Melihat 2 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #6852
      AFhuk
      Peserta

      Malam Mba indri, salam sukses selalu buat admin juragan cipir.

      Saya mau minta pencerahan tentang komentar spam yang masuk pada blog, akhir-akhir ini saya sering mendapatkan komentar spam datangnya dari luar indonesia.

      Saya termasuk yg kurang begitu paham dengan bahasa inggris, jadi saya translite komentar tersebut terkadang komentar spam tersebut isinya memuji loding blog saya, ada juga yg mengajukan pertanya’an, dan ada juga yg meminta kunjungan balik.

      Saya coba cek url-nya benar menuju website/blog yg mereka kelola.

      Apakah blog indo mengakses komentar dari luar negara langsung ke folder spam ?

      Apa yg harus di lakukan pd komentar spam tersebut bila isinya menanyakan yg berhubungan dengan postingan yg saya tulis ?

      Apa mempunyai dampak buruk ke blog yg akan di daftarkan ke adsense bila komentar spam dari luar negeri saya setujui ?

      Sebelumnya terima kasih, saya tunggu pencerahannya

    • #6867
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Malam juga mas AFhuk, salam sukses juga 🙂

      Pelaku spammer lebih suka menggunakan bahasa inggris untuk menyebar spam di kolom komentar agar bisa menemukan sasaran sebanyak-banyaknya, karena blog berbahasa inggris jumlahnya lebih banyak daripada blog berbahasa indonesia.

      Semua blog wordpress pasti menjadi sasaran komentar spam, tidak peduli blog tersebut berbahasa inggris atau berbahasa indonesia, atau bahasa lainnya, semua akan dikirimi komentar spam siapa tahu disetujui oleh si pemilik blog.

      Kalimat komentar berhubungan dengan isi postingan atau tidak, komentar spam tersebut harus dihapus karena yang mengirim adalah robot, bukan manusia. Si pelaku spamer sengaja membuat bermacam-macam kalimat komentar agar komentar buatannya bisa mengelabuhi pemilik website yg kebetulan artikelnya berhubungan dengan komentar palsu tersebut.

      Agar tidak ketahuan bohong, biasanya si pelaku spamer membuat komentar yg netral, misalnya: memuji website kita bagus, memuji website kita loadingnya cepat, memuji artikel kita keren, dan selalu mengucapkan terima kasih atau good luck di akhir komentar. Padahal orang yg membuat komentar tersebut sama sekali tidak pernah melihat website kita, kecuali hanya robotnya saja yg ia suruh mengobok2 website kita 😀

      Namun ada satu ciri-ciri komentar spam yg tidak bisa mengelabuhi kita, yaitu: Jika blog kita berbahasa indonesia lalu menerima komentar bahasa inggris dengan url milik orang luar negeri secara beruntun di salah satu postingan, berarti itu adalah komentar spam.

      Maka komentar spam tersebut segeralah dihapus agar blog kita tidak dibenci google. Menurut kebijakan google, komentar spam melanggar pedoman webmaster google. Mengatasi komentar spam adalah tanggung jawab masing2 pemilik website. Google dan siapapun benci spam.

      Jika ada blog yg menyetujui komentar spam, berarti si pemilik blog tersebut mendukung spamer. Dan jika blog tersebut digunakan main adsense, maka bisa dibanned google.

      Untuk mencegah komentar spam adalah dengan cara mengaktifkan plugin Akismet atau memasang Google reCaptcha di kolom komentar. Maka komentar spam dijamin kapok 😀

    • #6889
      AFhuk
      Peserta

      Terima kasih pencerahannya 🙂


Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.