vps murah

Niat mau pindah Blogger ke WordPress Self Hosting

Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #6583
      Dony Macreon
      Anggota

      Assalamualikum Wr.Wb . Maaf Bu mau tanya, Saya kan mau Pindah dari Blogger ke WordPress Self Hosting, karna lebih leluasa dan mandiri setau saya . Yang saya mau tanyakan :

      Apa saja yang harus di lakukan atau di siapkan untuk itu semua? Niatnya sih mau bikin Forum , Forum Game gituh 😀 Kira-kira berapaya Modal yang harus di keluarkan ? terdiri dari apa saja?

      dan apa harus mempunyai ke ahlian lebih >_<

    • #6588
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Untuk memindahkan (migrasi) blog dari hosting blogger ke wordpress self hosting ada beberapa hal penting yg harus dilakukan sebelum proses migrasi dilangsungkan:

      1. Pengalihan URL dari Blogspot ke TLD

      Pertama kita harus mengalihkan URL dari blogspot ke domain TLD baru. Kita harus membeli domain TLD dulu lalu mengintegrasikannya ke blog blogger kita yg ingin dipindahkan ke wordpress self hosting. Lalu tunggulah selama setidaknya sebulan sampai semua URL blogspot yg tersimpan di indeks mesin pencari dan yg tersimpan di blog2 orang lain mengarah domain TLD baru kita. Dan tetaplah update artikel seperti biasanya.

      Ini disebut pengalihan 503 dan biasanya memerlukan waktu setidaknya sebulan atau bisa juga lebih, tergantung jumlah postingan kita di blogger.

      Tapi jika kita langsung melakukan migrasi dari blogspot ke wordpress self hosting tanpa melakukan pengalihan URL lebih dulu, maka trafik blog kita nantinya akan hilang karena tidak ada proses pengalihan trafik dari blogspot ke TLD. Selain itu artikel kita akan dianggap tidak asli oleh google karena google tidak melihat riwayat pengalihan url.

      Tapi jika blog blogger kita saat ini telah menggunakan domain TLD, abaikan yg nomor satu ini, langsung saja lakukan migrasi blog ke wordpress self hosting.

      2. Menyiapkan server hosting

      Sebelum melakukan migrasi, siapkan dulu space hosting yg cukup. Sebagai patokan umum, jika jumlah artikel kita di blogger ada 1.000 postingan maka sediakan hosting sebesar 1.000 mb atau 1 GB. Itu akan menjamin proses migrasi lancar dan tidak terhenti di tengah jalan akibat space hosting tidak mencukupi.

      Harga hosting bervariasi, tergantung kualitas hosting dan tergantung masing2 jasa penyedia hosting (webhosting service). Untuk memigrasi 1.000 postingan di blogger diperlukan biaya hosting dan domain sekitar 600.000 ribu rupiah pertahun. 500 ribu utk bayar hosting dan 100 ribu utk bayar domain.

      Jika menggunakan shared hosting, saran saya gunakan hosting dengan datacenter USA atau biasa disebut Hosting USA agar blog kita lancar kedepannya, terlebih lagi jika website kita nantinya akan ditambahi forum atau komunitas lainnya.

      3. Lakukan migrasi dan kembangkan website

      Setelah itu lakukan migrasi blog dari hosting blogger ke hosting kita sendiri alias self hosting sampai selesai, lalu kembangkanlah blog kita tersebut menjadi website besar yang bisa mengobrak abrik halaman pertama google.

      • #6597
        Dony Macreon
        Anggota

        wah Lumayan juga ya Modalnya >_< Harus Lebih giat lagi dech di blogger Supaya Bisa PO tiap bulan 😀 wat nabung #Optimis

        Ditahan dulu dah Kepengen Pindahnya 😀
        Terimakasih mbak pencerahannya

[addtoany]
Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.