Melihat 9 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #20805
      Syamsu
      Moderator

      Sahabat Blogger, jika Anda adalah Blogger Pemula dan kebetulan belum begitu mahir dalam menciptakan artikel, nih ada solusi bagus agar Anda bisa berlatih menulis artikel asal coret namun kualitas tetap ok. Selain itu Anda bisa menerbitkan artikel minimal 5 post setiap harinya. Apa itu dan bagaimana caranya?

      Caranya super gampang dan dijamin ampuh untuk fungsi berbagi dan mendatangkan pengunjung yang cepat banyak, sebagai berikut:

      1. Buat blog baru niche fotografi atau lainnya yang kiranya terkait
      Buatlah blog yang gratisan saja di Blogger.com

      2. Manfaatkan album foto yang menjamur di PC/Laptop/HP bagus Anda
      Saya yakin Anda pasti punya arsip foto yang lumayan banyak,daripada berlumut di tempat penyimpanan kan lebih baik dibagikan lewat blog.

      3. Postingkan foto
      Poskan foto walaupun hanya judul artikel dan uploadan foto-foto yang Anda miliki. Syukur bagi dikasih sedikit keterangan tentang foto tersebut.

      4. dan langkah-langkah lainnya
      He he, Anda pasti lebih reatif lah untuk memoles blog Anda.

      Hmm, hanya gitu saja salah satu cara mudah mengatasi kehabisan ide menulis artikel atau membuat lahan baru untuk belajara menulis.

      He he, nih contohnya: deskripsifoto.com

    • #20816
      Neng Mas
      Peserta

      Wah mantap idenya Mas Syamsu. Pantas aja lama gak kelihatan, rupanya lagi bikin blog baru. Idenya menarik mas, karena saya juga lihat beberapa web besar seperti liputan 6 atau yang lainnya, ada juga yang hanya ngasi keterangan foto saja tanpa artikel. Boleh di coba nih ide kreatifnya, thanks Mas Syamsu sudah berbagi.

    • #20825
      Syamsu
      Moderator

      He he, sebenarnya sih dah banyak teman Blogger yang ngebahas kayak gini bos, tapi kayaknya masih jarang yang mau praktek karena memang ngelola blog yang mengutamakan foto butuh kerja keras agar koleksi fotonya cepat banyak. kalau saya sendiri sih saat ini dah punya foto lebih dari 1000 yang siap untuk diunggah. he he. Coba aja bos, siapa tahu bisa tuk nmbah lahan kreasi dan hiburan, syukur bagi bisa mendatangkan uang.

    • #20832
      Anton
      Peserta

      Hati-hati… Itu yang saya peringatkan. 😀

      Ngeblog saja sudah sebuah candu. Menambahkan dengan fotografi, akan menambah ketagihan pada hal lain.

      Blog saya berbasiskan foto dan setelah menekuninya, ada sisi lain dimana daya tarik fotografi menarik saya lebih jauh lagi.

      Hasilnya memang seperti apa yang mas Syamsu bilang, tidak lagi pernah kehabisan ide. Semuanya tersedia di laptop atau komputer.

      Masalah utamanya berkembang ketika keingin tahuan akan dunia fotografi merasuk juga. Hasilnya, saya juga harus membagi waktu untuk belajar tehnik memakai kamera yang bisa menghasilkan foto yang bagus dan menarik..

      Waktunya agak terbagi jadinya, tetapi karena saya menikmati keduanya, saya terus jalani.. :D.. Dua-duanya candu lho.

      Memang betul bahwa fotografi akan membantu, sekaligus juga membutuhkan lebih banyak kerja keras karena kita harus hunting foto, menghasilkan foto yang menarik.

      Kalau soal uang sih, ga tau lah. Selama saya enjoy, ya jalani.

    • #20845
      Syamsu
      Moderator

      Iya betul banget, yang utama itu rasa ingin tahu yang menggoda untuk lebih mendalami tentang fotografi pak, namun untuk sementara ini saya memanfaatkan foto yang ada dulu. Adapun foto tersebut hanya hasil jepretan kamera digital level bawah, jadi kulitas fotonya standar.Walau standar yang penting natural ya pak? he he.

      Ya betul pak, waktunya memang terbagi, tapi saya sendiri blog niche foto tak anggap sebagai hiburan saja. he he

      Alamat blognya pak Anton yang niche foto mana pak?, saya mau belajar dengan melihat blognya pak Anton.

    • #20851
      Anton
      Peserta

      G mas.. saya ga khusus, tapi saya manfaatin untuk blog saya. Kebetulan saya memang mau menampilkan Bogor dalam foto/lensa, jadi bagian ini saya jadikan tempat majang foto-foto yang saya ambil selama berkeliling Bogor.

      Lagipula, memang semua tulisan dan artikel saya selalu memakai foto paling tidak 2-3 kadang 4-5, jadi selalu berbasiskan pada foto original hasil karya sendiri.

      Hehehe.. saya cuma pake Bridge Camera atau prosumer saja mas. Tidak pake DSLR mahal, bahkan malah ada yang pake HP. Hanya ternyata, kalau kita tahu tehnik fotografi, hasilnya memang jauh lebih baik dibandingkan hanya sekedar jepret.

      Itu pengalaman pribadi sendiri mas. Saya lihat dengan mengetahui tehnik fotografi, hasil fotonya memang better alias lebih baik dibandingkan ketika hanya asal jepret…:D. Beberapa bulan yang lalu, saya seringnya pake mode auto saja, ga peduli komposisi dan tehnik, tetapi dengan belajar sedikit, justru kita dapat ilmu lagi.

      Saya ga mau buka web khusus fotografi mas. Yang satu saja sulit ngurusnya, apalagi punya 2 atau 3. berat di waktu.

    • #20856
      Syamsu
      Moderator

      Oh gitu ya pak Anton?, iya memang ngeblog lah otomatis harus ahli masalah penjepretan, he he. Blog tutorial harus pandai croping foto di phoshop, photoscape, paint, dan lain sebagainya ya pak?. Blog biasa harus main dengan foto juga. Nah dari banyaknya foto hasil asal jepretanku yang kiranya ga ada yang sesuai dengan topik blog utama itulah yang saya pakai di blog niche foto, jadi semuanya foto hasil jepretan sendiri juga. Namun di blogku yang baru memang ada foto yang nyomot di internet, yah sebagai bumbu kemarin saya nyomot foto-fotonya artis pemeran anak jalanan RCTI. Hmm… dahsyat pak, fotonya Reva Natasha Wilona yang sedikit saya poles dengan animasi gif photoscape langsung paling populer di blog saya. He, hitung-hitung untuk menarik pengunjung blog lah pak.

      Adapun foto yang lain saya srempetkan dengan materi pelajaran sekolah, biar dapat membantu para pelajar di kota yang belum pernah melihat bentuk akar, daun, dan sebagainya secara langsung.Sebagai contoh saya menambahkan foto daun gembili, karena saya yakin di kota sudah langka banget daun gembili. he he

    • #20859
      Anton
      Peserta

      Saya justru jarang pake foto editting software mas.

      Saya lebih menekankan pada tehnik mengambil fotonya dibandingkan cropping, ngatur saturation dst. Lebih berusaha mengerti mengenai komposisi, aperture, shutter speed dan lain sebagainya.

      Kebetulan saya membaca genre fotografi yang disebut street fotografi atau fotografi jalanan, jadi saya coba terapkan beberapa tehnik dan ide dari genre itu ke dalam blog. Tidak semuanya, tetapi yang kira-kira menunjang untuk menampilkan Bogor kepada pembaca.

      Kebetulan memang tema blog saya sangat bisa diexplore lebih dan ditampilkn dalam bentuk foto. Jadi, mau tidak mau harus mendalami fotografi ala anak jalanan. Otodidak sih.

      Saya sudah berkunjung ke webnya mas yg soal foto, kalu saya pikir justru foto yang hasil sendiri lebih berkesan dibandingkan dengan yang ngambil dari tempat lain. Hanya beberapa sudut pengambilan gambar bisa diperbaiki dengan tehnik panning atau bokeh mas biar lebih terkesan.

      Memang sih foto artis cantik akan mengundang pengunjung, tetapi mungkin tidak sesuai dengan ide saya soal web fotografi mas. Mungkin lebih bagus kalau juga dijadikan personal branding tentang hasil karya kita. Ehh itu mah ide saya ya mas..

      Thanks buat sharing dan diskusinya..:D

    • #20894
      Syamsu
      Moderator

      Wah pak anton sudah mahir banget ya tentang fotografi, asyik deh bisa berguru lah sama pak Anton.

    • #20906
      Anton
      Peserta

      Boro-boro mas..ini juga masih belajar. Cuma jadi kebiasaan kalau lihat foto, jadi ngulik alias neliti apa yang hendak disampaikan yang motret (fokusnya)

      Kalau boleh saran, foto yang senja hari sebenarnya momennya bagus, cuma keliatannya pemakaian ISO dan shutter speednya ga pas, jadi keliatan buram dan goyang mas..

      Kalau bisa diperbaiki, yahud tuh momen..:D hahahaha…..


Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.