Relevansi Unit Iklan Adsense

Melihat 3 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #8696
      Gambar GravatarAnonim
      Non-aktif

      Selamat siang teman2,
      Saya belum 1 bulan bermain adsense sehingga saya terkadang telat menyadari beberapa hal penting mengenai adsense. Dulu saya sempat khawatir ketika ingin mendaftarkan blog niche untuk adsense karena saya pesimis ada iklan yang relevan dengan materi blog saya tersebut (FYI blog saya tentang Aquascape). Bahkan dulu saya pernah bertanya ke Mba Indri apakah salah satu alasan google menolak blog kita karena belum tersedianya iklan yang relevan dengan topik blog kita untuk ditampilkan?

      Ternyata eh ternyata setelah saya amati di beberapa blog termasuk blog nya mba Indri ini bahwa iklan dalam bentuk banner hanya sediktt sekali yg relevan dengan materi blog atau bisa saya konversikan ke angka kurang dari 20% iklan relevan muncul di blog kita. Saya mengamati beberapa minggu ini bahwa iklan yang muncul di blog nya mba Indri hampir sama dengan iklan yang muncul di blog saya.

      Google sudah menyediakan jenis iklan yang pasti relevan dengan blog kita bahkan dengan setiap artikel yang kita buat yaitu jenis “iklan unit tautan” (link adds unit). Saya sendiri telat memasang iklan jenis ini di blog karena ketidaktahuan saya 😀

      Meskipun begitu saya belum bisa menyimpulkan bahwa iklan jenis banner jarang yang relevan dengan materi blog sekalipun blog niche. Tentunya google akan menyesuaikan berdasarkan trend pengiklan dan tergantung dari mana kita mengakses iklan tersebut sehingga bisa saja iklan banner yang relevan tampil di blog kita.

      Anda bisa mencobanya dengan mengakses blog Anda sendiri menggunakan beberapa IP berbeda dan lihat seberapa besar iklan relevan muncul di blog atau jika tidak ingin membebani pageview iklan ya gunakan blog orang lain sebagai percobaan, akses blog tersebut menggunakan beberapa IP yg berbeda (bermacam-macam negara) dan lihat hasilnya. Relevansi iklan ini penting untuk meningkatkan kemungkinan dikliknya iklan karena pengunjung lebih mungkin mengklik iklan yang berhubungan dengan topik blog kita dibandingkan ilkan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan topik.

    • #8710
      Gambar GravatarIndri Lidiawati
      Keymaster

      Saya ingin menjelaskan alasan iklan tidak relevan.

      Mengapa iklan tidak relevan?

      1. Karena google sedang tidak memiliki atau sedang kehabisan persediaan/ inventori iklan yg relevan dengan konten tersebut.

      2. Karena google menggunakan “penargetan berbasis minat” kepada pengunjung tersebut. Misalnya: jika pengunjung blog tersebut adalah seseorang yg sering browsing di internet, maka google akan menampilkan iklan2 yg terkait dengan riwayat penjelajahan pembaca. Jika pembaca suks membuka akun facebook, maka google akan menampilkan iklan facebook meskipun yg dikunjungi adalah situs resep masakan. Dll.

      Selain itu, “kata kunci” yug digunakan oleh pembaca di mesin pencari juga akan menentukan iklan yg muncul. Sehingga antara pengunjung tetap dan pengunjung unik akan melihat iklan yg berbeda. Pengunjung unik akan selalu melihat iklan yg relevan berdasarkan kata kunci yg ia tulis di google search, dan ini disebut “penargetan kontekstual”. Sedangkan pengunjung tetap akan melihat iklan yang sesuai dengan kebiasaan penjelajahan mereka, dan ini disebut “penargetan berbasis minat”.

      Cobalah anda membuka situs yg berisi resep masakan lalu membuka2 beberapa halaman disitu sekitar 5 menit, lalu matikan browser. Setelah itu hidupkan lagi browser anda dan kemudian kunjungilah blog juragan cipir ini, maka pasti anda akan melihat iklan tentang makanan. Karena google mengamati gerak-gerik penjelajahan anda dan tahu minat anda sehingga anda dikenakan penargetan berbasis minat dengan asumsi anda sedang mencari info tentang makanan. Maka anda akan disuguhi iklan makanan (bukan disuguhi makanan beneran 😀 ).

      Biasanya pengunjung tetap akan terkena penargetan berbasis minat sehingga mereka seringkali melihat iklan facebook, iklan gmail, iklan download, iklan gambar cewek cantik, dan iklan2 lain yg sesuai dengan kebiasaan penjelajahan mereka, bukannya melihat iklan yg relevan dgn isi postingan. Kecuali iklan unit link, biasanya iklan unit link akan meniru kata2 yg ada di artikel postingan meskipun yg datang adalah pengunjung tetep maupun pengunjung unik 😀

    • #8716
      Gambar GravatarAnonim
      Non-aktif

      iya mba saya sepakat mengenai iklan berbasis minat ini, mungkinkah google memasang iklan berdasarkan trend pengiklan? karena minggu2 kemarin iklan yg saya lihat di blog saya maupun di blog mba indri dominan dari situs jual-beli padahal riwayat penjelajahan saya jarang sekali membuka situs jual beli.

    • #8723
      Gambar GravatarIndri Lidiawati
      Keymaster

      terkadang ada iklan yg lagi ngetren atau biasa disebut iklan musiman, dan iklan semacam itu biasanya akan ditampilkan di website apa saja sampai anggaran harian yg ditentukan oleh pengiklan habis 😀

[addtoany]
Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.