Faktor Penyebab Iklan Adsense Kurang Relevan Dengan Konten

Halo juragan… Jika anda ingin mendapatkan pengunjung bertarget maka anda harus menyediakan artikel yang bertarget pula, pendek katanya adalah: blog anda harus mendapatkan pengunjung dari orang-orang yang membutuhkan iklan agar mereka mau klik iklan.

Misalnya, jika anda ingin mendapatkan pengunjung dari orang-orang yang ingin membeli domain hosting, maka anda harus menulis artikel tentang domain dan hosting. Maka nantinya pengunjung yang datang adalah orang-orang yang ingin mencari informasi tentang domain hosting, dan iklan yang tampil disitu juga iklan domain hosting pula. Akhirnya iklan anda akan dipukul menggunakan mouse mereka.

Artikel semacam itu disebut artikel bertarget, karena pengunjung/visitor yang datang adalah orang-orang yang sesuai dengan target anda. Mulai dari isi konten, iklan yang tampil, serta pengguna yang datang, mereka benar-benar relevan dan saling membutuhkan.

( i ) Sekali lagi, iklan-iklan adsense yang selalu tampil relevan dengan isi konten akan berpotensi diklik oleh pengguna.

* Berikut ini beberapa penyebab iklan kurang relevan dengan konten blog anda diantaranya:

1. Niche blog tidak jelas (gado-gado seperti blog ini)
2. Judul postingan dan isi artikel tidak mengandung keyword yang kita bidik
3. Jumlah keyword pada teks artikel kurang banyak
4. Ada keyword lain di dalam postingan yang merusak keyword andalan
5. Trafik blog tidak berasal dari mesin pencari
6. Dan masih banyak penyebab lain yang bisa anda tambahkan di kolom komentar.

Namun, anda jangan terburu-buru menganggap iklan adsense kurang relevan, karena ada juga penyebab lain. Alasannya adalah: penargetan adsense didasarkan oleh 3 faktor, yaitu: penargetan penempatan, penargetan kontekstual, dan penargetan berbasis minat.

( i ) Jika pengguna anda sedang terkena penargetan berbasis minat, maka iklan yang tampil tidak relevan dengan artikel yang anda tulis, karena google mengetahui selera/kesukaan pengunjung blog anda berdasarkan riwayat penjelajahan mereka.

Misalnya: jika pengunjung blog anda suka main game, maka google akan menampilkan iklan game meskipun blog anda berisi informasi tentang domain hosting. Namun meskipun tidak relevan dengan isi konten, iklan seperti itu lebih cenderung diklik oleh pengguna menurut prediksi google yang namakan “angka mutu”.

^^ Sekian informasi yang bisa saya bagikan kepada teman-teman dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Menentukan Target Visitor Blog Niche Adsense Bahasa Inggris.

Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.