- This topic has 2 balasan, 2 suara, and was last updated 9 years, 8 months yang lalu by Anonim.
-
PenulisTulisan-tulisan
-
-
pada #6835AnonimNon-aktif
Mbak Indri, saya mau nanyak, jelasin dong singkatan dari CPC, PV, RPM atau yang lain nya, dan kegunaan nya apa, saya masi belum ngeh sama istilah istrilah tersebut.
-
pada #6859Indri LidiawatiKeymaster
Halo mas urbandistro… Berikut ini istilah2 yang ada di Google AdSense:
Ad Units
Ad Units atau biasa disebut Unit Iklan adalah iklan Adsense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.Link Units
Link Units atau biasa disebut Unit Link adalah iklan adsense yang berbentuk link seperti menu, dan jika ada pengunjung meng-klik link tersebut maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian Google yang disitu terdapat kumpulan iklan-iklan adsense.Dan publisher baru akan mendapatkan penghasilan jika pengunjung mengklik salah satu iklan adsense yang ada di dalam halaman pencarian Google tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content (AFC)
AdSense for Content adalah iklan Adsense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam Adsense for Content ini.Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya.Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif.
Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
Channels
Channels adalah saluran atau semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa Adsense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs.
Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.CTR (Clickthrough Rate)
CTR atau biasa disebut RKT (Rasio Klik Tayang) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).CPC (Cost Per Click)
CPC atau biasa disebut BPK (Biaya Per Klik) adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).RPM (Revenue Per Thousand)
RPM adalah pendapatan perseribu tayangan. RPM ini mirip dengan eCPM. Baik eCPM maupun RPM, keduanya merupakan hitungan yang mewakili taksiran penghasilan untuk setiap 1.000 tayangan. eCPM merupakan metrik yang umum digunakan dalam program periklanan untuk versi lama, sedangkan RPM merupakan metrik yang umum digunakan dalam program periklanan untuk versi baru. -
pada #7039AnonimNon-aktif
terima kasih mbak indri atas penjelasanya ini sangat membantu saya dalam memamahi yang ada di adsense
-
-
PenulisTulisan-tulisan
- Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.