Melihat 5 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #7320
      hasym asyari
      Anggota

      mohon bantuannya,,,

      Apakah saya melanggar apabila saya membuat artikel sendiri tapi gambar yang saya pasang di artikel tersebut menggunakan gambar hasil download. Mohon pencerahannya heheh

    • #7322
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Jika kita melihat dari segi pelanggaran, semua gambar yg bukan karya kita lalu kita tampilkan di blog tanpa ijin si pemilik karya adalah melanggar. Namun ada beberapa jenis lisensi yg memperbolehkan kita menggunakan gambar tersebut utk tujuan apapun, baik komersial maupun non komersial, misalnya lisensi creative commons.

      Jadi melanggar atau tidaknya tergantung jenis lisensi gambar yg kita download. Selain itu, ada juga gambar2 tanpa keterangan lisensi yg bisa kita gunakan dengan toleransi kita mencantumkan sumber gambar aslinya.

      Jika sumber aslinya sudah tidak diketahui karena sudah teralu banyak diposting di blog2 saya rasa kita boleh menggunakannya dengan sedikit modifikasi agar tidak terjadi duplikat konten di metadata mesin pencari. Artinya, gambar tersebut kita buat menjadi unik/tidak sama dengan aslinya, baik secara visual maupun ukurannya.

    • #7323

      Bantu jawab mas, gak masalah mas asalkan gambar/foto yang kita gunakan tidak melanggar hak cipta. Intinya cuma itu aja mas… Justru sekarang2 ini menurut saya banyak blogger yang menggunakan gambar/foto bukan buatan nya sendiri 🙂 tapi tidak masuk dalam kategori konten yang dilindungi hak cipta meskipun memiliki hak cipta biasanya mereka mencantumkan sumber aslinya.

      Biar lebih mudah, setiap melakukan pencarian gambar/foto di Google gunakan pilihan “Penelusuran Lanjutan” nanti disitu kita bisa memilih kategori gambar yang kita cari, diantaranya :
      1. Tidak difilter menurut lisensi
      2. Bebas digunakan atau dibagikan
      3. Bebas digunakan atau dibagikan bahkan secara komersil
      4. Bebas digunakan, dibagikan atau dimodifikasi
      5. Bebas digunakan, dibagikan atau dimodifikasi bahkan secara komersil

      Biasanya saya menggunakan kategori yang ke-2 mas untuk konten blog saya karena masih banyak gambar yang relevan. Semakin kategorinya ke bawah dijamin konten yang mas dapat semakin aman TAPI jarang ditemukan gambar yang relevan dengan keyword yang kita masukkan. Semoga membantu… 🙂

    • #7324
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      selama ini saya menggunakan gambar dengan cara2 seperti yg dijelaskan oleh mas Anggriyawan 😀 makasih penjelasannya mas Anggriyawan 🙂

    • #7325

      iya sama-sama mba saya pun belajar dari mba Indri 🙂

    • #7333
      hasym asyari
      Anggota

      terimakasih mbk indri dan mas anggriyawan…..semoga sukses


Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.