Melihat 4 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #6801
      Angel
      Anggota

      Selamat malam Mbak,

      Mumpung Mbak sudah pengalaman dalam membuat blog (hingga lebih dari 30), saya mau mengajukan sedikit pertanyaan nih. Mudah-mudahan bisa dijawab sesuai pengalaman Mbak. Pertanyaan saya adalah :

      1. Menurut pengalaman Mbak, sebuah blog yang diupdate 1 artikel per hari akan mendapat trafik berapa dalam 3 bulan ?
      2. Apakah artikel yang dibuat harus minimal 500 kata ? Kalau saya buat artikel 300 kata pengaruh ke SEO nya bagaimana ?

      Sebab begini Mbak, saya sudah membuat sebuah situs dengan self-hosted WordPress dan custom domain dan blog tersebut sempat saya privacy (setting untuk tidak diindex selama sekitar sebulan). Maret mulai saya isi konten sedikit-sedikit hingga sekarang terkumpul sekitar 21 konten. Tapi trafiknya kok paling cepat hanya 5 per hari (versi STT2) ?

      Sebenarnya intinya sih saya mau bertanya kalau menurut pengalaman Mbak, sebuah blog itu baru bisa menghasilkan dalam jangka waktu berapa lama dan intensitas update artikelnya berapa. Sebab saya sedikit kurang yakin dalam mengerjakan sebuah blog Adsense karena hasilnya tidak bisa diprediksi.

      Untuk kesediannya menjawab saya mengucapkan terima kasih banyak ya Mbak.

    • #6805
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Halo mbak/mas Lea Angel 🙂

      1. Blog yg baru berumur 3 bulan dan diupdate 1 artikel/hari trafiknya pada kisaran 100 vu perhari, bisa lebih dan bisa kurang. Besar kecilnya trafik tergantung dari beberapa faktor, misalnya:

      – Tingkat persaingan/niche blog
      – Kualitas artikel
      – Optimasi SEO onpage dan offpage
      – Desain blog yg ramah seluler, dll

      2. Artikel 500 kata akan lebih baik dari 300 kata.Menurut pedoman SEO, semakin banyak kata dalam suatu artikel maka akan semakin kaya kata kunci. Selain itu, artikel panjang akan mendapatkan peringkat tersendiri di mesin pencari, berbeda dengan artikel pendek. Semakin sedikit kata dalam suatu artikel, maka nilai SEO nya akan menurun.

      Namun artikel panjang tidak selalu mendapatkan posisi bagus di search engine karena ada juga faktor2 lain yang membuat suatu artikel mendapat peringkat bagus atau buruk di mesin pencari.

      Proses membuat blog baru

      1. Pemgenalan domain ke mesin pencari:

      Sebuah domain akan mulai dikenal/dihafal dengan baik oleh mesin pencari sekitar 3-6 bulan sejak pendaftaran domain tsb di internet. Ada beberapa faktor yg menjadi penyebab lama tidaknya sebuah domain dihafal oleh mesin pencari.

      2. Pengenalan postingan ke mesin pencari

      Sebuah postingan akan menduduki peringkat yg sebenarnya sebulan kemudian setelah postingan tersebut kita publish.

      3. Datangnya trafik

      Sebuah blog akan mulai mendapatkan trafik yg sebenarnya setelah berumur 3 bulan, karena semua mesin pencari biasanya perlu waktu 3 bulan utk menentukan posisi blog baru kita pada peringkat yg semestinya. Setelah itu pengunjung akan mulai menemukan postingan kita dengan mudah sehingga trafik akan mulai berdatangan. Pada saat itulah kita boleh memulai menghitung trafik blog berdasarkan trend setiap bulannya.

      Kapan sebuah blog baru mulai bisa menghasilkan uang dari adsense?

      Untuk blog indo, paling cepat adalah 6 bulan sejak blog tersebut dibuat, dengan syarat, blog tersebut telah memiliki setidaknya 700-1000 artikel berkualitas atau telah mendapatkan trafik 3.000 vu/perhari.

      Jadi kita bisa menghitung sendiri berapa artikel yg harus kita update setiap harinya agar 6 bulan blog kita bisa mendapatkan 1.000 artikel. Saya sendiri memerlukan waktu lebih dari setahun untuk bisa memiliki 1000 artikel 😀

      Penjelasan di atas hanya pedoman umum saja, karena setiap blogger memiliki cara berbeda dan hasilnya juga berbeda2, dan penjelasan ini hanya berlaku untuk blog berbahasa indonesia serta hanya berdasarkan pengalaman saya saja. Dan tentunya banyak resep2 lain utk membuat blog bisa menghasilkan uang secepat mungkin.

      Sebagai saran:
      Jika kita ingin merintis suatu blog yg sukses, jangan takut gagal dan jangan takut bangkrut, yakinlah kita bisa sukses. Setiap kegagalan yg kita temui nantinya akan menempa diri kita menjadi seorang blogger yg berpengalaman sehingga kita selalu tahu tentang segala sesuatu yg harus kita lakukan dan yg tidak boleh kita lakukan.

    • #6825
      Angel
      Anggota

      Selamat Pagi,

      Makasih Mbak untuk jawabannya. Pedoman dari pengalaman Mbak bisa jadi patokan buat saya dalam membuat blog yang bisa menghasilkan dari Adsense. Nah kalau sudah begini saya bisa lebih semangat lagi karena belajar dari pengalaman Mbak sekaligus memiliki pedoman walaupun dalam perjalanannya hasil akhir bisa berbeda karena berbagai faktor.

      Sedikit bercerita Mbak, di tahun 2013 ato 2014 saya membuat sebuah blog yang trafiknya pernah sampai 3000 VU hanya dengan 40 an artikel 300 kata. Namun nampaknya sekarang Google mengganti algoritmanya, sejak itu cukup sulit juga untuk mendapatkan trafik (jadi tidak tertebak).

      Saya sudah belajar tentang blog dan Adsense sejak tahun 2009 sampai sekarang saya jadi mahasiswi tetap penasaran dengan mendapatkan penghasilan dari internet. Dalam kenyataannya lebih banyak orang yang lebih berpengalaman seperti Mbak Indri contohnya. Saya salut sama Mbak Indri yang bisa menghasilkan uang dari Adsense bermodalkan tekad dan ketekunan yang kuat. Kayanya ini yang harus saya pelajari dari Mbak ya hehe..

      Mbak saya request lagi dong kalau boleh dan memungkinkan, artikel tentang bermain blog Zombie. Kalau saya tidak salah, saya pernah membaca artikel yang Mbak Indri tulis tentang Blog Zombie. Nah, kalau bermainnya melalui Blog Zombie apakah bisa menghasilkan lebih cepat (karena mungkin faktor PA, PR, Moz Rank, Backlink yang sudah lebih kuat dari sananya) ?

      Saya baru kali ini menemukan sebuah blog yang pemiliknya benar-benar concern ke pengunjung webnya. Benar-benar senang Mbak saya rasanya bisa berdiskusi dengan Mbak dan membaca artikel-artikel disini. Semoga Mbak selalu sukses dan mendapat banyak rejeki ya Mbak.

      Terima Kasih banyak,

      Angel

    • #6829
      valen
      Peserta

      “Saya baru kali ini menemukan sebuah blog yang pemiliknya benar-benar concern ke pengunjung webnya.”

      Benar, mbak angel. Saya juga merasa seperti itu, dan saya senang belajar di sini. Semoga kebaikan si pemilik blog makin melancarkan rezekinya.

    • #6830
      Indri Lidiawati
      Keymaster

      Angel @ met sore mbak Angel, maaf terlambat jawab krn baru sempat buka blog hehe 😀 makasih apresiasinya, namun saya hanyalah seorang blogger yg masih belajar dan masih jauh dari sukses 🙂 Dan mbak Angel telah memiliki jam terbang lebih tinggi dari saja jadi tentunya lebih berpengalaman dari saya, hanya saja mbak Angel suka merendah 🙂

      Mohon maaf utk blog zombie ini saya gak bisa bercerita banyak karena blog2 zombie saya sendiri hingga kini gak terurus, bahkan blog2 lain yg bukan zombie juga gak terurus krn saya sering kehabisan waktu dan kecapekan hehe 😀

      Sedikit penjelasan, tidak semua blog zombie memiliki PA dan PR bagus, jadi pekerjaan yg paling sulit adalah menemukan blog zombie yg memiliki peringkat yg benar2 bagus alias kuat. Jika kita berhasil menemukan blog zombie yg benar2 berkualitas, misal: zombienya terselubung blogspot nanti atau zombie blog lain yg sekelas terselubung, maka sudah jelas blog kita akan mampu mengobrak-abrik halaman pertama google dengan cepat.

      Namun ada satu kekurangan dari blog zombie yg saya kurang begitu suka, yaitu blognya tidak bisa kita migrasi ke wordpress self hosting. Karena jika kita memigrasinya ke wordpress maka semua peringkat yg disandang blog zombie tersebut akan tertinggal di domain blogspot, tidak ikut terbawa ke blog wordpress.

      Kecuali jika kita hanya menyatukan blog zombie tersebut dengan domain TLD di blogger, maka semua peringkat yg disandang oleh blog zombie tsb akan mengarah ke domain TLD di blog blogger kita.

      Selain utk main adsense secara langsung, blog zombie juga efektif jika kita gunakan sebagai blog dummy atau sebagai sumber backlink saja 😀

      Valen @ makasih apresiasi serta doanya mas valen, saya juga masih belajar dan semoga kita semua bisa sukses dengan apa yg kita harapkan, amin. Marilah kita belajar bersama2 dengan saling berbagi pengalaman 🙂


Melihat 1 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.