      Kalo mbak Indri sendiri biasanya cari gambar dimana mbak???

    • #20796
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Saya mengambil gambar di google dengan ketentuan berikut ini:

      Gambar tersebut telah diposting oleh ratusan/ ribuan website di internet sehingga sudah tidak diketahui lagi siapa pemilik hak ciptanya. Lalu saya memberikan sedikit modifikasi pada gambar agar tidak terjadi duplikat gambar maupun duplikat metadata gambar di google 😀

      Jadi mayoritas gambar2 di blog ini berstatus orisinil jika diperiksa melalui duplikat gambar google, kecuali hanya gambar2 yg sudah dicopas orang aja yg bisa menyamainya di google search.

    • #20803
      dimastoriqdimastoriq
      Peserta

      Cara editnya via apa mbak? apanya yg dirubah?? bisa kasih penjelasan dikit aja 🙂

    • #20809
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Hanya merubah ukuran serta poin2 tertentu yg sekiranya perlu dirubah dengan menggunakan adobe photoshop, tujuannya agar gambar tidak ada yang menyamainya (unik/original) di mata mesin pencari. Itu aja 😀


Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.