Melihat 7 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #7628
      valen
      Peserta

      Ini sambungan thread saya kemarin mbak (https://juragancipir.com/forums/topic/posting-gambar-selalu-hilang). Entah ini berhubungan dengan kasus kemarin atau tidak, tapi masalah ini muncul setelah saya mencoba mengganti template seperti yang disarankan mbak indri.

      Karena template semula memang tampaknya bermasalah, saya pun mencoba mencari template lain yang sekiranya cocok. Setelah ketemu, saya pasang template tersebut di blog, tapi kemudian muncul area kosong di bagian bawah blog. Pada menu Home (Beranda) area kosong itu kadang tidak muncul. Tapi ketika membuka salah satu posting, muncul area kosong yang cukup lebar (lebih dari separuh layar monitor) di bawah area blog.

      Anehnya, sejak itu, ketika saya membuka beberapa blog lain, area kosong di bawah blog itu juga ada. Lalu saya kepikiran untuk mengembalikan template blog ke standar Blogger. Tapi ketika saya sudah pakai template standar milik Blogger pun, area kosong di bawah blog itu tetap muncul. Karena mendapati tampilan blog yang jadi jelek (setidaknya aneh), saya pun mengembalikan template yang bermasalah sebelumnya. Lalu area kosong itu hilang. Yang masih jadi masalah, area kosong itu masih muncul ketika saya membuka beberapa blog lain, sampai saat ini.

      Kira-kira, apa masalahnya ya mbak? Sebenarnya saya sudah menyiapkan screenshot gambar untuk menunjukkan area kosong di bawah blog yang saya maksud. Tapi rupanya di sini kita tidak bisa meng-upload gambar secara langsung. Jadi saya ilustrasikan saja secara sederhana berikut ini, kalau-kalau mbak indri bingung yang saya maksudkan. Berikut ini kira-kira yang saya maksud dengan “area kosong di bawah blog”.

      ———————————————————–
      nama blog
      ———————————————————–

      area posting

      ————————————————————
      batas bawah blog
      ————————————————————

      |
      |
      |
      |
      area kosong yang saya maksud
      |
      |
      |
      |

    • #7653
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Area kosong di bawah kolom komentar itu adalah bawaan blogger. Semua blog blogger pasti memiliki area kosong di bawah kolom komentar yg tidak nyaman dilihat seperti itu.

      Namun beberapa “pembuat template” mengakalinya dengan mengisi area kosong tersebut dengan atribut lain, misalnya gadget subscriber/RSS Feeds atau benda lainnya agar tidak terkesan kosong.

      Selain itu, banyak blogger yang mengakalinya dengan cara mempersempit atau merubah ukuran ruang kosong tersebut menjadi lebih sempit.

      Caranya adalah, login ke blogger dan langsung menuju EDIT HTML, lalu cari kode berikut ini:

      <iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>

      410 silakan dirubah, misalnya dirubah mejadi 210 atau 220, sampai ruang kosong tersebut menyempit atau hilang.

    • #7674
      valen
      Peserta

      Area kosong yang saya maksud bukan di bawah kolom komentar, mbak. Tapi di bawah footer. Agar lebih jelas, coba perhatikan bagian paling bawah blog ini. Di bagian terbawah, ada tulisan “Juragan Cipir © 2015”. Nah, area kosong yang saya maksud adalah di bawah tulisan tersebut. Lebarnya lebih dari setengah layar monitor. Ruang kosong itu sudah tidak masuk area blog lagi.

      Gini aja, tolong beritahu saya bagaimana cara meng-upload atau menunjukkan gambar (screenshot) ke dalam thread di sini, nanti saya lampirkan gambarnya agar lebih jelas. (Kalau saya klik “img” di sini, muncul kolom “masukkan url gambar”. Terus terang saya tidak paham itu maksudnya bagaimana mbak).

    • #7682
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      pastekan aja link blognya mas valen disini biar saya dan teman2 lain bisa lihat dan kasih solusi 😀

      utk upload gambar, kita harus upload dulu di google+ atau di situs2 penyimpan gambar, lalu ambil urlnya dan pastekan pada kolom url gambar yg tampil disini 😀

    • #7698
      valen
      Peserta

      Mbak indri, coba cermati uraian saya di awal thread. Agar lebih jelas yang saya maksud, berikut ini saya ulangi:

      Anehnya, sejak itu, ketika saya membuka beberapa blog lain, area kosong di bawah blog itu juga ada. Lalu saya kepikiran untuk mengembalikan template blog ke standar Blogger. Tapi ketika saya sudah pakai template standar milik Blogger pun, area kosong di bawah blog itu tetap muncul. Karena mendapati tampilan blog yang jadi jelek (setidaknya aneh), saya pun mengembalikan template yang bermasalah sebelumnya. Lalu area kosong itu hilang. Yang masih jadi masalah, area kosong itu masih muncul ketika saya membuka beberapa blog lain, sampai saat ini.

      Jadi, tampilan blog saya sendiri sudah tidak masalah, mbak. Yang masih jadi masalah adalah, ketika saya membuka beberapa blog milik orang lain, area kosong itu muncul, padahal sebelumnya tidak ada. Sebagai contoh, coba lihat tampilan blog berikut: http://sangseo.blogspot.com/

      Jika dibuka melalui komputer saya, muncul area kosong di bawah footer yang cukup luas. Anehnya, ketika saya buka melalui laptop, arena kosong itu tidak ada. Hal serupa juga terjadi pada beberapa blog lain yang cukup sering saya kunjungi. Itulah kenapa saya sampai heran dan bingung.

      Saya sengaja memberikan link http://sangseo.blogspot.com/ karena sejujurnya template itulah yang mulai memunculkan masalah ini. Ketika saya bermaksud mengganti template blog saya yang bermasalah (seperti yang saya uraikan di thread terdahulu), saya memilih template SangSeo tersebut. Entah berhubungan atau tidak, yang jelas sejak saya menggunakan template itulah masalah area kosong di bawah blog ini mulai muncul, sampai sekarang. Area kosong di bawah blog milik saya sudah tidak masalah, setelah saya mengganti template lagi. Tapi area kosong itu masih ada ketika saya membuka blog milik orang lain, padahal semula tidak ada. (Saya tahu betul soal ini, karena sebelumnya biasa mengunjungi blog2 tersebut, hingga sudah hafal tampilannya).

      Berikut ini saya tampilkan gambar/screenshot untuk melihat area kosong di bawah blog yang saya maksud. Perhatikan lebarnya area kosong di bawah footer itu yang hampir memenuhi layar monitor, hingga saya merasa terganggu. (Ruang polos atau kosong di bawah footer itulah yang saya maksud).

      screenshot area kosong di bawah blog

      Jika gambar tidak muncul, atau kurang jelas, silakan lihat langsung di sini: https://plus.google.com/photos/107311557522279648553/albums/6153028468097150209?authkey=CKaskIDp4eiW-wE

      Saya harap mbak indri bisa memahami penjelasan ini, dan terima kasih untuk responnya.

    • #7702
      valen
      Peserta

      Agar lebih jelas lagi, berikut ini screenshot tampilan blog http://sangseo.blogspot.com/ jika dilihat dari komputer saya. Sekali lagi, perhatikan area kosong yang sangat lebar/luas di bawah footer.

      sang seo

      Jika gambar tidak muncul, silakan lihat langsung di sini: https://plus.google.com/photos/107311557522279648553/albums/6153039597902417569?authkey=CKbdxavJyZzL0gE

    • #7703
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      ooww begitu ternyata maksudnya. Sekarang cobalah mas valen membuka blog orang lain dengan menggunakan browser lain. Jika menggunakan browser lain ternyata blog orang2 bisa terlihat normal/tidak ada ruang kosong di footer, maka cobalah browsernya mas valen yg bermasalah tadi dibersihin cachenya, tapi jika masih bermasalah cobalah diinstal ulang. Terkadang browser yg tidak pernah diupdate akan memberikan tampilan tidak wajar.

      Jadi biangnya permasalahannya belum tentu disebabkan oleh template sangseo, mungkin saja hanya waktunya bersamaan dengan utak atik sangseo sehingga akhirnya template sangseo yg dituduh sebagai biang kerok permasalahannya hehe 😀

      beberapa solusi yg harus dicoba:

      1. bersihi cache browser
      2. coba buka blog pakai browser lain
      3. bersihin komputer menggunakan software CCleaner

      oya sedikit saran. Blognya mas valen memunculkan pop up, jadi hilangkan kode script berakhiran js’ yg tersimpan di html template, biasanya itu adalah script iklan bawaan template.

    • #7747
      valen
      Peserta

      Terima kasih, mbak. Sarannya sudah saya coba semua.

      Saya memakai browser Mozilla, dan yang terbaru (browser yang saya pakai otomatis melakukan pembaruan jika Mozilla melakukan update). Jadi masalahnya tentu bukan karena browser yang perlu di-update. Bahkan, sebelumnya (sebelum saya nulis thread persoalan ini di sini), saya sempat menghapus (uninstall) browser Mozilla yang saya pakai dari komputer, dan menggantinya dengan Mozilla seri 16 yang sudah jadul banget. Lucunya, tampilan blog yang saya akses justru normal semua ketika saya memakai browser Mozilla yang jadul itu.

      Nah, setelah mendapati tampilan blog-blog itu normal semua, besoknya saya tingkatkan lagi browser Mozilla saya ke seri terbaru. Dan hasilnya seperti yang saya ceritakan di atas. Tampilan blog-blog yang biasa saya kunjungi tampak rusak semua seperti semula.

      Tadi, sesuai saran mbak indri, saya telah membersihkan komputer dengan CCleaner, juga membersihkan cache. Namun, masalah yang tadi itu tetap muncul.

      Saya juga mencoba membuka beberapa blog melalui Chrome, dan hasilnya tampak baik semua. Masalah yang muncul ketika menggunakan Mozilla tidak ada. Saya juga tadi membuka http://sangseo.blogspot.com/ dengan Chrome, dan hasilnya juga baik, tanpa masalah adanya area kosong di bawah footer.

      Jadi, ada kemungkinan memang browser Mozilla yang saya pakai yang bermasalah. Tapi apa masalahnya, ya? Wong ini sudah pakai yang terbaru, dan komputer saya juga nggak kena virus (antivirus milik Microsoft menyatakan komputer saya bersih). Sekedar catatan, saya pakai komputer Core i3, jadi setidaknya komputer saya mampu menggunakan Mozilla dengan baik.

      Nah, mengenai kode script berakhiran js’ itu, hehe, mbak indri emang pintar!

      Sori kalau saya terkesan nggak mau nyebutin blog saya, mbak. Saya pernah trauma karena mendapati blog yang diganggu orang yang sirik, jadi saya sangat berhati-hati menjaga blog khususnya di ruang umum yang terbuka seperti ini. Saya bahkan menyamarkan nama saya di sini, agar siapa pun yang search nama saya di mesin pencari nggak menemukan blog ini. Namun saya sengaja sering kesini setelah landing dari blog saya, agar mbak indri bisa tracking lewat Histat. Semoga mbak indri bisa memahami.

      Nah, karena mbak indri sudah menyebutkan tentang kode script berakhiran js’ yg tersimpan di html template itu, tolong beritahu bagaimana caranya agar saya bisa menghilangkannya. Saya sangat awam soal beginian.

      Terakhir, terima kasih atas semua bantuan yang telah diberikan. Saya tidak bisa membalas dengan apa pun, tapi semoga Tuhan membalas dengan kebaikan yang setimpal.


Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.