Melihat 5 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #6511
      dimastoriqdimastoriq
      Peserta

      Jadi begini, Saya memiliki blog yang indexnya berantakan di google. Hal itu terjadi karena saya sering gonta ganti judul dan deskripsi blog.

      Malam ini 5 mei 2015, saya mengirim permintaan penghapusan url blog saya ke GWT (Google Webmaster Tools) niatnya sih supaya semua halaman yang berantakan tadi bisa hilang dari search engine. nah pertanyaannya :
      * Apakah penghapusan itu bersifat permanen???
      * Bisakah blog saya kembali nongol di search engine???
      * Untuk merapikan blog di search engine, apakah cara diatas sudah benar? atau ada cara lain?

      Tolong bantuannya. Thanks!

    • #6513

      Mbak Indri, saya boleh bantu jawab??

      Setahu saya, jika di GWT terdapat tampilan URL Not found, bisa mengajukan permohonan penghapusan URL ke Google. Jika telah disetujui kemungkinan keesokan harinya juga akan langsung hilang. Namun penghapusan URL tersebut kadang ada yang permanen dan ada yang muncul kembali di kemudian hari.

      Kenapa bisa muncul kembali? Biasanya ada beberapa faktor:

      1. Backlink yang sudah ditanam di situs lain masih ada, sementara link URLnya sudah kita hapus. Jika kemudian ada orang lain yang masuk ke situs kita melalui broken link tsb otomatis akan muncul sebagai URL not found di GWT. Memang sulit untuk menghapus backlink yg sudah di tanam di situs lain.

      2. Kesalahan menaruh URL backlink: ini yang bisa berakibat sangat sulit untuk dihapus. Misalnya jika ada orang yang share artikel kita, tapi salah dalam menuliskan URL permalink yang benar.

      3. Ada indikasi artikel kita di copas oleh orang lain, maksudnya sebenarnya baik yaitu memberikan backlink untuk artikel kita yang dicopas. Tapi dia salah/tidak lengkap dalam menaruh url postingan yang dimaksud.

      Selama masih ada yang mangakses url permalink yang salah tulis dari situs tsb, maka selama itu pula error 404 akan selalu muncul. Jalan satu satunya mungkin terus memantau kesehatan situs dari masalah error 404 di GWT. Mudah-mudahan bisa membantu mas 🙂

    • #6515
      dimastoriqdimastoriq
      Peserta

      Uuppss… sepertinya saya salah buat pertnyaan.
      Yang saya hapus bukan halaman, melainkan domain utama yaitu namadomainsaya.com
      Kata GWT jika saya menghapus nama situs/domain utama, semua halaman yang ada pada situs tersebut akan hilang dari index google..
      Bagi saya itu bukan masalah, karena memang itu yang saya inginkan.(saya ingin judul dan deskripsi lama yang nyangkut di search engine hilang)
      Nah yg jadi pertanyaan saya :
      *Apakah google mau ngindex ulang situs yang sudah saya hapus tadi???

    • #6519
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      makasih mas beben atas jawabannya 🙂 ini saya mau bantu jawab pertanyaan yg diralat 😀

      url situs yang telah dihapus/dinonaktifkan akan bersih dari mesin pencari secara bertahap karena google akan membersihkannya secara berkala, lama tidaknya tergantung jumlah postingan yg dimiliki situs tersebut.

      tapi jika suatu saat nanti situs tersebut dihidupkan kembali, maka semua postingan terpublish milik situs tersebut akan terindeks lagi oleh google dan akan muncul di halaman pencarian. Dan backlink2 yg dimiliki akan kembali mengarah ke situs tersebut. Sedangkan postingan2 yg dihapus akan hilang selamanya di mesin pencari.

    • #6546

      hehe disapu bersih nih sama key mastah 😀

    • #6563
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      bukannya saya menyapu bersih mas beben, tapi saya hanya menjawab pertanyaan yg ternyata telah dimanuver alias diganti dgn pertanyaan lain oleh sang pembuat thread mas Dhimas Thoriq hehehe 😀 katanya pertanyaannya yg salah, jadi bukan jawabannya yg salah 😀 😀


Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.